Daftar Istilah Keuangan Penting dari A-I

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 10 April 2016

loading...

Berikut ini adalah daftar istilah keuangan yang penting dan umum yang harus kita ketahui ketika berbicara mengenai masalah keuangan.

Akuisisi, merupakan pengambilalihan kepemilikan suatu bank yang berakibat beralihnya pengendalian atau kepemilikan bank tersebut.

Anjak piutang, atau yang dikenal juga dengan nama factoring adalah perusahaan yang kegiatannya adalah melakukan penagihan atau pembelian, atau pengambilalihan atau pengelolaan utang piutang suatu perusahaan dengan imbalan atau pembayaran tertentu.

Analisis CAMELS meruapakan penilaian untuk menentukan kondisi kesehatan suatu bank, analisis ini terdiri dari aspek capital, assets, management, earning, liquidity, dan sesitivity.

Bank adalah badah usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.

Bank syariah merupakan bank yang pelaksanaan  kegiatan perbankannya berdasarkan prinsip syariah (Islam).

Bunga bank, dpat diartikan sebagai harga atau balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.

Bank card (kartu kredit), atau uang plastik merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank yang dapat dibelanjakan diberbagai tempat perbelanjaan atau tempat-tempat hiburan atau digunakan untuk mengambil uang tunai di ATM-ATM yang tersebar di berbagai tempat yang strategis.

Bank Devisa, merupakan bank yang dapat melaksanakan transaksi keluar negeri atau yang berhubungan dengan mata uang asing secara keseluruhan.

Bank draft, merupakan wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini dapat dipejualbelikan apabila nasabah membutuhkannya.

Bank garansi, merupakan jaminan yang diberikan bank kepada nasabah dalam rangka membiayai suatu usaha, misalnya untuk keperluan ikut tender.

Bank Indonesia, adalah bank yang berfungsi sebagai bank sentral dan mempunyai tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa serta mengatur dan mengawasi bank.

Bank notes, merupakan jasa penukaran (jual beli) mata uang kertas (valuta asing). Dalam jual beli bank notes, bank menggunakan kurs (nilai tukar rupiah dengan mata uang asing).

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang khusus melayani masyarakat kecil di kecamatan atau pedesaan baik yang berdasarkan prinsip secara konvesional atau berdasarkan prinsip syariah.

Bank umum, adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan/atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Bank Milik Asing merupakan bank yang kepemilikannya 100% oleh pihak asing (luar negeri) di Indonesia.

Bank Milik Campuran, merupakan bank yang sahamnya dimiliki oleh dua belah pihak yaitu di dalam negeri dan di luar negeri dan pemilik dalam negeri harus mayoritas.

Bank milik koperasi, merupaka bank yang kepemilikan saham-sahamnya dimiliki oleh perusahaan yang berbadan hukum koperasi.

Bank Milik Pemerintah, merupakan bank yang akte pendirian maupun modal bank ini sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, sehingga seluruh keuntungan bank ini dimiliki oleh pemerintah pula.

Bank Milik Swasta Nasional merupakan bank yang seluruh atau sebagian besar sahamnya dimiliki oleh  swasta nasional.

Bank non Devisa, merupakan bank yang belum mempunyai izin untuk melaksanakan transaksi sebagai bank devisa, sehingga tidak dapat melaksanakan transaski seperti halnya bank devisa.

Bank yang berdasarkan prinsip konvensional (Barat) adalah bank yang dalam mencari keuntungan dan menentukan harga kepada para nasabahnya berdasarkan bunga.

Bilyet Giro (BG), merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening nasabah tersebut untuk memindabukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak yang disebutkan penerima yang disebutkan namanya pada bank yang sama atau pihak lain.

Black list, yaitu daftar hitam yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia apabila nasabah menarik cek kosong sebanyak 3 kali berturut-turut.

Call Money, merupakan pinjaman yang diberikan kepada bank-bank yang kalah kliring yang bersifat jangka pendek atau disebut pinjaman antarbank.

daftar istilah keuangan penting


Cek, merupakan surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening bank nasabah tersebut untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan di dalam cek atau kepada si pembawa cek.

Cost of Fund, merupakan rasio mengukur besarnya biaya yang dikeluarkan untuk sejumlah deposit yang ada di bank tersebut.

Captive Lessor merupakan produsen atau supplier mendirikan perusahaan leasing dan yang mereka leasekan adalah barang-barang milik mereka, yang  bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga mengurangi penumpukan barang di gudang.

Debitur, adalah nasabah yang memperoleh pinjaman (kredit) dari bank.

Dana pensiun, adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan perogram yang menjanjikan manfaat pensiun.

Deposito, merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada wakt tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Fee based merupakan keuntungan yang diperoleh bank dari biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah, seperti biaya administrasi, biaya kirim, biaya tagih, dan biaya lainnya.

Flate rate, adalah perhitungan suku bunga yang tetap setiap periode yang besar angsurannya sama (tetap).

Floating rate, adalah perhitungan suku bunga yang besarnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan suku bunga pada bulan yang bersangkutan.

Funding, merupakan kegiatan mencari atau memperoleh dana dari masyarakat luas dalam bentuk simpanan, giro, tabungan , dan deposito.

Fungsi Bank Indonesia (BI) sebagai bank sirkulasi adalah mengatur peredaran keuangan suatu negara.

Fungsi BI sebagai Bank to Bank adalah menagtur kegiatan perbankan di suatu negara.

Fungsi BI sebagai Lender of the Last Resort adalah sebagai tempat peminjaman yang terakhir.

Giro, adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan.

Ijarah, pembiyaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan.

Ijarah wa iqtina, pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni dengan pilihan pemindahan kepemilikan barang yang disewa.

Inkaso (Collection), merupakan penagihan warkat-warkat (surat-surat berharga seperti cek, bilyet giro, wesel) yang berasal dari luar kota atau luar negeri.

Independent leasing, merupakan perusahaan leasing yang berdiri sendiri dan dapat sekaligus sebagai supplier atau membeli barang-barang modal dari supplier lain untuk dileasekan.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar istilah keuangan yang penting untuk kita ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.  

loading...
Blog, Updated at: 20.32

0 komentar:

Posting Komentar