Bentuk-Bentuk Pasar atau Macam-Macam Pasar

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 25 Maret 2016

loading...

Bentuk-bentuk pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Pengklasifikasian macam-macam pasar dapat dibedakan menurut sifat barang, menurut waktu kegiatan, menurut barang yang diperjualbelikan, menurut luasnya pasar, serta menurut struktur organisasi pasar. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bentuk-bentuk pasar.

Bentuk-bentuk pasar berdasarkan sifat barang


Berdasarkan sifat barang, ada 2 macam pasar yang dikenal, yaitu :


1. Pasar konkret

Pasar yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk pasar konkret. Dengan demikian, pengertian pasar konkret yaitu suatu tempat di mana penjual dan pembeli berkumpul untuk memperjualbelikan barang. Contoh pasar konkret adalah pasar yang ada di kota anda, misalnya Pasar Beringharjo di Jogjakarta, Pasar Terong di Makassar, Pasar Tanah Abang di Jakarta, dan lain-lain.


2. Pasar abstrak

Pasar abstrak adalah suatu tempat di mana para penjual dan pembeli berkumpul memperjualbelikan barang,  tetapi barang-barang tersebut tidak ada di tempat transaksi. Contoh pasar abstrak antara lain bursa saham dan bursa komoditas internasional.


Bentuk-bentuk pasar berdasarkan waktu kegiatan


Bedasarkan waktu kegiatannya, ada 4 macam pasar, yaitu :


1. Pasar harian

Pasar harian yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap hari dan memperjualbelikan barang-barang kebutuhan. sehari-hari. Pasar-pasar tradisional yang terdapat di setiap daerah merupakan contoh pasar tradisional, misalnya pasar Klewer di Solo.


2. Pasar mingguan

Pasar mingguan yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung sekali seminggu dan memperjualbelikan barang kebutuhan sehari-hari. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, dikenal adanya hari pasaran, misalnya Pon, Wage, Kliwon, dan Legi. Jadi, pasar mingguan kegiatannya hanya berlangsung pada hari pasar yang bersangkutan. Misalnya pasar Legi yang hanya buka pada hari Legi. Atau pasar Minggu yang hanya buka pada hari minggu.


3. Pasar bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatannya berlangsung sebulan sekali dan memperjualbelikan barang yang beraneka ragam.


4. Pasar tahunan

Pasar tahunan yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setahun sekali dan memperjualbelikan barang yang beraneka ragam. Pasar tahunan biasanya berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu. Contoh pasar tahunan adalah Pekan Raya Jakarta.


Bentuk-bentuk pasar berdasarkan berdasarkan barang yang diperjualbelikan


Berdasarkan barang yang diperjualbelikan, ada 3 macam pasar, yaitu :
  1. Pasar barang, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang-barag kebutuhan manusia.
  2. Pasar tenaga kerja, yaitu pasar yang menyediakan tenaga kerja untuk bermacam-macam pekerjaan.
  3. Pasar uang dan pasar modal, yaitu pasar yang memperjualbelikan modal jangka pendek. Sedangkan pasar modal adalah pasar yang memperjualbelika modal dalam jangka panjang.



Bentuk-bentuk pasar menurut luasnya pasar


Berdasarkan luasnya pasar, pasar dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
  1. Pasar daerah/pasar lokal, yaitu pasar yang beroperasi di suatu daerah untuk mencukupi kebutuhan konsumen di sekitar daerah pasar tersebut berada.
  2. Pasar domestik/ nasional, adalah pasar yang memperjualbelikan barang hasil produksi dalam negeri bagi kebutuhan negara mana  pasar tersebut berada.
  3. Pasar internasional, yaitu pasar yang menjadi tempat pertemuan penjual dan pembeli dari seluruh dunia.


Bentuk-Bentuk Pasar atau Macam-Macam Pasar

Bentuk-bentuk pasar menurut struktur organisasi


Berdasarkan struktur organisasinya, pasar dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
  1. Pasar persaingan murni, yaitu pasar yang di dalam kegiatannya berlaku hukum permintaan dan penawaran sebagai faktor yang memperngaruhi tingkat harga.
  2. Pasar persaingan sempurna, yaitu pasar yang melaksanakan kegiatannya berdasarkan konsep dasar persaingan murni.
  3. Pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar yang terjadi apabila salah satu syarat dalam pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi.

Demikianlah penjelasan mengenai bentuk-bentuk pasar atau macam-macam pasar. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 

loading...
Blog, Updated at: 01.45

0 komentar:

Posting Komentar