Pengertian dan Contoh Das Sollen, Das Sein serta Mogen

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 29 Maret 2016

loading...

Pengertian dan contoh das sollen


Pengertian das sollen secara umum adalah segala sesuatu yang merupakan keharusan, atau yang mengharuskan kita untuk berpikir dan bersikap tindak secara tertentu dalam menghadapi  pekerjaan atau masalah tertentu pula.

Contoh das sollen antara lain :

  • Jika kita membeli barang, maka kita harus dan wajib melakukan pembayaran tersebut hingga harga barang tersebut lunas.
  • Jika kita menjual barang, maka kita harus menyerahkan barang tersebut kepada pembeli dalam keadaan yang baik seperti yang diiklankan atau ditawarkan  kepada si pembeli itu (jadi bukan barang rusak atau barang yang sudah cacat).
  • Jika kita mengemudikan mobil, maka kita harus mengatur persneling secara berurutan, mulai dari perseneling 1,2,3, sampai 4 dan sebagainya.
  • Jika kita memiliki utang, maka kita harus melunasinya.
  • Jika kita menyebrang jalan raya, maka kita seharusnya menyeberang di zebra cross atau di jembatan penyebrangan, dan sebagainya.

Dari contoh das sollen di atas, dapat kita lihat bahwa das sollen berupa segala keharusan-keharusan yang masih berupa teori-teori normatif dan sekaligus juga norma-norma teoritis yang belum menjelma atau dijelmakan dalam pelaksanaan. Oleh karena itu, das sollen sering disebut dengan istilah dunia norma, atau dunia kaidah, atau kenormaan.


Pengertian dan contoh mogen


Sebelum membahas mengenai das sein, maka kita terlebih dahulu perlu tahu mengenai istilah mogen. Mogen berarti boleh atau kebolehan. Jadi, mogen itu adalah segala sesuatu yang membolehkan kita untuk berpikir atau bersikap tindak secara tertentu dalam menghadapi pekerjaan atau masalah tertentu pula.

Contoh mogen bisa kita lihat pada :

  • Jika kita mempunyai tagihan atau piutang, maka kita boleh menagihnya (tidak harus).
  • Kalau kita mendapatkan pemberian dari orang lain (misalkan warisan, hibah, hadiah, dan sebagainya), maka kita boleh menerimanya, sehingga hal ini pun tentu berarti kita boleh menolaknya.
  • Kalau kita sudah lelah bekerja, maka kita boleh beristirahat.
  • Dalam pekerjaan, kita boleh saja bersantai, asalkan pekerjaan kita terlaksana dengan baik.

Persamaan antara das sollen dan mogen adalah kedua-duanya merupakan suatu norma teoritis bagi orang untuk bersikap dan bertindak. Dengan kata lain, kedua-duanya belumlah menjelma atau dijelmakan dalam pelaksanaan, melainkan masih bentuk kenormaan.

Perbedaan antara das sollen dan mogen adalah pada maknanya. Das sollen bermakna keharusan sehingga dapat dikatakan merupakan norma yang mengatur atau menitikberatkan pengaturan tentang kewajiban sedangkan mogen bermakna kebolehan merupakan norma yang menitikberatkan pengaturannya tentang hak.


Pengertian dan contoh das sein


Secara umum, pengertian das sein adalah segala sesuatu yang merupakan pelaksanaan dari segala hal yang diatur dalam das sollen dan mogen di dalam kenyataan yang sebenar-benarnya.

Contoh das sein antara lain :

  • Pelaksanaan pembayaran harga barang kepada penjual waktu kita membeli barang.
  • Pelaksanaan penyerahan barang secara baik dari penjual kepada pembeli dalam jual beli.
  • Pelaksanaan cara-cara kita menyetir saat mengemudikan mobil.
  • Pelaksanaan pelunasan utang dari debitur kepada kreditur.
  • Pelaksanaan jalan di zebra cross atau jembatan penyebrangan ketika menyebrangi jalan raya.
  • Pelaksanaan penagihan hak kepada orang lain.
  • Pelaksanaan pembagian harta warisan yang menjadi bagian kita atau pelaksanaan penolakan untuk menerimanya (misalkan karena jumlah utang lebih banyak dari pada jumlah warisan yang ditinggalkan).

Dalam prakteknya, das sollen dan das sein pasti ada secara bersamaan di dalam segala bidang kehidupan manusia sebagai dunia teori dan dunia praktek atau dunia kenyataan, yang selalu akan saling melengkapi isi antara yang satu dengan yang lain.

Untuk memahami hubungan antara das sollen dan das sein, kita bisa melihat aturan untuk menyebrang jalan di zebra cross atau jembatan penyebrangan.

Das sollen dari menyebrang jalan yang benar adalah kita harus menyebrang melewati zebra cross atau jembatan penyebrangan. Ini adalah apa yang seharusnya terjadi. Akan tetapi, pada prakteknya atau das seinnya adalah kita menyebrang di tempat lain jika melanggar aturan dan kita menyebrang di jembatan penyebrangan atau zebra cross jika mengikuti aturan.

Perbedaan antara das sollen dan das sein inilah yang menyebabkan terjadinya masalah. Jika das sollen menyatakan kita wajib menyebrang di zebra cross, sedangkan das seinnya kita menyebrang bukan di zebra cross, maka akan menimbulkan masalah, misalnya saja kecelakaan.


pengertian dan contoh das sollen, das sein, dan mogen


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian das sollen, pengertian das sein, dan pengertian mogen. Semoga dengan tulisan ini kita lebih bisa memahami contoh das sollen, contoh das sein, dan contoh mogen.

loading...
Blog, Updated at: 01.05

0 komentar:

Posting Komentar