Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 24 Maret 2016

loading...

Faktor utama yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain adalah sifat alami manusia, yaitu selalu merasa kurang. Makin banyak sarana yang dimilikinya, maka makin banyak kebutuhan yang dirasa belum terpenuhi. selain sifat alami manusia tersebut, masih banyak hal yang menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia berkaitan dengan kodrati manusia sebagai makhluk individu.

Faktor-faktor yang membedakan kebutuhan antarindividu tersebut antara lain :


Kondisi alam


Alam merupakan tempat di mana manusia memperoleh kebutuhan. Maka dari itu, kondisi alam menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kebutuhan manusia. Manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya agar dapat mempertahankan hidupnya. 

Misalnya, masyarakat yang hidup di daerah bertanah subur berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bercocok tanam. Mereka mengolah tanah menjadi lahan pertanian. Untuk menunjang mata pencaharian yang dilakukan, masyarakat membutuhkan alat-alat pertanian.

Kondisi ini tentu saja berbeda dengan masyarakat yang hidup di pesisir pantai yang bekerja sebagai nelayan. Kebutuhan mereka adalah jaring, pancingan, dan lain-lain. Jadi, kondisi alam menjadi faktor yang mempengaruhi jenis kebutuhan manusia.


Peradaban


Manusia senantiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada masa primitif, kebutuhan dasar masyarakat hanyalah makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Mereka mengambil segala macam kebutuhan dari alam, tanpa harus melakukan kegiatan produksi. Namun dengan berjalannya waktu, kebutuhan manusia terus bertambah.

Kebutuhan dasar manusia tidak lagi terbatas pada ketiga kebutuhan di atas. Manusia mulai membutuhkan tempat tinggal dan tempat hidup yang layak, hidup menetap, merasakan keamanan dan kenyamanan, membangun sebuah keluarga, serta hidup bermasyarakat. Selanjutnya, makin maju pola pikir manusia, maka ilmu pengetahuan dan teknologi pun semakin berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melipatgandakan kebutuhan manusia.


Agama dan kepercayaan


Agama dan kepercayaan yang dianut juga mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Hal ini bisa kita lihat pada negara kita yang mengakui keberadaan banyak agama. Misalnya, pada bulan Ramadhan kebutuhan umat muslim akan buah asinan, kurma, kolak, dan lain-lain akan meningkat. Sedangkan pada hari menjelang Natal, kebutuhan umat Kritiani akan pohon natal meningkat.


Adat-istiadat


Adat-istiadat yang dimiliki suatu masyarakat juga merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan. Misalnya, di beberapa negara dikenal perayaan valentine. Pada Valentine Day, terjadi peningkatan permintaan cokelat. Pada hari tersebut, cokelat digunakan sebagai souvenir atau tanda mata. Peningkatan kebutuhan akan cokelat pada hari valentine tentu saja hanya dirasakan oleh negara-negara yang merayakan tradisi ini. sedangkan bagi negara yang tidak merayakan hari Valetine tidak akan mengalami peningkatan kebutuhan.


Usia


Usia juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya, bayi usia 0-6 bulan hanya membutuhkan makanan berupa ASI. Setelah itu, ia akan diperkenalkan dengan sari-sari makanan seperti kacang hijau. Selanjutnya, menginjak usia 1 tahun, bayi mulai diberi makanan tambahan dan susu tambahan. Demikian seterusnya, hingga bayi terus berkembang, maka kebutuhan akan makanannya pun terus bertambah dari anak-anak, menjadi remaja, hingga dewasa.


Pendidikan


Makin tinggi tingkat pendidikan manusia, maka kebutuhannya pun makin kompleks. Misalnya, kebutuhan akan perlengkapan sekolah anak SD tentu berbeda dengan dibandingkan dengan mahasiswa.


Teknologi


Peningkatan teknologi menyebabkan peningkatan kebutuhan manusia. Kemajuan teknologi telah menciptakan kemudahan bagi manusia. Misalnya, untuk memudahkan komunikasi, manusia membutuhkan handphone atau internet.


Pendapatan


Pendapatan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Makin tinggi pendapatan seseorang, maka makin meningkat pula kebutuhannya. Misalnya, seorang pedagang sayuran keliling yang pada awalnya hanya membutuhkan gerobak untuk menjual barang dagangannya. Ketika pendapatannya meningkat, maka ia membeli motor dengan harapan pendapatannya akan lebih baik. Seiring dengan perkembangan pendapatan tersebut, maka kebutuhan pedagang tersebut juga meningkat. Kini ia membutuhkan SIM, membeli Helm, dan membayar pajak kendaraan bermotornya.


Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia



Jumlah penduduk

Pertambahan jumlah penduduk menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya suatu wilayah yang pada awalnya hanya dihuni 10 kepala keluarga kemudian dihuni 100 kepala keluarga, maka peningkatan jumlah penduduk tersebut akan menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 01.42

0 komentar:

Posting Komentar