Pengertian Pasar Valuta Asing / Valas (Foreign Exchange Market)

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 29 April 2016

loading...

Pengertian pasar valuta asing atau valas atau juga disebut dengan foreign exchange market merupakan pasar di mana transaksi valuta asing dilakukan baik antarnegara maupun dalam suatu negara.

Transaksi valas dapat dilakukan oleh suatu badan atau perusahaan atau secara perseorangan dengan berbagai tujuan. Dalam setiap kali melakukan transaksi valuta asing, maka digunakan kurs (nilai tukar). Nilai tukar ini dapat berubah-ubah sesuai kondisi  dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor ekonomi dan politik.

Pasar valuta asing yang terdapat di tiap negara dan dalam praktiknya dapat dijangkau oleh setiap negara dengan sarana telekomunikasi yang ada. Karena menyangkut banyak negara di seluruh dunia, maka transaksi yang dilakukan hampir tidak pernah tidur.

Sebagai contoh, ketika transaksi ditutup pada suatu daerah karena sudah larut malam, maka pada saat yang bersamaan di belahan bumi lain transaksi valas baru saja dibuka karena sudah pagi menjelang siang.  Demikian, transaksi valas selalu berputar.

Di Indonesia, Bank Indonesia juga menyelenggarakan bursa valas, di mana bank-bank devisa dapat melakukan transaksi valas dengan BI. Kurs ditentukan oleh Bank Indonesia setiap hari dan kurs selalu berubah-ubah. Transaksi valas antarbak devisa dapat pula dilakukan dalam bursa bebas, baik nasional maupun internasional.

Penjualan valuta asing oleh bank devisa dapat dilakukan oleh para dealer-dealer bank yang bersangkutan. Dealer merupakan petugas bank yang melakukan transaksi valas dan dalam melakukan pekerjaannya dilengkapi dengan berbagai alat atau sarana informasi yang canggih.

Tempat melaksanakan pekerjaan para dealer ini dilakukan dalam satu ruang tertentu di mana para dealer berkumpul yang disebut dengan dealing room. Ruangan ini tidak dapat dimasuki oleh sembarang orang, setiap kejadian atau perubahan kurs dapat dimonitor melalui layar televisi dan alat informasi lainnya, seperti jam dinding yang dilengkapi waktu setiap negara.

Dalam perdagangan valuta asing internasional hanya mata uang yang tergolong “convertible currencies” yang sering diperdagangkan, sedangkan yang tidak termasuk dalam golongan tersebut jarang diperdagangkan. Yang menentuka golongan convertible currencies adalah salah satunya volume perdagangan suatu negara baik secara kualitas maupun kuantitas di samping faktor lainnya.

Yang termasuk dalam convertible currencies antara lain Dolar Amerika, Dolar Singapura, Yen Jepang, Dolar Canada, Dolar Hongkong, Euro, Poundsterling Inggris, dan lain-lain.

Golongan mata uang kedua adalah mata uang yang tergolong lemah (soft currencies), seperti Peso Filipina, Rupee India, termasuk Rupiah Indonesia.

Di samping dapat dilakukan antarnegara, transaksi valas juga dapat dilakukan antarbank dengan nasabahnya seperti transaksi uang kertas asing (bank notes), travellers cheque, giro valas, transfer ke luar negeri atau kegiatan mata uang asing lainnya. dalam transaksi ini bank menggunakan kurs jual dan kurs beli di mana kurs penggunaan ini dilakukan sebagai berikut :
  • Kurs jual pada saat bank menjual dan nasabah membeli.
  • Kurs beli pada saat nasabah membeli dan bank menjual.


Khusus untuk uang kertas asing (bank notes) bank menggunakan kurs bank notes, sedangkan untuk valas lainnya bank menggunakan kurs devisa umum.


Pengertian Pasar Valuta Asing / Valas (Foreign Exchange Market)


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pasar valuta asing atau pasar valas atau foreign exchange market. Semoga tulisan ini bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 22.22

0 komentar:

Posting Komentar