Pengertian Transfer dan Keuntungan Transfer Uang Melalui Bank

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 19 Maret 2016

Loading...

Pengertian transfer


Pengertian transfer secara umum adalah pengiriman uang lewat bank. Transfer dapat pula diartikan pemindahan mata uang dari rekening yang satu ke rekening yang lain dengan berbagai tujuan. Pengiriman uang atau pemindahan uang dengan transfer ini dapat dilakukan dengan berbagai  tujuan, baik dalam kota, luar kota atau bahkan luar negeri.

Lama waktu pengiriman tergantung dari sarana yang digunakan untuk mengirim. Dewasa ini pengiriman uang dapat tiba hari itu juga dan langsung daat dicairkan di tempat tujuan melalui sarana pengiriman dengan sistem online komputer. Pada masa lalu, pengiriman uang dapat dilakukan lewat surat, telex, faxsmile atau telepon.

Jasa transfer atau pengiriman uang lewat bank muncul sebagai solusi penyelesaian kendala-kendala pegiriman uang di masa lalu. Salah satu kendala pengiriman uang di masa lalu adalah keamanan uang tersebut sampai ke tempat tujuan. Banyak resiko yang akan dihadapi oleh uang dan pembawa uang, seperti pencopetan, perampokan, dan kejahatan lainnya yang berbahaya. Belum lagi resiko uang tersebut dibawa lari oleh si pembawa uang.

Dengan adanya jasa tranfer atau pengiriman uang lewat bank, maka resiko kehilangan uang yang akan dikirim akan berkurang bahkan tidak akan mungkin terjadi.

Kendala lain pengiriman uang atau transfer uang dengan cara lama adalah lamanya waktu yang dibutuhkan agar uang tersebut sampai dari pengirim kepada penerima. Belum lagi biaya yang akan dikeluarkan jika menempuh jarak jauh. Dengan demikian, adanya jasa transfer uang atau pengiriman uang lewat bank menyelesaikan semua kendala dan bahaya yang mengancam dari sistem pengiriman uang dengan cara kuno.

Cara trasfer uang lewat bank atau cara transfer uang lewat ATM sangat mudah digunakan saat ini. ketika transaksi transfer berhasil dilakukan, maka uang akan masuk ke rekening penerima saat itu juga. Transfer uang bisa dilakukan antar satu bank dengan bank yang sama atau bank lainnya atau bahkan dengan bank luar negeri.


Keuntungan  transfer uang lewat bank dan ATM


Pengiriman uang atau pemindahan uang lewat bank melalui jasa transfer sangat memberikan banyak keuntungan, baik bagi bank maupun bagi nasabah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jasa pengiriman uang lewat bank atau ATM semakin dikenal oleh masyarakat. 

Apalagi dengan berjamurnya bisnis online saat ini, semua transaksi keuangan dalam jual beli sudah dilakukan dengan teknologi moderen dan jasa pengiriman uang atau transfer uang semakin populer digunakan oleh khalayak.

Pengertian Transfer dan Keuntungan Transfer Uang Melalui Bank


Keuntungan transfer uang bagi nasabah antara lain :
  1. Nasabah akan memperoleh biaya yang relatif murah dibandingkan dengan cara lain seperti pengiriman uang lewat kantor pos atau sarana pengiriman lainnya. untuk bank tertentu bahkan gratis, terutama untuk nasabah bank yang bersangkutan.
  2. Keamaman uang yang dikirimkan nasabah terjamin sampai ke tempat tujuannya, bahkan ketika uang tersebut hanya dibiarkan di rekening yang dikirim, karena uang tersebut tidak bisa diambil oleh siapa pun selain pemilik rekening
  3. Nasabah tidak perlu cemas karena waktu tiba uang yang ditransfer atau yang dikirimkan sangat cepat. Ketika uang ditransfer, saat itu juga uang masuk ke rekening penerima sehingga menimbulkan rasa kepercayaan yang tinggi. 
  4. Tranfer uang lewat bank sangat mudah, hanya dengan mengisi formulir lalu menyerahkan sejumlah uang yang akan ditrasfer kepada teller bank, maka semua masalah beres. Apalagi cama mengirim uang lewat ATM, yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit.
  5. Dapat mengirimkan uang ke beberapa tempat tujuan sekaligus. Misalnya untuk melakukan pembayaran atau kewajiban ke berbagai tempat, maka nasabah cukup pergi ke satu bank dan semua pembayarannya akan dilayani.
  6. Pengiriman uang dengan cara transfer tidak selalu tunai, tetapi dapat juga dilakukan dengan pembebanan rekening nasabah yang bersangkutan.

Keuntungan transfer uang bagi bank adalah :
  1. Memperoleh penghasilan dari biaya pengiriman dan untuk pengiriman ke daerah tertentu nasabah dikenakan biaya provisi dan komisi.
  2. Memperoleh dana cash dari uang yang dikirim dan dana yang mengendap selama pengiriman atau selama uang hasil kiriman belum ditarik atau dicairkan nasabah penerima.
  3. Merupakan bentuk pelayanan yang diberikan kepada nasabah, sehingga nasabah merasa terbantu dan dihargai oleh bank.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian transfer uang dan keuntungan transfer uang. Jasa bank berupa transfer uang adalah pelayanan yang sangat bermanfaat yang bisa diberikan oleh bank kepada nasabah terutama di era digital saat ini. semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.


Loading...
Blog, Updated at: 20.14

0 komentar:

Posting Komentar