Jenis-Jenis Jasa Bank Lainnya

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 18 Maret 2016

Loading...

Selain menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat, bank juga menyediakan jasa-jasa bank lainnya. jasa-jasa bank lainnya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum dan memberikan banyak keuntungan pada sebuah bisnis perbankan.

Semakin lengkap jasa-jasa bank lainnya yang dapat dilayani oleh bank maka akan semakin baik. Kelengkapan ini ditentukan dari permodalan bank serta kesiapan bank dalam menyediakan SDM yang handal. Di samping itu, juga perlu didukung oleh kecanggihan teknologi yang dimilikinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis jasa bank lainnya yang ditawarkan oleh bank


Kiriman uang (transfer)


Kiriman uang atau tranfer merupakan jasa bank lainnya yang sangat berguna saat ini. kegiatan tranfer meliputi jasa pengirman uang lewat bank. Pengiriman uang ini dapat dilakukan pada bank yang sama juga bank yang berlainan. Pengiriman uang dapat dilakukan dengan tujuan dalam kota, dalam negeri, bahkan luar negeri. Khusus pengiriman uang ke luar negeri harus melalui devisa. Jasa bank ini memberikan banyak kemudahan ditengah menjamurnya bisnis online saat ini dan mulai tingginya kepercayaan masyarakat terhadap jasa bank ini.


Kliring (clearing)


Kliring merupakan jasa bank lainnya yang berupa penagihan warkat (surat-surat berharga seperti cek dan bilyet giro) yang berasal dari dalam kota. Proses penagihan warkat kliring memakan waktu satu hari. Besarnya biaya penagihan tergantung pada bank yang bersangkutan.


Inkaso (collection)


Inkaso merupakan penagihan warkat (surat-surat berharga seperti cek dan bilyet giro) yang berasal dari luar kota atau luar negeri proses penagihan lewat inkaso tergantung dari jarak lokasi penagihan dan biasanya memakan waktu satu minggu sampai satu bulan. Besarnya biaya yang dibebankan tergantung pada bank dengan pertimbangan jarak dan pertimbangan lainnya.


Safe deposit box


Safe deposit box atau dikenal juga dengan istilah safe loket. Jasa bank lainnya ini memberikan pelayanan penyewaan box atau kotak pengaman tempat menyimpan surat-surat berharga atau barang-barang berharga milik nasabah. Biasanya barang-barang yang disimpan tersbeut aman dari bahaya kebakaran dan pencurian. Kepada nasabah penyewa box akan dikenakan biaya yang besarnya tergantung ukuran box dan lamanya jangka waktu penyewaan.


Bank card (kartu kredit)


Bank card lebih polpuler dengan nama kartu kredit, atau disebut juga katu plastik atau uang plastik. Kartu ini dapat dibelanjakan di berbagai tempat-tempat perbelanjaan atau tempat-tempat hiburan. Kartu ini juga dapat digunakan untuk mengambil uang dari ATM. Pemegang kartu kredit dikenai biaya tahunan yang besarnya telah ditetapkan oleh bank.


Bank notes


Bank notes merupakan jasa penukaran valuta asing. Dalam jual beli bank notes bank menggunakan kurs (nilai tukar rupiah dengan mata uang asing).


Bank garansi


Bank garansi merupakan jaminan bank yang diberikan kepada nasabah dalam rangka membiayai suatu usaha. Dengan jaminan bank ini si pengusaha memperoleh fasilitas untuk melaksanakan kegiatannya dengan pihak lain. Tentu sebelum jaminan bank dikeluarkan bank maka terlebih dahulu bank akan mempelajari kredibilitas nasabahnya.


Bank draft


Bank draft merupakan jasa bank lainnya berupa wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini dapat diperjualbelikan apabila nasabah membutuhkannya.


Letter of Credit (L/C)


Letter of credit merupakan surat kredit yang diberikan kepada para eksportir dan importir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi ekspor-impor yang mereka lakukan. Dalam transaksi ini terdapat berbagai macam jenis Letter of Credit, sehingga nasabah dapat meminta sesuai dengan  kondisi yang diinginkannya.


Cek wisata (Travellers Cheque)


Travellers cheque merupakan cek perjalanan yang biasanya digunakan oleh turis atau wisatawan. Cek wisata dapat dipergunakan sebagai alat  pembayaran di berbagai tempat pembelanjaan atau hiburan seperti hotel, supermarket, dan lain-lain. Cek wisata juga bisa dijadikan hadiah kepada para relasinya.



Menerima setoran-setoran


Jasa-jasa bank lainnya dalam hal ini adalah bank membantu nasabahnya dalam rangka menampung setoran dari berbagai tempat, antara lain :
  • Pembayaran pajak
  • Pembayaran telepon
  • Pembayaran air
  • Pembayaran listrik
  • Pembayaran uang kuliah


Melayani pembayaran-pembayaran


jasa-jasa bank lainnya


Sama seperti dalam hal menerima setoran-setoran, dalam hal ini bank juga melakukan pembayaran seperti yang diperintahkan oleh nasabahnya, antara lain :
  • Membayar gaji/ pensiun / honorarium
  • Pembayaran deviden
  • Pembayaran kupon
  • Pembayaran bonus/ hadiah


Bermain di pasar modal


Kegiatan bank dapat memberikan atau bermain surat-surat berharga di pasar modal. Bank dapat berperan dalam berbagai kegiatan seperti menjadi :
  • Penjamin emisi (underwriter)
  • Penjamin (guarantor)
  • Wali amanat (trustee)
  • Perantara perdagangan efek (pialang/ broker)
  • Perdagangan efek (dealer)
  • Perusahaan pengelola dana (investment company)


Demikiahlah penjelasan mengenai jasa-jasa bank lainnya selain mengumpulkan dan menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 18.42

0 komentar:

Posting Komentar