PERMASALAHAN BIOLOGI PADA BERBAGAI TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 23 Maret 2016

loading...

Manusia selalu menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupannya. Hal tersebut mendorong manusia untuk mempelajari ilmu biologi. Permasalahan biologi tidak hanya berhubungan dengan makhluk hidup, tetapi juga mencakup tentang segala segi  kehidupan makhluk hidup, mulai dari  tingkatan molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, hingga tingkatan bioma. 

Berikut ini adalah penjelasan permasalahan biologi dalam berbagai tingkat organisasi kehidupan.


Permasalahan biologi pada tingkat molekul


Molekul merupakan tingkat organisasi kehidupan terendah pada makhluk hidup. Molekul penyusun makhluk hidup pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu molekul sederhana dan molekul kompleks.

Contoh permasalahan biologi yang muncul pada tingkat molekul adalah virus. Tubuh virus tersusun atas protein dan asam nukleat. Meskipun tersusun oleh komponen yang sangat sederhana tersebut, virus dapat tumbuh dan berkembang biak saat berada dalam tubuh makhluk hidup. Oleh karena itu, virus dimasukkan ke dalam kelompok tersendiri dalam klasifikasi makhluk hidup.


Permasalahan biologi pada tingkat sel


Tingkat organisasi di atas molekul adalah sel. Sel yang menyusun makhluk hidup pada umunya dibedakan menjadi dua, yaitu sel tunggal dan sel majemuk. Sel yang merupakan unit struktural dan fungsional pada makhluk hidup memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Tumbuh dan berkembang.
  2. Dapat menghasilkan keturunan (bereproduksi).
  3. Melakukan pencernaan intrasel dan pengeluaran (digesti).
  4. Mampu memberikan tanggapan atau respons terhadap rangsangan.


Contoh permasalahan biologi yang muncul pada tingkat sel adalah perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Secara struktural dan fungsional, sel hewan dan sel tumbuhan mempunyai perbedaan yang sangat nyata.


Permasalahan biologi pada tingkat jaringan


Kumpulan dari beberapa sel akan membentuk jaringan. Jaringan pada makhluk hidup mempunyai struktur dan fungsi khusus. Beberapa jaringan penyusun tumbuhan antara lain jaringan epidermis, parenkim, sklerenkim, xilem, floem, dan lain-lain. Adapun contoh jaringan penyusun hewan antara lain jaringan otot, epitelium, tulang, dan saraf.

Contoh masalah biologi yang muncul pada tingkat jaringan adalah adanya struktur khusus pada epidermis daun sehingga karbondioksida dapat masuk ke tubuh tanaman dan digunakan untuk pengolahan makanan (fotosintesis).


Permasalahan biologi pada tingkat organ


Sekumpulan jaringan akan bekerjasama membentuk organ. Salah satu organ penyusun tubuh manusia adalah mata. Mata merupakan organ manusia yang tersusun atas jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Contoh masalah biologi pada tingkat organ adalah adanya infeksi pada organ mata sehingga menyebabkan penglihatan manusia terganggu.


Permasalahan biologi pada tingkat sistem organ


Beberapa organ yang ada pada makhluk hidup akan membentuk sistem organ. Beberapa sistem organ yang ada pada manusia adalah sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem koordinasi, sistem gerak, sistem peredaran darah, sistem pertahanan tubuh, dan sistem reproduksi.

Contoh masalah biologi yang muncul pada tingkat sistem organ adalah adanya kembar siam yang hanya memiliki satu sistem pencernaan.



Permasalahan Biologi pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan


Permasalahan biologi pada tingkat individu


Individu terbentuk karena adanya beberapa sistem organ yang saling berhubungan. Permasalahan biologi pada tingkat individu adalah setiap individu tidak dapat hidup sendiri, tetapi harus berinteraksi dengan individu lainnya. contoh individu adalah seekor sapi dan sebuah pohon kelapa.


Permasalahan biologi pada tingkat populasi


Beberapa individu sejenis akan saling berinteraksi membentuk populasi. Individu dikatakan sejenis apabila dapat melakukan perkawinan dan  menghasilkan keturunan yang fertil. Jadi, bukan sesama jenis kelamin. Yang dimaksud sejenis di sini adalah manusia laki-laki dengan manusia perempuan, sapi jantan dengan sapi betina, ikan hiu dengan ikan hiu, dan lain-lain. Contoh populasi adalah sekumpulan manusia, sekumpulan sapi, sekumpulan ikan hiu, sekumpulan tanaman , dan lain-lain.

Salah satu masalah biologi pada tingkat populasi adalah budi daya ikan mas. Untuk melakukan budi daya ikan mas, maka kita membutuhkan individu-individu sejenis yang mempunyai sifat unggul sehingga dapat menghasilkan keturunan yang fertil.


Permasalahan biologi pada tingkat ekosistem


Ekosistem berasal dari kata oikos dan systema. Oikos berarti rumah sendiri dan systema yang berarti bagian-bagian yang utuh dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, ekosistem dapat diartikan sebagai sistem yang dibentuk oleh suatu daerah, di mana komponen makhluk hidup dan lingkungannya terdapat hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi. Ekosistem tersusun atas komponen biotik dan komponen abiotik.

Contoh masalah biologi yang muncul pada tingkat ekosistem adalah adanya pencemaran perairan yang menyebkan matinya beberapaa jenis ikan yang hidup di perairan tersebut. Selain matinya ikan, pencemaran tersebut juga akan mengancam kehidupan yang ada di ekosistem tersebut.


Permasalahan biologi pada tingkat bioma


Bioma merupakan masyarakat umum dari kehidupan organisasi yang ada di permukaan bumi. Menurut garis lintang, ada 6 macam bioma, yaitu bioma gurun, padang rumput (savana), hutan gugur, hutan hujan tropis,  taiga, dan tundra (padang lumut). Contoh masalah biologi yang muncul pada tingkat bioma adalah kondisi lingkungan yang mempengaruhi keragaman jenis tumbuhan dan hewan yang ada pada suatu bioma.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam permasahalan biologi yang bisa muncul pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 

loading...
Blog, Updated at: 07.11

0 komentar:

Posting Komentar