Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 15 Maret 2016

Loading...

Pengertian sosiologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari perilaku sosial, gejala-gejala sosial, dan tindakan-tindakan sosial yang dilakukan oleh individu atau masyarakat dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Definisi sosilogi ini didasarkan pada objek sosiologi, ciri sosiologi dan sejarah perkembangan sosiologi.

Sosiologi berusaha mengkaji drama kehidupan sosial manusia terutama tentang tindakan-tindakan manusia baik tindakan individual, tindakan kelompok, tindakan yang lazim, maupun tindakan yang tidak lazim.

Untuk mengetahui definisi sosiologi dengan baik, maka berikut ini adalah beberapa pengertian sosiologi yang dikemukakan oleh para ahli sosiologi terkemuka di dunia.

Pengertian sosiologi menurut Charles Ellwood, sosiologi merupakan pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal dan kemajuannya, bentuk dan kewajibannya.

Gustav Ratzenhofer mengemukakan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.

Emile Durkheim menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang ada di dalam individu. Fakta-fakta tersebut mempunyai kekuatan untuk mengendalikan individu

Max webber mendefinisikan sosilogi sebagai ilmu yang mempelajari tindakan-tindakan sosial.

Definisi sosiologi menurut Pitrim A. Sorokin adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik  antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi), hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non-sosial (misalnya pengungsian dengan bencana alam), dan ciri-ciri umum dari semua jenis-jenis gejala sosial.

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkof memberikan pengertian sosiologi sebagai ilmu tentang penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial.

Joseph Roucek dan Warren mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia di dalam kelompok.

Selo Soemardjan dan Sulaiman Sumardi mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

Definisi sosiologi menurut Soerjono Soekanto adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan antara orang-orang di dalam masyarakat.

Mayor Polak menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antarhubungan di antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, statis maupun dinamis.

Hasan Shaidly menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat yang menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia yang menguasai kehidupan itu.

Berdasarkan pengertian-pengertian sosiologi menurut para ahli di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang objek studinya adalah masyarakat. Sosiologi memusatkan kajiannya pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut. Adat istiadat, tradisi, nilai-nilai hidup suatu kelompok, pengaruhnya terhadap kehidupan kelompok, proses interaksi di antara kelompok dan perkembangan lembaga-lembaga sosial merupakan perhatian sosiologi.

pengertian sosiologi menurut para ahli


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sosiologi menurut para ahli. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 20.42

0 komentar:

Posting Komentar