Para Pelaku Pasar Modal : Emiten dan Investor

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 05 Mei 2016

loading...

Sama halnya seperti pasar pada umumnya, di pasar modal juga terdapat penjual dan pembeli yang berperan sebagai pelaku utama pasar modal. Tanpa adanya penjual dan pembeli sebagai para pelaku pasar modal, maka tidak akan mungkin terjadi transaksi seperti halnya pasar pada umumnya.

Para pelaku di pasar modal dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu para pelaku utama pasar modal dan lembaga penunjang pasar modal. Pelaku pasar modal ini terkadang juga dikenal dengan istilah pemain pasar modal.

Pemain utama pasar modal atau pelaku utama pasar modal adalah perusahaan yang akan melakukan penjualan (emiten) dan pembeli atau pemodal (investor) yang akan membeli instrumen yang akan ditawarkan oleh emiten. Sedangkan lembaga penunjang pasar modal adalah perusahaan penunjang yang mendukung kelancaran operasi pasar modal.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai tujuan dan peran emiten sebagai pelaku pasar modal yang paling utama.

pelaku pasar modal

Pengertian dan tujuan emiten sebagai pelaku pasar modal


Emiten adalah perusahaan yang melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa. Emiten melakukan emisi dapat memilih dua macam instrumen pasar modal apakah bersifat kepemilikan atau utang. Jika bersifat kepemilikan, maka diterbitkanlah  saham dan jika yang dipilih adalah instrumen utang, maka yang dipilih adalah obligasi.

Dalam melakukan emisi, para emiten memiliki berbagai tujuan dan hal ini biasanya sudah tertuang dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) termasuk jenis-jenis surat berharga yang diterbitkan.
Tujuan emiten untuk memperoleh modal juga sudah dituangkan dalam RUPS. Tujuan emiten melakukan emisi antara lain :
  1. Untuk perluasan usaha, dalam hal ini tujuan emiten dengan modal yang diperoleh dari para investor akan digunakan untuk meluaskan bidang usaha, perluasan pasar atau kapasitas produksi.
  2. Untuk memperbaiki struktur modal, bertujuan untuk menyeimbangkan antara modal sendiri dengan modal asing.
  3. Untuk mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan ini dapat berbentuk dari pemegang saham lama ke pemegang saham yang baru. Pengalihan dapat pula untuk menyeimbangkan para pemegang sahamnya.


Pengertian dan tujuan investor sebagai pelaku pasar modal


Pelaku pasar modal yang kedua adalah pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi, pemodal ini disebut juga investor. Sebelum membeli surat-surat berharga yang ditawarkan para investor biasanya  melakukan penelitian dan analisis-analisis tertentu. Penelitian ini mencakup bonafiditas perusahaan, prospek usaha emiten dan analisis lainnya.

Sama halnya dengan emiten dalam menjual surat-surat berharga para investor juga memiliki berbagai tujuan dan biasanya investor yang berkeliaran di pasar modal terdiri dari berbagai golongan dan tujuan yang berbeda pula.

Tujuan utama investor sebagai pelaku utama pasar modal antara lain :


a. Memperoleh deviden


Tujuan investor hanya ditujukan kepada keuntungan yang akan diperolehnya berupa bunga yang dibayar oleh emiten dalam bentuk deviden.


b. Kepemilikan perusahaan

Dalam hal ini tujuan investor untuk menguasai perusahaan. Semakin banyak saham yang dimiliki, maka semakin besar penguasaan perusahaan.


c. Berdagang

Tujuan investor adalah untuk dijual kembali pada saat harga tinggi. Jadi pengharapannya adalah pada saham yang benar-benar dapat menaikkan keuntungan dari jual beli sahamnya.

Demikianlah penjelasan mengenai para pelaku utama pasar modal. Semoga dengan tulisan ini kita lebih paham mengenai peran dan tujuan emiten dan investor sebagai para pelaku pasar modal atau pemain pasar modal.

loading...
Blog, Updated at: 23.08

0 komentar:

Posting Komentar