Pengertian Pasar Uang dan Tujuan Pasar Uang

Posted by Ensikloblogia on Senin, 25 April 2016

Loading...

Pengertian pasar uang 


Pasar uang atau money market di Indonesia masih tergolong baru jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, saat ini pasar uang sudah sangat berkembang, meskipun tidak seberkembang pasar modal.

Perbedaan mendasar antara pasar uang dan pasar modal adalah jangka waktu instrumen yang diperjualbelikan, tempat penjualannya, dan tujuan dari penjual dan pembeli dari kedua pasar tersebut.
Instrumen yang diperjualbelikan dalam pasar uang adalah surat berharga jangka pendek yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun, seperti commercial paper, call money, Sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang atau banker’s accepted. Di pasar modal, instrumen yang diperjualbelikan adalah surat-surat berharga jangka panjang seperti saham dan obligasi.

Dilihat dari segi pasar tempat diperjualbelikannya surat-surat berharga tersebut juga berbeda, misalnya dalam jual beli pasar modal para penjual dan pembeli dapat bertemu di satu tempat yang disebut bursa efek, sedangkan pasar uang pasarnya abstrak, artinya penjualan dan pembelian surat-surat tersebut tidak di dalam pasar tertentu, tetapi melalui sarana elektronik seperti telepon, faksimile atau telex. Dengan kata lain, di pasar uang dapat diperoleh antar kreditor dengan investor secara langsung di berbagai tempat.

Dalam pasar uang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan modal jangka pendek seperti untuk keperluan modal kerja, sedangkan dalam pasar modal lebih ditekankan pada tujuan investasi atau untuk ekspansi perusahaan. Bagi investor dengan membeli surat-surat berharga di pasar uang tujuannya adalah untuk mencari keuntungan semata dan di dalam pasar modal, selain untuk keuntungan juga untuk penguasaan perusahaan.

Para peserta dalam pasar uang adalah bank atau lembaga-lembaga keuangan yang membutuhkan dana dalam jangka pendek dan biasanya pembelian surat-surat berharga pasar uang hanya didasarkan pada kepercayaan semata, hal ini disebabkan karena surat-surat berharga di pasar uang biasanya tanpa jaminan tertentu. Oleh karena itu, faktor kepercayaan sangatlah dominan sebelum surat-surat tersebut dibelikan olehn investor di samping faktor-faktor lainnya.


Tujuan pasar uang


Seperti halnya pasar modal, dalam pasar uang terdapat dua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung. Masing-masing  pihak saling berkepentingan satu sama lainnya dan mempunyai tujuannya masing-masing pula.

Pihak-pihak yang terlibat dalam pasar uang antara lain :
  1. Pihak yang membutuhkan dana, dala hal ini baik bank maupun perusahaan non bank yang kebetulan membutuhkan dana yang segera harus dipenuhi untuk kepentingan tertentu.
  2. Pihak yang menanamkan dana, yaitu pihak yang menyediakan dana atau pihak yang menjual dana baik bank maupun perusahaan non bank dengan tujuan investasi di pasar uang.


Pengertian Pasar Uang dan Tujuan Pasar Uang


Bagi pihak yang memerlukan dana dan mencari dana tersebut di pasar uang terdapat beberapa tujuan. Tujuan ini tergantung dari kepentingan dan kebutuhan pencari dana. Paling tidak ada empat tujuan dalam menghimpun dana dari pasar uang, yaitu :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek, seperti membayar utang yang segera akan jatuh tempo.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, karena disebabkan kekurangan uang kas.
  3. Untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, yaitu membayar biaya-biaya, upah karyawan, gaji, pembelian bahan dan kebutuhan modal kerja lainnya.
  4. Sedang mengalami kalah kliring, hal ini terjadi di lembaga kliring dan harus segera dibayar.

Sedangkan tujuan bagi pihak yang bermaksud menanamkan dananya di pasar modal adalah :
  1. Untuk memperoleh penghasilan dengan tingkat suku bunga tertentu.
  2. Bermaksud membantu pihak yang benar-benar mengalami kesulitan keuangan.
  3. Spekulasi, dengan harapan akan memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat dan dalam kondisi ekonomi tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pasar uang dan tujuan pasar uang. Semoga bermanfaat.


Loading...
Blog, Updated at: 22.00

0 komentar:

Posting Komentar