Pengertian Seni dan Hubungannya dengan Ilmu Administrasi Publik

Posted by Ensikloblogia on Senin, 04 April 2016

Loading...

Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian seni. Pengertian seni di sini  bukanlah pengertian seni pada umumnya, melainkan pengertian seni dalam hubungannya dengan ilmu administrasi publik.

Menurut George R Terry, seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan karyanya.

Jadi, seni merupakan kemampuan dan kemahiran dari seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimiliki yang bersangkutan dalam tugas dan fungsinya sebagai seorang seniman.

Seni biasanya merupakan bakat alamiah yang dibawa sejak seseorag dilahirkan. Dengan demikian, seni merupakan karunia Allah SWT. Tetapi dapat pula seni yang diperoleh dari lingkungan seperti pendidikan, agama, pergaulan, pengalaman, dan budaya serta praktik-praktik sehari-hari suatu kelompok etnis.

Administrasi publik selain sebagai suatu ilmu, juga dapat dikatakan sebagai suatu seni, karena kita saksikan sendiri bagaimana seorang administrator publik mampu menyelenggarakan, menata, dan mengurur organisasinya tanpa keterpaksaan bawahannya kendati organisasi itu negara.

Selain itu, sebagai contoh, kita lihat bagaimana kemahiran dan kiat seorang administrator publik menyatukan suatu negara, misalnya Jerman, yang pada awalnya berbentuk kerajaan-kerajaan kecil yang kemudian mampun disatukan oleh Otto von Bismarck, dan bahkan di kemudian hari berkekuatan meletuskan perang dunia pertama.

Setelah kalah perang dan terpisah-pisah dalam Republik Weimar federal, namun tetap gampang dipersatukan kembali oleh Adolf Hitler bersama kekuatan sosial politik Nazi, sehingga berkekuatan untuk meletuskan Perang Dunia Kedua, walaupun pada akhirnya Jerman kalah dan terpecah menjadi dua dalam perbedaan ideologi Timur dan Barat yang jauh berbeda, sampai dibatasi dengan Tembok Berlin yang kokoh, namun tetap dapat bersatu kembali dan kini Jerman  menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Jadi, bagi bangsa Jerman yang bangga dengan suku bangsa Arianya inilah, seni adalah keahlian managerial, dalam mempersatukan bangsanya.

Secara etimologi, seni berasal dari kata Arts (bahasa Inggris) atau artes (bahasa Yunani) yang berarti kemahiran yang diperoleh seseorang dari bakat atau pengalaman.

Sebagaimana telah disampaikan pada uraian-uraian tersebut di muka, maka sebagai suatu seni administrasi, atau dikenal juga sebagai seni management, seperti seni membujuk (persuasif) dan seni mendorong (motivasi) pihak lain (baik bagi bawahan maupun bagi masyarakat/ warga setempat).

Dalam memotivasi orang lain kita harus mengetahui apa-apa yang menjadi kebutuhan (needs) setiap orang, apa yang dapat membuat seseorang itu puas atau membuat seseorang itu tidak puas.

Seseorang yang ingin memenuhi kebutuhannya terdorong untuk mengerjakan sesuatu. Maslow membagi kebutuhan dasar manusia atas lima kelompok kebutuhan, yaitu kebutuhan akan makan dan minum, seks, kebutuhan akan rasa aman baik moril maupun materiil, kebutuhan untuk bergaul, dan kebutuhan untuk dipuji serta untuk berprestasi.

Bila kebutuhan-kebutuhan tersebut menimbulkan kepuasan batin, sehingga bila tidak dapat dipenuhi akan menimbulkan ketidakpuasan. Yang dimaksud dengan ketidakpuasan karena tidak terpenuhinya kebutuhan yaitu kemiskinan, keterkekangan, keterhinaan, dan pengebirian ide atau pendapat untuk berkreasi.

Sebagai usaha untuk menghilangkan kekecewaan setiap orang cenderung bersedia mengajarkan penanggulangannya. Di sinilah administrator melayani penanggulangan berbagai kedala ataupun kebutuhan tersebut, agar warganya pada giliran berikutnya dapat dimotivasi untuk bekerja sesuai anjuran sang adminitrator.

Maka itu, sebagai inti administrasi dikenal istilah management. Selanjunya, inti dari management ini adalah kepemimpinan.

pengertian seni dan hubungannya dengan ilmu administrasi publik


Dengan demikian, pendapat yang mengatakan bahwa ilmu adminitrasi adalah suatu seni, dapat ditolelir karena maksudnya adalah seni vokal (bagaimana kemampuan menggerakkan orang-orang dalam kharismatis retorika, adminitrator, dan kekuasaan kepemimpinan), atau seni sastra (bagaimana kemampuan menciptakan, mengkarsakan, dan merasakan surat-surat keputusan yang berpengaruh, atau juga bagaimana kemampuan mendalangi bawahan serta lakon yang harus dimiliki sang administrator sebagai manajer).

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni dan hubungannya dengan administrasi publik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 01.15

0 komentar:

Posting Komentar