Pengertian Pasar Modal dan Instrumen Pasar Modal

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 26 April 2016

Loading...

Pengertian pasar modal


Sebelum mengetahui mengenai pengertian pasar modal, maka terlebih dahulu kita harus tahu apa pengertian pasar. Pengertian pasar dalam arti sempit adalah tempat para penjual dan pembeli melakukan transaksi. Artinya pembeli dan penjual bertemu langsung dan melakukan transaksi di pasar.

Pengertian pasar dalam arti luas adalah tempat melakukan transaksi antara penjual dan pembeli , di mana penjual dan pembeli tidak harur bertemu dalam satu tempat atau bertemu langsung, tetapi dapat melakukan transaksi jual beli dengan sarana informasi yang ada seperti sarana elektronika.

Pengertian pasar modal secara umum merupakan suatu tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. Penjual dalam pasar modal merupakan perusahaan yang membutuhkan modal (emiten), sehingga mereka berusaha untuk menjual efek-efek di pasar modal.

Sedangkan pembeli (investor) adalah pihak yang ingin membeli modal di perusahaan yang menurut mereka menguntungkan. Pasar modal dikenal dengan nama bursa efek dan di Indonesia dewasa ini ada dua buah bursa efek, yaitu bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya.

Dalam transaksi di pasar modal investor dapat langsung meneliti dan menganalisis keuntungan masing-masing perusahaan yang menawarkan modal. Begitu mereka anggap menguntungkan dapat langsung membeli  dan menjualnya kembali pada saat harga naik dalam pasar yang sama. Jadi dalam hal ini investor dapat pula menjadi penjual kepada para investor lainnya.

Modal yang diperdagangkan dalam pasar modal merupakan modal jangka panjang. Oleh karena itu, sangat menguntungkan bagi emiten mengingat masa pengembaliannya relatif panjang, baik yang bersifat kepemilikan maupun yang bersifat utang. 

Khusus untuk modal yang bersifat kepemilikan jangka waktunya lebih panjang jika dibandingkan dengan yang bersifat utang. Modal yang bersifat kepemilikan jangka waktunya sampai perusahaan dibubarkan. Namun, bagi pemilik saham dapat pula menjualnya kepada pihak lain, apabila membutuhkan dana atau sudah tidak ingin lagi menjadi pemegang saham di perusahaan yang bersangkutan.

Sedangkan bagi modal yang bersifat utang, jangka waktunya relatif terbatas, dalam waktu tertentu dan dapat pula dialihkan ke pemilik lain jika memang sudah tidak dibutuhkan lagi sebagaimana halnya modal yang bersiifat kepemilikan.


Pengertian Pasar Modal dan Instrumen Pasar Modal


Instrumen pasar modal


Dalam melakukan transaksi di pasar, biasanya ada barang dan jasa yang diperjualbelikan. Begitu pula dalam pasar modal, barang yang diperjualbelikan di pasar modal disebut dengan instrumen pasar modal.

Instrumen pasar modal yang diperdagangkan berbentuk surat-surat berharga yang dapat diperjualbelikan kembali oleh pemiliknya, baik instrumen pasar modal bersifat kepemilikan atau bersifat utang. Instrumen pasar modal dalam bentuk kepemilikan diwujudkan dalam bentuk saham, sedangkan instrumen pasar modal yang bersifat utang diwujudkan dalam bentuk obligasi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian pasar modal dan instrumen  pasar modal. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 22.04

0 komentar:

Posting Komentar