Keuntungan Anjak Piutang serta Jasa-Jasa dan Biaya yang Diberikan Perusahaan Anjak Piutang

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 17 April 2016

Loading...

Keuntungan anjak piutang


Keterlibatan berbagai pihak dalam kegiatan anjak piutang akan memberikan atau memperoleh keuntungan bagi masing-masing pihak yang terlibat, baik perusahaan anjak piutang, kreditur, maupun debitur. Berikut ini adalah beberapa keuntungan anjak piutang.

Keuntungan anjak piutang bagi perusahaan anjak piutang antara lain :
  1. Memperoleh keuntungan berupa fee dan biaya administrasi.
  2. Membantu menyelesaikan pertikaian di antara kreditor dan debitur.
  3. Membantu manajemen pihak kreditor dalam penyelenggaraan kredit.

Keuntungan anjak piutang bagi kreditor (klien) antara lain :
  1. Mengurangi risiko kerugian dengan tertagihnya piutangnya.
  2. Memperbaiki sistem administrasi yang semerawut.
  3. Memperlancar kegiatan usaha.
  4. Dengan ditagihnya piutang oleh perusahaan anjak piutang, kreditor dapat berkonsentrasi ke usaha lainnya.

Keuntungan anjak piutang bagi debitur adalah memberikan motivasi kepada debitur untuk segera membayar utangnya secepatnya, karena adanya rasa malu sehingga debitur berusaha sekuat tenaga untuk segera membayar utangnya dengan berbagai cara.


Jasa-jasa dan biaya yang diberikan perusahaan anjak piutang


Keuntungan Anjak Piutang serta Jasa-Jasa dan Biaya yang Diberikan Perusahaan Anjak Piutang


Sama seperti halnya perusahaan keuangan lainnya, perusahaan anjak piutang juga memiliki berbagai ragam produk atau jasa yang ditawarkan kepada para nasabahnya. Kelengkapan produk atau jasa yang ditawarkan sangat tergantung kepada kemampuan perusahaan anjak piutang masing-masing.

Dalam kegiatan sehari-harinya secara umum perusahaan anjak piutang mempunyai dua macam jasa yang dapat ditawarkan kepada masyarakat. Adapun jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan anjak piutang adalah sebagai berikut :


1. Jasa pembiayaan (financing service)

Dalam hal jasa pembiayaan, perusahaan anjak piutang melakukan pembayaran di muka (prefinancing) kepada kreditor yang besarnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Kontrak dalam perjanjian dapat dibuat berdasarkan withrecourse atau dengan without recourse. Dalam hal ini besarnya pembiayaan yang dilakukan sekitar 60-80% dari total piutang setelah dilakukan kontrak dan penyerahan bukti-bukti penjualan.


2. Jasa non pembiayaan (non financing service)

Dalam jasa non pembiayaan kegiatan yang dilakukan meliputi pemberian jasa pengelolaan administrasi kredit. Biasaya kegiatan jasa ini meliputi :
  1. Analisis kelayakan suatu kredit.
  2. Melakukan administrasi kredit.
  3. Pengawasan terhadap kredit termasuk pengendaliannya.
  4. Perlindungan terhadap risiko suatu kredit.

Kemudian berkaitan dengan jasa-jasa yang diberikan pihak anjak piutang juga akan membebankan sejumlah biaya kepada kreditor seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam praktiknya paling tidak ada dua jenis biaya yang dibebankan kepada kliennya akibat dari pembiayaan yang dilakukan perusahaan anjak piutang, yaitu fee dan biaya administrasi terhadap pembiayaan tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan anjak piutang serta jasa-jasa dan biaya yang diberikan perusahaan anjak piutang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 

Loading...
Blog, Updated at: 21.12

0 komentar:

Posting Komentar