Pengertian Deposito dan Jenis-Jenis Deposito

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 19 Mei 2016

loading...

Pengertian deposito


Pengertian deposito menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998, yang dimaksud dengan deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Simpanan deposito merupakan simpanan jenis ketiga yang dikeluarkan oleh bank. Berbeda dengan jenis simpanan lainnya seperti simpanan tabungan dan simpanan giro,  simpanan giro mengandung unsur jangka waktu (jatuh tempo)  lebih panjang dan tidak dapat ditarik setiap saat atau setiap hari.

Artinya jika nasabah deposan menyimpan uangnya untuk jangka waktu tiga bulan, maka uang tersebut baru bisa dicairkan setelah jangka waktu tersebut berakhir dan sering disebut dengan tanggal jatuh tempo.

Sebagai contoh, jika anda mendepositokan uang pada tanggal 21 April 2016 untuk tiga bulan mendatang, maka tanggal jatuh temponya adalah setelah 3 bulan, yaitu tanggal 21 Juli 2016 dan apabila dicairkan sebelum tanggal tersebut, maka si deposan akan dikenakan denda yang besarnya tergantung dari bank yang bersangkutan.

Sarana atau alat untuk menarik uang yang disimpan di deposito sangat tergantung dari jenis depositonya. Artinya setiap jenis deposito mengandung beberapa perbedaan sehingga diperlukan sarana penarikan yang berbeda pula. Sebagai contoh, untuk deposito berjangka menggunakan bilyet deposito, sedangkan untuk sertifikat deposito menggunakan sertifikat deposito.


Pengertian Deposito dan Jenis-Jenis Deposito


Jenis-jenis deposito


Adapun jenis-jenis deposito yang ada di Indonesia saat ini adalah :


Deposito berjangka


Deposito berjangka merupakan deposito yang diterbitkan menurut jangka waktu tertentu. Jangka wakti deposito biasanya bervariasi mulai dari 1, 2, 3,  6, 12, 18 sampai dengan 24 bulan. Deposito berjangka diterbitkan atas nama baik perorangan maupun lembaga. Artinya dalam bilyet deposito tercantum nama seseorang ataupun lembaga.

Bunga deposito dapat ditarik setiap bulan atau setelah jatuh tempo (jangka waktu) sesuai jangka waktunya, baik ditarik tunai maupun ditarik non tunai (pemindahbukuan) dan dikenakan pajak dari jumlah yang diterimanya.

Jumlah yang disetorkan dalam bentuk bulat dan ada batas minimalnya. Penarikan deposito sebelum jatuh tempo akan dikenakan penalty rate atau denda.

Insentif yang diberikan untuk jumlah nominal yang besar baik berupa special rate maupun insentif, seperti hadiah atau cenderamata lainnya. insentif juga dapat diberikan kepada nasabah yang loyal kepada bank tersebut.

Deposito berjangka diterbitkan dalam valuta asing, biasanya diterbitkan oleh bank devisa. Perhitungan, penerbitan, pencairan dan  bunga dilakukan menggunakan kurs devisa umum. Penertiban deposito berjangka dalam valas biasanya diterbitkan dalam valas yang kuat seperti US Dolar.


Sertifikat deposito


Sertifikat deposito merupakan jenis deposito yang diterbitkan dengan jangka waktu 2, 3, 6, 12, dan 18 bulan. Sertifikat deposito diterbitkan atas unjuk dalam bentuk sertifikat dan dapat diperjualbelikan atau dipindahtangakan ke pihak lain. Pencairan bunga deposito dapat dilakukan di muka, baik tunai maupun non tunai.

Penerbitan nilai sertifikat deposito sudah tercetak dalam berbagai nominal dan biasanya dalam jumlah bulat. Dengan demikian, nasabah dapat membeli dalam lembaran banyak  untuk jumlah nominal yang sama.


Deposito on call


Deposito on call merupakan jenis deposito berjangka waktu minimal 7 hari dan paling lama kurang dari satu bulan.  Diterbitkan atas nama dan biasanya dalam jumlah yang besar, biasanya 50 juta rupiah (tergantung bank yang bersangkutan).

Pencairan bunga dilakukan pada saat pencairan deposito on call sebelum deposit on call dicairkan terlebih dahulu tiga hari sebelumnya nasabah sudah memberitahukan bank penerbit.

Besarnya bunga biasanya dihitung perbulan dan biasanya untuk menentukan bunga dilakukan negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian deposito dan jenis-jenis deposito. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 22.03

0 komentar:

Posting Komentar