Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 05 April 2016

loading...

Pengertian nilai dalam ilmu sosiologi mengandung makna yang sangat luas. Nilai (value) dalam konteks sosiologi, berhubungan dengan pernyataan bagaimana dan mengapa suatu kondisi dapat terjadi di dalam masyarakat. Untuk membahas lebih lanjut mengenai definisi nilai, maka kita perlu melihat beberapa pengertian nilai menurut para ahli.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, nilai didefinisikan sebagai kadar, mutu, atau sifat yang penting dan berguna bagi kemanusiaan. Sementara itu, nilai budaya dan nilai sosial didefinisikan sebagai konsep abstrak mengenai masalah dasar yang penting dalam kehidupan manusia. Dari definisi ini dapat kita simpulkan bahwa nilai merujuk pada sesuatu yang sangat penting dan berguna bagi kemanusiaan.

Dalam sosiologi, nilai didefinisikan sebagai konsepsi (pemikiran) abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Contohnya, orang menganggap bahwa perbuatan menolong bernilai baik dan perbuatan mencuri bernilai buruk.

Dengan demikian, perbuatan saling menolong merupakan sesuatu yang bernilai dalam kehidupan masyarakat. Bernilai dalam kehidupan masyarakat inilah yang disebut nilai sosial. Bagaimana pendapat para ahli mengenai pengertian nilai sosial ini ?

Soerjono Soekanto mendefiniskan nilai sebagai konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Dengan demikian, pengertian nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat.

Pengertian nilai menurut Kimball Young, nilai sosial sebagai unsur-unsur yang abstrak yang sering tidak disadari tentang benar dan pentingnya.

A.W. Green merumuskan nilai sosial sebagai kesadaran yang berlangsung secara relatif, disertai emosi terhadap objek dan ide orang perorangan.

Woods mengatakan bahwa nilai sosial adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Simanjuntak merumuskan nilai sebagai ide-ide masyarakat tentang sesuatu yang baik.

Pengertian nilai menurut Robert M.Z. Lawang adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, pantas, berharga, dan mempengaruhi perilaku sosial orang-orang yang memiliki nilai tersebut.

C. Kluckholn menilai bahwa semua nilai kebudayaan pada dasarnya mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1. mengenai hakikat hidup manusia, contohnya ada manusia yang menganggap bahwa hidup itu indah.
  2. nilai mengenai hakikat karya manusia, contohnya ada manusia yang beranggapan bahwa manusia berkarya demi harga diri.
  3. nilai mengenai hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu. Misalnya, ada manusia yang berorientasi pada masa lalu dan masa depan.
  4. nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan alam.
  5. nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan sesamanya. Misalnya, ada manusia yang berorientasi pada individualisme.

Penetuan tentang baik dan buruk atau benar atau salah, dilakukan melalui proses menimbang. Proses penimbangan tersebut tentu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut masyarakat yang bersangkutan. Dengan demikian, tidak heran jika ada banyak perbedaan  tata nilai antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. 

Sebagai contoh, masyarakat di daerah pedesaan lebih menghargai kegiatan yang mengandung keselarasan, keharmonisan, kestabilan, dan kesabaran. Sementara itu, masyarakat kota lebih menghargai  kegiatan yang mengandung nilai persaingan, perubahan, tantangan, bahkan konflik.

Perbedaan nilai ini juga dapat kita lihat pada konteks keyakinan atau agama, lingkungan sosial, dan lingkungan fisik (tempat). Contoh perubahan tata nilai yang disebabkan perubahan tempat adalah perbedaan antara sistem patrilineal dalam masyarakat Batak berbeda dengan masyarakat Minang yang menggunakan sistem matrilineal.

Selain perbedaan tempat, perbedaan waktu juga menentukan perbedaan tata nilai. Misalnya peran perempuan di masa lalu berbeda dengan peran perempuan di masa kini. Pada masa lalu perempuan terbatas hanya pada pekerjaan dapur dan urusan rumah tangga saja.  Kini perempuan sudah bisa berkarir dan mendapatkan kesempatan yang sama dengan pria.


pengertian nilai menurut ahli


Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian nilai menurut para ahli. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 01.35

0 komentar:

Posting Komentar