Bagian-Bagian Buah dan Biji pada Tumbuhan

Posted by Ensikloblogia on Senin, 21 Maret 2016

loading...

Buah merupakan bagian pada tumbuhan yang pada awalnya merupakan bakal buah tetapi kemudian mengalami fertilisasi. Fungsi buah pada tumbuhan adalah sebagai tempat penyimpan cadangan makanan. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji.

Buah yang seluruhnya terbentuk dari bakal buah disebut buah sejati, misalnya buah mangga. Adapun buah yang terbentuk dari bakal buah dan bagian lain dari bunga disebut buah semu. Buah semu bisa kita lihat pada tumbuhan jambu monyet. Buah jambu monyet terbentuk dari tangkai bunga yang mengembung.

Buah terdiri atas tiga bagian, yaitu lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Ketiga bagian itu disebut perikarp.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian buah.


Lapisan luar (eksokarp)


Lapisan luar buah disebut juga kulit buah. Kulit buah pada tumbuhan ada yang keras dan ada yang lunak. Kulit buah pada buah kering umumnya keras, misalnya buah kacang tanah. Namun, ada juga buah yang memiliki eksokarp tipis, misalnya buah tomat.


Lapisan tengah (mesokarp)


Pada beberapa jenis buah, lapisan tengah ini biasa disebut daging buah. Contoh pada buah mangga dan buah apel.


Lapisan dalam (endokarp)


Endokarp merupakan lapisan paling dalam yang mengelilingi biji. Endokarp ada yang tebal dan keras, misalnya pada buah kelapa.


Berdasarkan jumlah bakal buah dan bunga yang berperan dalam pembentukan buah sejati, buah dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut :
  1. Anak buah tunggal adalah buah yang dibentuk oleh satu bakal buah, contoh buah mangga, buah pepaya, dan buah durian.
  2. Buah majemuk adalah buah yang dibentuk oleh beberapa bakal buah dari beberapa bunga, contoh buah nanas, buah nangka, dan  buah pandan.
  3. Buah agregat adalah buah yang dibentuk oleh beberapa bakal buah dari satu bunga, contoh buah murbei dan buah cempaka.

Pada tumbuhan berbiji, biji merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan utama karena mengandung calon tumbuhan baru. Biji terdiri atas kulit, biji, tali pusar dan inti biji. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian biji.


Bagian-Bagian Buah dan Biji pada Tumbuhan

Kulit biji


Kulit biji berasal dari selaput bakal biji dan merupakan bagian terluar biji. Pada tumbuhan angiospermae, kulit biji terdiri atas kulit luar (testa) dan kulit dalam (tegmen). Pada tumbuhan gymnospermae kulit biji terdiri atas tiga lapis yaitu kulit luar (sarkotesta biasanya berdaging tebal), kulit tengah (sklerotesta merupakan lapisan yang kuat dan keras), dan kulit dalam (endotesta seperti selaput, sering kali melekat erat pada inti biji).


Tali pusar atau tangkai biji


Tali pusar merupakan bagian yang menghubungkan biji dengan tembunil, jadi merupakan tangkai biji. Setelah biji masak, biji akan terlepas dari tali pusar (tangkai biji) dan pada biji hanya tampak bekasnya yang disebut pusar biji.


Inti biji atau isi biji


Inti biji merupakan semua bagian biji yang terdapat di sebelah dalam kulitnya. Inti biji disebut pula dengan isi biji. Inti biji terdiri atas lembaga dan putih lembaga (albumen). Lembaga merupakan calon individu baru. Putih lembaga merupakan jaringan berisi makanan cadangan untuk masa awal perkecambahan biji sampai tumbuh menjadi tumbuhan yang memiliki bagian tubuh lengkap dan mampu membuat makanan sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian-bagian buah dan biji pada tumbuhan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 06.35

0 komentar:

Posting Komentar