Pengertian Inkaso, Warkat-Warkat Inkaso, dan Keuntungan Inkaso

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 19 Maret 2016

loading...

Pengertian inkaso (collection)


Apa pengertian inkaso ? Sama seperti halnya dengan kliring, inkaso juga merupakan proses penagihan warkat antar bank. Hanya bedanya dalam inkaso warkat yang ditagihkan harus berasal dari luar kota atau luar wilayah kliring atau luar negeri. Khusus untuk warkat yang diinkasokan yang berasal dari luar negeri harus dilakukan oleh bank yang berstatus bank devisa.

Sebagai contoh, apabila bapak Andi memperoleh cek yang diterbitkan oleh bank di kota Jakarta, maka untuk mencairkan cek tersebut bapak Andi tidak perlu ke Jakarta, akan tetapi bisa dicairkan di bank yang ada di kota Makassar melalui jasa inkaso. Dalam hal ini, bank di Makassarlah yang menagihkannya ke bank di Jakarta dan proses penagihan ini disebut inkaso dalam negeri.

Begitu pula jika kita memperoleh cek dari luar negeri, maka untuk mencairkannya bisa dilakukan di bank yang ada di Indonesia, dengan catatan bahwa bank yang mencairkan atau menagihkan inkaso cek tersebut ke luar negeri berstatus bank devisa.

Lama waktu penagihan inkaso tergantung dari jarak yang akan ditagih. Biasanya berkisar antara 3 minggu sampai satu bulan. Nasabah akan dikenakan biaya yang besarnya tergangtung dari jarak warkat yang akan ditagih.


Warkat-warkat inkaso

Pengertian Inkaso, Warkat-Warkat Inkaso, dan Keuntungan Inkaso



Warkat-warkat yang dapat diinkasokan sama dengan kliring (clearing). Yang membedakannya adalah asal warkat tersebut. Warkat kliring berasal dari satu kota, sedangkan warkat inkaso berasal dari kota yang berbeda atau bahkan luar negeri. Adapun warkat-warkat yang dapat diinkasokan atau ditagihkan adalah sebagai berikut :
  • Cek
  • Bilyet Giro (BG)
  • Wesel 
  • Kuitansi
  • Surat askep
  • Deviden
  • Kupon
  • Money Order
  • Dan surat berharga lainnya


Sekali lagi, perlu diingat bahwa warkat-warkat yang bisa diinkasokan hanya yang berasal dari luar kota atau luar negeri.

Proses penyelesaian inkaso dilakukan oleh bank dan dibagi ke dalam dua bagian, yaitu :
  1. Inkaso berdokumen, di mana surat-surat yang diinkasokan disertai oleh dokumen yang mewakili surat/ barang tersebut.
  2. Inkaso tidak berdokumen, di mana surat yang diinkasokan tidak diwakili oleh dokumen yang mewakili surat/ barang tersebut.

Penyelesaian inkaso ke luar negeri merupakan penagihan warkat keluar negeri dan merupakan proses inkaso ke luar, sedangkan penerimaan warkat dari luar negeri merupakan inkaso masuk dari luar negeri. Jika tidak mempunyai cabang di luar negeri maka inkaso keluar dapat dilakukan  melalui “bank koresponden”. Persyaratan untuk inkaso keluar negeri bank yang bersangkutan haruslah berstatus bank devisa.


Keuntungan inkaso


Dengan menggunakan jasa inkaso nasabah memiliki beberapa keuntungan untuk menagihkan warkat-warkat yang dimilikinya. Keuntungan yang dimaksud hampir sama dengan kliring, yaitu :


1. Menghemat biaya

Jika nasabah menagihkan sendiri warkat tersebut, apalagi jika berada di luar negeri maka akan memakan biaya yang sangat besar. Dengan menggunakan jasa inkaso, biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan ditagih sendiri.


2. Menghemat waktu

Penagihan sendiri selain membutuhkan biaya yang mahal, juga memerlukan waktu penagihan yang lebih lama. Dengan menggunakan inkaso, maka akan lebih menghemat waktu.


3. Menghindari resiko kehilangan

Dengan menggunakan jasa inkaso, nasabah akan terhindar dari segala resiko termasuk kemungkinan kehilangan seperti perampokan atau kehilangan dengan sebab-sebab lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian inkaso, warkat-warkat inkaso, dan kentungan menggunakan jasa inkaso. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 20.19

0 komentar:

Posting Komentar