Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kegunaannya, Waktunya, Sifatnya, dan Subjeknya

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 26 Maret 2016

Loading...

Jenis kebutuhan manusia dapat diklasifikasikan menurut intensitas kegunaan, waktu, sifat, dan subjeknya. Klasifikasi jenis kebutuhan manusia ini muncul karena perkembangan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam kebutuhan manusia tersebut.

Jenis kebutuhan manusia menurut intensitas kegunaan


Berdasarkan intensitas kegunaannya, kebutuhan dikelompokkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Dalam klasifikasi macam kebutuhan ini, terdapat 3 macam kebutuhan manusia, yaitu :


1. Kebutuhan primer

Kebutuhan  primer merupakan kebutuhan dasar bagi manusia karena berhubungan langsung dengan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer harus dipenuhi, jika tidak maka kehidupan manusia akan terganggu. Dengan demikian, maka pengertian kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Pada awalnya, kebutuhan primer hanya sebatas sandang, pangan, dan papan. Namun, dengan majunya peradaban manusia, kebutuhan primer pun berkembang. Pendidikan dan kesehatan juga dianggap sebagai kebutuhan primer. Contoh lain, bagi beberapa orang motor bukanlah kebutuhan primer. Tetapi, bagi tukang ojek motor adalah kebutuhan primer karena itu satu-satunya alat untuk 
memenuhi kebutuhan mereka untuk mencari nafkah.


2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan yang berhubungan dengan status sosial seseorang dalam masyarakat disebut kebutuhan sekunder. Di dalam kenyataan sehari-hari, pengklasifikasian suatu kebutuhan sebagai kebutuhan primer atau bukan bersifat subjektif. Setiap anggota masyarakat memiliki penafsiran yang berbeda satu sama lain. Salah satu hal yang mempengaruhi jenis kebutuhan sekunder adalah tingkat pendapatan.

Secara sederhana, pengertian kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dipenuhi oleh manusia jika kebutuhan primernya telah terpenuhi. contoh kebutuhan sekunder saat adalah alat-alat rumah tangga seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain.


3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang akan dipenuhi manusia jika kebutuhan primer dan sekundernya telah terpenuhi. kebutuhan tersier adalah kebutuhan aka barang-barang mewah. Dalam praktiknya penafsiran jenis kebutuhan sekunder dan tersier akan berbeda satu sama lain. Contoh kebutuhan tersier adalah mobil, gadget super canggih, jet pribadi, bahkan pulau pribadi.


Jenis kebutuhan manusia menurut waktunya


Menurut waktu pemenuhan kebutuhannya, macam kebutuhan manusia dibedakan menjadi 2, yaitu :


1. Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga dan tidak dapat ditunda-tunda pemenuhannya. Contoh kebutuhan sekarang antara lain jaket untuk orang yang kedingingan dan makanan untuk orang yang kelaparan.


2. Kebutuhan yang akan datang (kelak)

Kebutuhan yang akan datang atau kebutuhan kelak yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan dikemudian hari dan dapat ditunda. Contoh kebutuhan yang akan datang adalah membeli minyak tanah sebelum terjadi kenaikan harga.


Jenis Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kegunaannya, Waktunya, Sifatnya, dan Subjeknya


Jenis kebutuhan menurut sifatnya


Menurut sifatnya, ada 2 jenis kebutuhan manusia, yaitu :


1. Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik seseorang. Kondisi jasmani seseorang tersebut berupa penampilan fisik seseorang dan kesehatan. Kebutuhan jasmani ada beraneka ragam, seperti alat kecantikan/ kosmetik, fitnes bagi yang ingin membentuk tubuh, dan lain-lain.


2. Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan jiwa manusia. Contoh kebutuhan rohani antara lain beribadah, pengetahuan, dan rekreasi.


Jenis kebutuhan manusia menurut subjeknya


Menurut subjeknya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :


1. Kebutuhan perseorangan/ individual

Kebutuhan perseorangan/ individual yaitu kebutuhan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan individu atau diri sendiri. Antarindividu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Contoh kebutuhan perseorangan yaitu seorang montir membutuhkan seperangkat kunci pas, seorang event organizer membutuhkan laptop, serta seorang penulis membutuhkan buku referensi.


2. Kebutuhan kelompok/ kolektif

Kebutuhan kelompok atau kolektif yaitu kebutuhan yang digunakan secara bersama-sama oleh suatu kelompok dalam masyarakat. Contoh kebutuhan kelompok antara lain kebutuhan akan jalan tol, supermarket, dan taman hiburan.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis kebutuhan manusia atau macam-macam kebutuhan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 01.49

0 komentar:

Posting Komentar