Pengertian dan Macam-Macam Lembaga Keuangan Bank

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 07 April 2016

loading...

Pengertian lembaga keuangan bank


Dalam dunia bisnis, lembaga keuangan adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan yang memegang peranan sangat penting dalam memenuhi kebutuhan akan dana. Hal ini disebabkan karena perusahaan keuangan memang bidang utama usahanya adalah menyediakan fasilitas pembiayaan dana bagi perusahaan lainnya dan hampir tidak ada bidang usaha yang tidak memerlukan dana.

Dalam dunia bisnis, dana merupakan masalah pokok yang selalu ada dan muncul di setiap usaha, baik itu bisnis skala kecil maupun bisnis berskala besar. Entah bisnis itu adalah bisnis yang bersifat nasional maupun internasional.

Untuk memenuhi kebutuhan akan dana itu, maka perusahaan-perusahaan dan bisnis-bisnis kecil membutuhkan dana dan mencari dana tersebut dari lembaga keuangan.

Oleh karena itu, pengertian lembaga keuangan, peran lembaga keuangan dan macam-macam lembaga keuangan wajib kita ketahui fungsinya jika ingin membangun dan mengembangkan sebuah bisnis.
Pengertian lembaga keuangan secara umum adalah setiap perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, menghimpun dana, dan menyalurkan dana atau kedua-duanya. Artinya, kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan selalu berkaitan dengan bidang keuangan, apakah kegiatannya hanya menghimpun dana atau hanya menyalurkan dana atau kedua-duanya, yaitu menyalurkan dana dan menghimpun dana.

Dalam praktiknya, lembaga keuangan digolongkan dalam dua golongan besar, yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank atau lembaga keuangan lainnya atau juga dikenal dengan nama lembaga keuangan non bank.

Pada kesempatan ini, akan dijelaskan mengenai lembaga keuangan bank saja.

Pengertian lembaga keuangan bank atau kita sebut saja bank merupakan lembaga keuangan yang memberikan jasa keuangan paling lengkap. Usaha keuangan yang dilakukan bank disamping menyalurkan dana atau memberikan pinjaman (kredit) juga melakukan suatu usaha menghimpun dana dari masyarakat luas dalam bentuk simpanan. Kemudian usaha bank lainnya dengan memberikan jasa-jasa keuangan yang mendukung dan memperlancar kegiatan memberikan pinjaman dengan kegiatan menghimpun dana.

Sebaliknya, lembaga keuangan lainnya atau lembaga pembiayaan lebih fokus kepada salah satu bidang saja apakah penyaluran dana atau menghimpun dana walaupun ada juga lembaga pembiayaan yang melakukan keduanya. Kemudian, masing-masing lembaga keuangan lainnya dalam menghimpun atau menyalurkan dana mempunyai cara-cara tersendiri. Keunggulan kelompok lembaga keuangan bank adalah memberikan pelayanan keuangan yang paling lengkap dibandingkan lembaga lembaga keuangan yang ada.

pengertian dan macam-macam lembaga keuangan bank


Macam-macam lembaga keuangan bank


Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal 3 macam lembaga keuangan bank, yaitu Bank Sentral, Bank Umum dan Bank Perreditan Rakyat.

Di Indonesia, peran sebagai Bank Sentral dilaksanakan oleh Bank Indonesia dan memegang fungsi sebagai bank sirkulasi, bank to bank dan lender of the last resort. Biasanya pelayanan yang diberikan oleh bank Indonesia banyak kepada pihak pemerintah dan dunia perbankan. Dengan kata lain, nasabah Bank Indonesia dalam hal ini kebanyakan adalah lembaga perbankan.

Tujuan utama Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Bank Sentral mempunyai tugas untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem devisa serta mengatur dan mengawasi bank.

Bank umum merupakan bank yang bertugas melayani seluruh jasa-jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik masyarakat perorangan maupun lembaga-lembaga lainnya. Bank umum juga dikenal dengan nama bank komersil dan dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu bank umum devisa dan bank umum nondevisa.

Bank umum yang bersatus devisa memiliki produk yang lebih luas  daripada bank yang bersatus nondevisa, antara lain dapat melaksanakan  jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing atau jasa bank keluar negeri.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang khusus melayani masyarakat kecil di kecamatan dan pedesaan. Bank Perkreditan Rakyat berasal dari Bank Desa, Bank Pasar, Lumbung Desa, Bank Pegawai, dan bank lainnya yang kemudian dilebur menjadi Bank Perkreditan Rakyat.
Jenis produk yang ditawarkan oleh Bank Perkreditan Rakyat relatif lebih sempit jika dibandingkan dengan bank umum, bahkan ada beberapa jenis jasa bank yang tidak boleh diselenggarakan oleh Bank Perkreditan Rakyat, seperti pembukaan rekening giro da ikut kliring.

loading...
Blog, Updated at: 20.07

0 komentar:

Posting Komentar