Keuntungan Usaha Gadai dan Besarnya Jumlah Pinjaman di Pegadaian

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 11 Mei 2016

loading...

Keuntungan Usaha Gadai


Tujuan utama usaha pegadaian adalah untuk mengatasi agar masyarakat yang sedang membutuhkan uang tidak jatuh ke tangan para pelepas uang atau tukang ijon atau rentenir yang biasanya membebankan bunga yang relatif tinggi. Perusahaan pegadaian menyediakan pinjaman uang dengan jaminan barang-barang berharga.

Meminjam uang ke Perum Pegadaian bukan saja karena prosedurnya yang mudah dan cepat, tetapi karena biaya yang dibebankan lebih ringan jika dibandingkan dengan para pelepas uang atau rentenir. Hal ini dilakukan sesuai dengan salah satu tujuan dari Perum Pegadaian dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan moto “menyelesaikan masalah tanpa masalah”.

Jika seseorang membutuhkan dana sebenarnya dapat diajukan ke berbagai sumber dana, seperti meminjam ke bank atau lembaga keuangan lainnya. akan tetapi, kendala utamanya adalah prosedurnya yang rumit dan memakan waktu yang relatif lama. 

Di samping itu, persyaratan meminjam uang di bank lebih sulit karena banyaknya dokumen yang 
harus dipenuhi. Begitu pula jaminan yang diberikan di bank haruslah berupa barang-barang tertentu, karena tidak semua barang dapat dijadikan jaminan di bank.

Namun, di perusahaan pegadaian begitu mudah dilakukan. Masyarakat cukup datang ke perum pegadaian dana membawa barang jaminan tertentu, maka uang pun akan diterima dalam waktu singkat.  Jaminannya pun sangat sederhana. Misalnya, cukup dengan menjaminkan jam tangan saja, maka kita bisa memperoleh uang tunai dan hal ini hampir mustahil dilakukan di lembaga keuangan lainnya.

Keuntungan pegadaian lainnya adalah pihak pegadaian tidak mempermasalahkan untuk apa uang tersebut digunakan dan hal ini tentu bertolak belakang dengan pihak perbankan yang harus dibuat serinci mungkin tentang penggunaan uangnya. 

Begitu pula dengan sanksi yang diberikan bersifat relatif ringan, apabila peminjam tidak dapat melunasi uang dalam jangka waktu tertentu. Sangsi yang paling berat adalah barang jaminan akan dilelang untuk menutupi kekurangan pinjaman yang telah diberikan.

Jadi, keuntungan perusahaan pegadaian jika dibandingkan dengan lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan lainnya adalah :
  1. Waktu yang relatif singkat untuk memperoleh uang, yaitu pada hari itu juga, hal ini disebabkan karena prosedurnya yang tidak berbelit-belit.
  2. Persyaratan yang sangat sederhana sehingga memudahkan konsumen untuk memenuhinya.
  3. Pihak pegadaian tidak mempermasalahkan uang tersebut digunakan untuk apa, jadi sesuai kehendak nasabahnya.

Keuntungan Usaha Gadai dan Besarnya Jumlah Pinjaman di Pegadaian

Besarnya jumlah pinjaman di Pegadaian


Besarnya jumlah pinjaman yang diberikan pihak pegadaian tergantung dari seberapa berharganya barang yang dijaminkan oleh nasabahnya. Semakin besar nilainya, semakin besar pula  pijaman yang dapat diperoleh nasabah, demikian pula sebaliknya. Namun, biasanya pegadaian hanya melayani sampai jumlah tertentu dan biasanya yang menggunakan jasa pegadaian adalah masyarakat menengah ke bawah.

Kepada nasabah yang memperoleh pinjaman akan dikenakan sewa modal (bunga pinjaman) per bulan yang besarnya  tergantung dari golongan nasabah. Golongan nasabah yang ditentukan oleh pegadaian berdasarkan jumlah pinjaman, yaitu A, B, C, dan D. Sedangkan besarnya sewa modal dapat berubah sesuai dengan bunga pasar.

Dalam menentukan besarnya jumlah pinjaman, maka barang jaminan tersebut ditaksir lebih dulu. Untuk menaksir nilai barang yang dijaminkan, maka pihak pegadaian memiliki ahli-ahli yang berperan untuk menaksir barang yang dijaminkan di pegadaian. 

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan usaha gadai dan besarnya jumlah jaminan di pegadaian. Semoga tulisan ini bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 00.40

0 komentar:

Posting Komentar