Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Senin, 04 April 2016

loading...

Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian ilmu menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa pengertian ilmu menurut ahli.

Menurut Prajudi, ilmu harus ada objeknya, terminologinya yang khas, metodologinya yang khas, filosofinya yang khas, dan teorinya yang khas. Sedangkan menurut Nawawi, ilmu juga harus memiliki objek, metode, sistematika, dan mesti bersifat universal.

Pengertian ilmu menurut Sondang P. Siagian, ilmu pengetahuan dapat didefinisikan sebagai suatu objek ilmiah yang memiliki sekelompok prinsip, dalil, rumus,  yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali, telah teruji kebenarannya, prinsip-prinsip, dalil-dalil, dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan dipelajari.

Pengertian ilmu menurut Sutrisno, ilmu pengetahuan sebenarnya tidak lain adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara harmois dalam suatu bangunan yang teratur.

Soerjono Soekanto menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran; pengetahuan mana yang selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya. 

Perumusan tadi sebetulnya jauh dari sempurna, akan tetapi yang terpenting adalah bahwa perumusan tersebut telah mencakup beberapa unsur yang pokok. Unsur-unsur (elements) yang merupakan bagian-bagian yang tergabung dalam suatu kebulatan adalah :
  1. Pengetahuan
  2. Tersusun secara sistematis
  3. Menggunakan pemikiran
  4. Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain dan umum

Definisi ilmu menurut Muhammad Hatta, tiap-tiap ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun bangunnya dari dalam.

Definisi ilmu menurut van Poelje, ilmu adalah tiap kesatuan pengetahuan, di mana masing-masing bagian bergantungan satu sama lain yang teratur secara pasti menurut asas-asas tertentu.

Arti ilmu menurut The Liang Gie, ilmu sebagai sekelompok pengetahuan teratur yang membahas sesuatu sasaran tertentu dengan pemusatan perhatian kepada satu atau segolongan masalah yang terdapat pada sasaran itu untuk memperoleh keterangan-keterangan yang mengandung kebenaran.

Menurut S. Abu Bakar, ilmu adalah suatu pendapat atau buah pikiran yang ilmiah,  yaitu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

Namun demikian, Fred N. Kerlinger masih mempertanyakan, apakah arti suatu ilmu (what is science). Bagi beliau, ilmu merupakan pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab, karena tidak hanya cukup dengan menyuguhkan pendefinisian. Begitu kita membicarakan berbagai ilmu, lalu kita hanya menerangkan fungsi dari ilmu itu sendiri.

Selanjutnya, Kerlinger mengutip pendapat Conant yang mengatakan bahwa, dalam dunia ilmu pengetahuan itu sendiri ada dua pandangan terhadap ilmu, yaitu pandangan statis dan pandangan dinamis.

The static view, the views that seems to influence most laymen and student. Is that science is an activity  that contributes systematized information on the world.
The dynamic view on the other hand, regards science more than activity, what science do. The present state of knowledge is important of course. But it is important mainly because its a base for further science theory and research.

Jadi, dari berbagai pengertian ilmu di atas terlihat bahwa ilmu pengetahuan itu konkret, sehingga dapat diamati, dipelajari dan diajarkan serta teruji kebenarannya, teratur, bersifat khas atau khusus dalam arti mempunyai metodologi, objek, sistematika, dan teori tersendiri.


pengertian ilmu menurut para ahli



Terlepas dari adanya seni dan moral dalam keluarga besar pengetahuan tersebut, maka ilmu sebagai bagian khusus dapat pula dibagi menjadi dua cabang. Adapun cabang-cabang ilmu pengetahuan antara lain adalah :

Ilmu-ilmu sosial yang terdiri dari :

Ilmu filsafat
Ilmu pemerintahan
Ilmu politik
Ilmu administrasi
Ilmu hukum
Ilmu negara
Ilmu ekonomi
Ilmu jiwa
Ilmu keparwisataan
Ilmu sejarah
Ilmu komunikasi
Ilmu akuntansi
Ilmu manajemen
Ilmu kepustakaan
Ilmu antropologi
Dan lain-lain


Ilmu-ilmu eksakta antara lain :

Ilmu teknik
Ilmu kedokteran
Ilmu alam
Ilmu aljabar
Ilmu ukur
Ilmu pesawat
Ilmu hewan
Imu tumbuh-tumbuhan
Ilmu kimia
Ilmu tanah
Ilmu komputer
Ilmu farmasi
Almu agronomi
Ilmu geografi
Ilmu statistik
Dan lain-lain

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ilmu menurut para ahli. Semoga tulisan ini bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 00.44

0 komentar:

Posting Komentar