Pengertian Giro atau Demand Deposit dan Penjelasannya

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 20 Maret 2016

loading...

Apa yang anda tahu tentang pengertian giro ? Dalam dunia perdagangan kata giro bukanlah kata yang asing lagi. Setiap melakukan transaksi pembayaran sering dikaitkan dengan giro, baik pembayaran yang  bersifat tunai maupun non tunai. Hal ini dilakukan karena pembayaran dengan menggunakan rekening giro sangat memberikan berbagai keuntungan, terutama dalam segi keamanan untuk jumlah yang sangat besar. Jadi, apa definisi giro ?

Jika kita memiliki  rekening giro, maka kita tidak perlu untuk menyediakan sejumlah uang tunai, melainkan cukup dengan menulis di lembar cek sejumlah uang yang akan dibayarkan. Keuntungan giro lainnya adalah uang yang disimpan di rekening giro akan memperoleh jasa giro (bunga) yang besarnya tergantung dari bank yang bersangkutan.

Di samping kelebihan, ternyata giro juga memiliki kelemahan. Terkadang ada pihak-pihak tertentu yang menolak pembayaran dengan cek atau bilyet giro karena dikhawatirkan rekening giro tersebut kosong.

Pengertian giro atau simpanan giro atau yang lebih populer dengan nama rekening giro menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan.

Sedangkan pengertian simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank dalam bentuk giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan atau dana yang dapat dipersamakan dengan itu.

Dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa simpanan adalah sejumlah uang yang dititipkan di bank atau dipelihara oleh bank. Jenis simpanan yang ada di bank selain giro adalah tabungan dan deposito. Pengertian simpanan giro merupakan simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Artinya, uang yang ada di rekening giro dapat diambil setiap waktu setelah memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan misalnya waktu jam kantor, keabsahan dan kesempurnaan cek serta saldonya tersedia.

Pengertian dapat ditarik setiap saat menunjukkan bahwa uang yang disimpan di rekening giro dapat diambil berkali-kali dalam satu hari, dengan catatan saldo yang tersedia di rekening giro tersebut masih mencukupi. Kemudian pengertian penarikan adalah diambilnya uang tersebut dari rekening giro sehingga menyebabkan giro tersebut berkurang jumlahnya, baik ditarik secara tunai maupun non tunai.

Untuk melakukan penarikan uang dari rekening giro bisa menggunakan sarana penarikan seperti cek dan bilyet giro (BG). Apabila penarikan dilakukan secara tunai maka sarana penarikannya adalah dengan menggunakan cek. Sedangkan untuk penarikan non tunai dengan menggunakan bilyet giro.

Di samping itu, jika kedua sarana penarikan itu hilang, maka nasabah dapat menggunakan sarana penarikan lainnya seperti surat pernyataan atau surat kuasa yang ditandatangani di atas materai.

pengertian giro atau demand deposit


Pemilik rekening giro disebut girant dan kepada setiap girant akan diberikan imbalan berupa bunga atau jasa giro yang besarnya tergantung dari bank yang mengeluarkan giro tersebut. Bagi bank, giro merupakan dana murah meriah karena imbalan bunga yang diberikan kepada girant merupakan bunga yang paling rendah jika dibandingkan dengan suku bunga simpanan lainnya seperti tabungan dan deposito.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian giro atau rekening giro. Semoga dengan tulisan ini kita semakin paham mengenai giro, bilyet giro dan rekening giro.

loading...
Blog, Updated at: 19.50

0 komentar:

Posting Komentar