Jenis-Jenis Transaksi Valuta Asing (Valas)

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 10 Mei 2016

Loading...

Dalam jual beli antara bank dengan nasabah seperti bank notes, travellers cheque, rekening giro valas atau deposito valas yang penyerahannya dapat dilakukan pada saat transaksi dilakukan, namun untuk transaksi valas yang dilakukan dalam perdagangan internasional tidak selamanya penyerahan dapat dilakukan pada saat transaksi, mengingat jarak yang relatif jauh, perbedaan waktu serta volume transaksi yang besar, walaupun transaksi ditutup secara tunai (spot). Oleh karena itu, ada 3 macam jenis transaksi valas atau valuta asing yang dapat dilakukan, yaitu :
  1. Transaksi tunai (spot transaction)
  2. Transaksi tunggak (forward transaction)
  3. Transaksi barter (swap transaction)

Berikut ini adalah pembahasan mengenai jenis-jenis transaksi valuta asing (valas) yang sering terjadi.


Transaksi spot (spot transaction)


Dalam transaksi spot biasanya penyeraha valas ditetapkan 2 hari kerja berikutnya. Misalnya kontrak jual beli valas ditutup tanggal 10 maka penyerahannya dilakukan tanggal 12, namun apabila tanggal 12 hari minggu atau hari libur negara asal (home countries), maka penyerahan dapat dilakukan pada hari berikutnya (eligible date) tanggal penyerahan seperti ini disebut value date.


Jenis-Jenis Transaksi Valuta Asing (Valas)


Ada tiga cara penyerahan dalam transaksi spot, yaitu sebagai berikut :


1. Value today

Di mana penyerahan dilakukan pada hari yang sama dengan hari dilakukannya transaksi. Penyerahan ini sering disebut cash  settlement. Sebagai contoh transaksi dilakukan pada tanggal 1 April, maka penyerahannya juga dilakukan pada hari tersebut.


2. Value tomorrow

Penyerahan dilakukan pada hari kerja berikutnya atau disebut one day settlement. Sebagai contoh transaksi terjadi pada tanggal 1 April, maka penyerahannya dilakukan pada tanggal 2 April.


3. Value spot

Penyerahan dilakukan 2 hari kerja setelah transaksi. Seperti contoh di atas di mana transaksi yang terjadi pada tanggal 1 April, maka penyerahannya dilakukan pada tanggal 3 April.


Transaksi tunggak (Forward Transaction)


Berbeda penyerahan antara transaksi spot dengan transaksi forward. Dalam transaksi forward atau disebut juga dengan forward contract penyerahan dilakukan beberapa hari mendatang, baik secara mingguan atau bulanan.

Transaksi forward sering juga disebut transaksi berjangka, karena memang memiliki jangka waktu tertentu. Kurs ditetapkan pada waktu kontrak dilakukan, tetapi pembayarannya beberapa waktu mendatang sesuai dengan jangka waktunya. Akibat dibayar dengan jangka waktu, maka rate yang digunakan dalam transaksi forward lebih tinggi jika dibandingkan dengan transaksi spot. Transaksi semacam ini disebut premium, bila terjadi sebaliknya disebut discount. Jenis transaksi valuta asing ini sering dilakukan untuk pemagaran risiko atau hedging terhadap fluktuasi tingkat pertukaran (exchanges rate).


Transaksi barter (swap transaction)


Yang dimaksud dengan transaksi barter atau swap adalah kombinasi antara pembeli dan penjual untuk dua mata uang secara tunai yang diikuti membeli dan menjual kembali  mata uang yang sama secara tunai dan tunggak secara simultan dengan batas waktu yang berbeda.

Transaksi barter sering kali disebut transaksi tukar pakai suatu mata uang untuk jangka waktu tertentu dan transaksi barter jumlah  pembelian suatu mata uang selalu sama dengan jumlah penjualannya. Oleh karena itu, dalam transaksi barter tidak akan mengubah posisi pertukaran keuntungan.

Perbedaan antara barter, spot dan forward di mana transaksi spot dan forward hanya sekali saja, yaitu pada saat membeli atau menjual. Sebagai contoh pada saat membeli uang dalam transaksi spot secara simultan pula dijualkan kepada pihak lain secara forward contract.

Tujuan dari transaksi barter untuk menjaga kemungkinan dari kerugian yang disebabkan oleh perubahan kurs. Transaksi swap dapat dilakukan oleh Bank Indonesia dengan bank atau antara bank dengan nasabahnya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis transaksi valuta asing atau jenis-jenis transaksi valas. Semoga tulisan  ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 00.13

0 komentar:

Posting Komentar