Cabang Biologi dan Manfaat Biologi bagi Manusia dan Lingkungan

Posted by Ensikloblogia on Senin, 21 Maret 2016

Loading...

Cabang biologi


Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut melahirkan berbagai macam cabang ilmu biologi yang semakin hari semakin banyak. Jika diibaratkan pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar yang memiliki berbaga cabang-cabang ilmu. Tiap cabang ilmu biologi akan menghasilkan anak cabang ilmu baru yang berkembang sangat pesat. 


Berikut ini adalah beberapa cabang dalam ilmu biologi.


Cabang Biologi
Objek yang dikaji
Anatomi
Mempelajari tentang bagian-bagian tubuh makhluk hidup
Botani
Mempelajari tentang tumbuhan
Ekologi
Mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Epidemielogi
Mempelajari tentang penularan jenis penyakit
Fisiologi
Mempelajari tentang fungsi kerja organ tubuh
Genetika
Mempelajari tentang pewarisan sifat
Higiene
Mempelajari tentang pemerliharaan kesehatan makhluk hidup
Imunologi
Mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh
Karsinologi
Mempelajari tentang crustacea
Mikrobiologi
Mempelajari tentang mikroorganisme
Organologi
Mempelajari tentang organ
Parasitologi
Mempelajari tentang makhluk parasit
Sitologi
Mempelajari tentang sel
Taksonomi
Mempelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup
Zoologi
Mempelajari tentang hewan


Cabang Biologi dan Manfaat Biologi bagi Manusia dan Lingkungan


Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan


Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Dengan mempelajari biologi, kita tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup, tetapi juga memperoleh pengetahuan tentang metode mempraktikkan ilmu pengetahuan tersebut.

Pengetahuan tentang makhluk hidup dapat dimanfaatkan untuk untuk memecahkan masalah guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, seperti masalah pangan, sandang, papan, energi, lingkungan, dan kesehatan. Bahkan masalah sosial dapat diatasi dengan biologi.

Contoh masalah di bidang sosial, misalnya menentukan orang tua dan keturunannya dapat dibantu dengan pengetahuan tentang DNA yang dipelajari dalam genetika. Memelihara lingkungan dengan menerapkan pengetahuan tentang ekologi. Mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus dengan mengetahui karakteristik virus yang akan dipelajari dalam biologi.

Kita juga memiliki keterampilan kerja ilmiah dan sikap ilmiah, serta sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungan setelah mempelajari biologi. Ilmu pengetahuan yang terkandung dalam biologi telah banyak menolong manusia dari berbagai masalah, seperti wabah penyakit dan kelaparan. Dengan biologi, para ilmuwan dapat mengetahui bagaimana suatu penyakit dapat menyebar dan menular sehingga memudahkan cara menanggulanginya atau mencegahnya.

Pengetahuan biologi juga dapat membuat manusia sadar perlunya memilih makanan yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh, serta menginsyafkan manusia pada pentingnya olahraga sebagai upaya menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh.

Selain itu, manusia juga dapat keluar dari malapetaka kelaparan, karena dapat meningkatkan produksi pertanian setelah berhasil menemukan bibit unggul maupun cara menanam dan memeliharanya.

Pengetahuan biologi telah mengajarkan kepada manusia bagaimana menjaga dan melestarikan flora dan fauna yang merupakan kekayaan alam sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, pengetahuan biologi dapat digunakan untuk menjinakkan dan memelihara hewan dan tumbuhan liar sehingga dapat dimanfaatkan bagi lingkungan.

Biologi berperan pula sebagai ilmu pengetahuan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan disiplin ilmu-ilmu yang lain seperti pertanian, peternakan, kedokteran, kehutanan, kependudukan, dan lingkungan hidup. Di tengah-tengah sains yang lain biologi merupakan motivator bagi perkembangan cabang ilmu pengetahuan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai cabang-cabang ilmu biologi dan manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 06.38

0 komentar:

Posting Komentar