Daftar Istilah Penting Keuangan dari K-U

Posted by Ensikloblogia on Senin, 11 April 2016

loading...

Pada kesempatan ini akan diberikan daftar istilah keuangan penting dari K-U agar kita tidak bingung ketika mendengar istilah-istilah keuangan ini nantinya. Berikut ini adalah istilah penting di bidang keuangan yang perlu kita pahami.

Kegiatan menghimpun dana, merupakan kegiatan membeli dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Kegiatan ini dikenal juga dengan istilah funding.

Kiriman uang (transfer), merupakan jasa pengiriman uang lewat bank. Pengiriman uang dapat dilakukan pada bank yang sama atau bank yang berlainan.

Kliring (Clearing), merupakan penagihan warkat (surat-surat berharga seperti cek, bilyet giro) yang berasal dari dalam satu kota.

Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan uang yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

Kreditor, adalah lembaga keuangab (bank) yang menyediakan dana atau menyalurkan dana bagi pihak debitur (ketiga).

Kredit investasi, merupakan kredit yang diberikan kepada pengusaha yang digunakan untuk kegiatan investasi dan penanaman modal. Biasanya kredit jenis ini memiliki jangka waktu yang relatif panjang yaitu di atas satu tahun.

Kredit konsumtif, merupakan kredit yang digunakan untuk keperluan pribadi, misalnya keperluan konsumsi, baik pangan, sandang, maupun papan.

Kredit liquiditas, merupakan kredit yang diberikan Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditasnya.

Kredit modal kerja, merupakan kredit yang digunakan sebagai modal usaha. Biasanya kredit jenis ini berjangka waktu pendek yaitu tidak lebih dari satu tahun.

Kredit perdagangan, merupakan kredit yang diberikan kepada para pedagang dalam rangka memperlancar atau memperluas atau memperbesar kegiatan perdagangannya.

Kredit produktif, merupakan kredit yang dapat berupa investasi, modal kerja atau perdagangan. Dalam arti kredit ini diberikan untuk diusahakan kembali sehingga pengembalian kredit diharapkan dari hasil usaha yang dibiayai.

Koperasi simpan pinjam, merupakan koperasi yang menghimpun dana dari para anggotanya, kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada para anggota koperasi dan masyarakat umum.

Konsolidasi, adalah penggabungan dua bank atau lebih dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan  bank tersebut tanpa melikuidasi terlebih dahulu.

Kredit profesi, merupakan kredit yang diberikan kepada para kalangan profesional seperti dosen, dokter, atau pengacara.

Koperasi, adalah suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai tujuan atau kepentingan bersama.

Lembaga keuangan, adalah setiap perusahaan yang bergerak di bidang keuangan di mana kegiatannya apakah hanya menghimpun dana atau hanya menyalurkan dana atau kedua-duanya menghimpun dan menyalurkan dana.

Lending, merupakan kegiatan bank dalam menjual dana (menyalurkan dana) atau memberi pinjaman kepada masyarakat dari dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat.

Letter of Credit (L/C), merupakan surat kredit yang diberikan kepada para ekportir dan importir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi-transaksi ekspor-impor yang mereka lakukan.

Liquidity risk, merupakan rasio untuk mengukur risiko yang akan dihadapi bank apabila gagal untuk memenuhi kewajiban terhadap para deposannya dengan harta liquid yang dimilikinya.

Lessor, merupakan perusahaan yang membiayai keinginan para nasabahnya untuk memperoleh barang-barang modal.

Lessee adalah nasabah yang mengajukan permohonan leasing kepada lessor untuk memperoleh barang modal yang diinginkan.

Lease broker, perusahaan jenis ini kerjanya hanyalah memertemukan keinginan lessee untuk memperoleh barang modal kepada pihak lessor untuk dileasekan, dengan kata lain sebagai perantara antara lessee dan lessor.

istilah keuangan umum


Menghimpun dana, merupakan kegiatan mencari atau memperoleh dana dari dalam bentuk simpanan, giro, tabungan, dan deposito.

Menyalurkan dana, merupakan kegiatan bank dalam menjual dana atau memberi pinjaman dari dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat.

Merger, adalah penggabungan dua bank atau lebih dengan cara tetap mempertahankan salah satu bank dan membubarkan bank lainnya tanpa melikuidasi terlebih dahulu.

Money Changer, merupakan pedagang mata uang asing atau tempat penukaran mata uang asing (valuta asing).

Mudharabah, merupakan pembiayaan yang berdasarkan prinsip bagi hasil oleh bank syariah.

Murababah, pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal oleh bank syariah.

Musharakah, merupakan prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan oleh bank syariah.

Negatif spread, artinya di mana bunga simpanan lebih besar dari pada bunga pinjaman sehingga bank  mengalami kerugian.

Pasar modal, merupakan pasar tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pencari dana (emiten) dengan para penanam modal (investor) dalam jangka panjang.

Pasar uang (money market), merupakan pasar yang menjual surat-surat berharga jangka pendek.

Perusahaan pegadaian, merupakan lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu.

Perusahaan asuransi, merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pertanggungan.

Perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan.

Pembiayaan, adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut  setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan bagi hasil.

Sliding rate, adalah perhitungan suku bunga yang dilakukan dengan mengalikan presentase suku bunga per periode dengan sisa pinjaman.

Spread based merupakan keuntungan yang diperoleh bank dari selisih antara harga jual (bunga kredit) dan harga beli (bunga simpanan).

Sewa guna usaha (leasing), merupakan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembiayaan barang 
modal, baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (finance lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh lease selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembiayaan secara berkala.

Specimen, adalah contoh tanda tangan nasabah atau stempel perusahaan.

Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang telah disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, biyet giro atau alat lainnya yang dapat dipersamakan dengan itu.

Travellers Cheque (Cek Wisata), merupakan cek perjalanan yang biasa digunakan oleh turis atau wisatawan. Cek wisata dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di berbagai tempat perbelanjaan atau  hiburan seperti hotel atau supermarket.

Uang, adalah sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai alat pembayaran dalam suatu wilayah tertentu atau sebagai alat pembayaran utang atau sebagai alat untuk melakukan pemberian barang dan jasa.

Usaha gadai, adalah kegiatan meminjamkan barang-barang berharga kepada pihak tertentu, guna memperoleh sejumlah uang dan barang yang dijaminkan akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian antara nasabah dan lembaga gadai.

Demikianlah penjelasa mengenai istilah-istilah penting dalam bidang keuangan yang harus kita ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat.   

loading...
Blog, Updated at: 20.38

0 komentar:

Posting Komentar