Macam-Macam Kingdom Objek Biologi

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 22 Maret 2016

loading...

Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bio dan logos. Bio berarti hidup sedangkan logos berarti ilmu. Dengan demikian, biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup.

Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup mulai dari tingkatan terendah hingga tertinggi, mulai dari atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma sampai biosfer.

Pada tingkat molekul, biologi mempelajari tentang struktur atom yang berperan penting dalam reaksi penyusunan dan penguraian sebuah molekul. Molekul-molekul tersebut saling berhubungan dan membentuk sel. Beberapa sel akan bergabung membentuk jaringan, kemudian jaringan-jaringan tersebut membentuk organ, kemudian kumpulan beberapa organ akan membentuk sebuah sistem organ. Pada akhirnya, sistem organ yang berhubungan tersebut membentuk organisme atau tubuh makhluk hidup atau individu.

Setiap individu makhluk hidup akan saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kumpulan individu sejenis akan membentuk populasi. Selanjutnya, kumpulan populasi tersebut akan menjalin hubungan dengan populasi sejenis dan membentuk komunitas. Komunitas akan berinteraksi dengan lingkungan abiotiknya sehingga membentuk ekosistem. Gabungan beberapa ekosistem tersebut akan membentuk bioma. Akhirnya hubungan antar bioma yang ada di permukaan bumi ini membentuk biosfer.

Menurut Biological Science Curriculu Study (BSBC), objek biologi berupa kingdom atau kerajaan. Kingdom pada makhluk hidup dapat dipelajari melalui pengelompokan atau klasifikasi. Sistem klasifikasi makhluk hidup mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Berikut ini perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup.


macam-macam objek biologi


Sistem  2 kingdom


Pada mulanya, makhluk hidup yang ada di dunia dibedakan menjadi 2 kingdom, yaitu Kingdom Plantae dan Kingdom Animalia. Plantae merupakan kelompok tumbuhan dan animalia merupakan kelompok hewan. Sistem dua kingdom ini dinyatakan oleh seorang ahli dari Yunani, yaitu Aristoteles.


Sistem 3 kingdom


Pada sistem 3 kingdom terdiri dari kingdom Plantae, kingdon Animalia dan Kingdom Fungi. Fungi kita kenal dengan istilah jamur. Sistem klasifikasi ini pertama kali dinyatakan oleh ahli biologi asal Jerman bernama Ernest Heckel pada tahun 1866.


Sistem 4 kingdom


Sistem 4 kingdom terdiri dari kingdom plantae (ganggang, kecuali ganggang biru, lumut, paku, dan tumbuhan berbiji), kingdom animalia (protozoa sampai dengan chordata), kingdom fungi (terdiri dari semua jenis jamur), serta kingdom monera (terdiri dari semua makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti atau prokariotik, seperti bakteri dan ganggang biru). Sistem empat kingdom dicetuskan oleh Robert Whittaker pada tahun 1959. Klasifikasi ini didasarkan pada ada atau tidaknya membran pada inti sel.


Sistem 5 kingdom


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan Robert Whittaker (1969) menyusun klasifikasi berdasarkan tingkatan makhluk hidup, susunan sel, dan cara memperoleh nutrisi. Klasifikasi ini disebut juga klasifikasi lima kingdom. Sistem klasifikasi ini terdiri dari kingdom plantae (dunia tumbuhan), kingdom animalia (dunia hewan), kingdom fungi (dunia jamur), kingdom monera dan kingdom protista.


Sistem 6 kingdom


Sistem 6 kingdom terdiri dari kingdom Plantae, kingdom Animalia, Kingdom Fungi, kingdom Archaebacteria (meliputi bakteri yang hidup di sumber air panas, di tempat berkadar garam tinggi, di tempat yang panas dan asam, membran sel bercabang), kingdom Eubacteria (membran selnya lurus), dan kingdom Protista. Sistem klasifikasi ini dinyatakan oleh Carl Woorse. Dasar pengelompokkannya adalah struktur DNA.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam kingdom yang menjadi objek biologi. Semoga dengan tulisan ini kita bisa lebih paham mengenai objek ilmu biologi.

loading...
Blog, Updated at: 07.06

0 komentar:

Posting Komentar