Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 01 April 2016

Loading...

Apa pengertian sistem itu ? walapun tidak semua sistem berangkat dari ilmu, seperti sistem mata pencaharian, sistem peredaran darah, dan lain-lain, namun sebagian besar ilmu diterapkan menjadi sistem pada berbagai dimensi ruang dan waktu. Misalnya sistem administrasi publik di Indonesia, sistem politik di Malaysia. Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian sistem menurut para ahli

Biasanya sistem diartikan orang sebagai suatu rangkaian susunan berkesinambungan yang saling terkait, teratur dan menyeluruh (global). Atau dapat juga diartikan sebagai rangkaian-rangkaian kenyataan, prinsip-prinsip, peraturan-peraturan, mulai dari perencanaannya, tata caranya, jalan 
pelaksanaan pekerjaannya sampai pada fungsinya.

Pengartian sistem menurut Almond dan Powell dapat dilihat sebagai berikut :

A system implies the interpendence of parts, and a boundary between it and its environment. By interdependence we mean that  when the characteristics of one part in a system change, all the other parts and the system as whole as affected.

Jadi, menurut Almond dan Powell ini suatu sistem memperlihatkan hubungan antar bagian dan pembatasan antar bagian tersebut dengan lingkungannya. Dalam hubungan ini kita dapat mengartikan bahwa ketika sifat yang khas dari suatu bagian sistem itu berubah, maka masing-masing bagian maupun keseluruhan bagian lain menjadi ikut terpengaruh.

Pengertian sistem menurut Pamudji adalah :
  1. Suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisasi, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal  bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau utuh.
  2. Suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh, di mana di dalamnya terdapat komponen-komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tersendiri yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu sama lain menurut pola, tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Pengertian sistem menurut Pamudji adalah suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang berhubungan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dari suatu usaha atau urusan.

Menurut W.J. S Poerwadarminta, sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud. Apabila salah satu bagian rusak atau tidak dapat menjalankan tugasnya, maka maksud yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi, atau setidaknya sistem yang telah terwujud akan mendapat gangguan.

Definisi sistem menurut Musanef adalah :
  1. Sistem adalah suatu sarana yang menguasai keadaan dan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat teratur.
  2. Suatu tatanan dari hal-hal yang paling berkaitan dan berhubungan sehingga membentuk suatu kesatuan atau satu keseluruhan.

Jadi, sistem adalah kesatuan yang utuh dari suatu rangkaian, yang kait mengait satu sama lain. Bagian atau anak cabang dari suatu sistem, menjadi induk suatu rangkaian sistem selanjutnya. Begitulah seterusnya sampai pada bagian yang terkecil, rusaknya salah satu bagian akan mengganggu kestabilan, sistem administrasi publik Republik Indonesia adalah salah satu contoh sistem administrasi, dan anak cabangnya adalah sistem administrasi daerah, kemudian seterusnya sistem administrasi desa dan kelurahan.


pengertian sistem menurut ahli


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sistem menurut para ahli. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 01.28

0 komentar:

Posting Komentar