Gejala Atmosfer : Sifat Fisik Atmosfer dan Lapisan-Lapisan Atmosfer

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 09 Juni 2016

Loading...



Atmosfer terdiri atas sejumlah lapisan atmosfer yang memiliki sifat-sifat fisik yang berbeda antara satu lapisan atmosfer dengan lapisan atmosfer lainnya. Masing-masing menunjukkan gejala-gejala tertentu yang mencirikan kondisi masing-masing lapisan tersebut. Gejala cuaca sebagai hasil interaksi antara unsur cuaca dan iklim hanya terjadi pada lapisan troposfer. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai sifat-sifat fisik atmosfer dan lapisan-lapisan atmosfer.


Sifat-sifat fisik atmosfer


Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos yang berarti uap dan shapira yang berarti bulatan. Jadi, atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti bulatan bumi. Atmosfer merupakan campuran berbagai jenis gas yang tidak berwarna dan tidak terlihat oleh mata. Karena merupakan zat, atmosfer juga memilikiberat sehingga juga memiliki tekanan udara, mengembang jika terkena panas  dan mengerut jika terkena dingin.

Pada saat suatu bagian atmosfer terkena panas maka bagian tersebut akan berkembang, begitu pula sebaliknya. Jika terjadi perbedaan tekanan, maka terjadilah pergerakan udara yang disebut angina yang bergerak dari tekana tinggi ke tekanan rendah.

Atmosfer tersusun oleh sejumlah unsur. Unsur terbesar adalah nitrogen, kemudian oksigen, kemudian argon, dan lain-lain. Berikut ini adalah table yang menunjukkan komposisi zat yang menyusun atmosfer :


No
Nama
Simbol
Volume
1
Nitrogen
N2`
78
2
Oksigen
O2
20,94
3
Argon
Ar
0,93
4
Karbondioksida
CO2
0,03
5
Neon
Ne
0,0018
6
Helium
He
0,0005
7
Ozon
O3
0,00006
8
Hydrogen
H
0,00005
9
Krypton
Kr
Sangat kecil
10
Xenon
Xe
Sangat kecil
11
Metana
CH4
Sangat kecil


Gejala Atmosfer : Sifat Fisik Atmosfer dan Lapisan-Lapisan Atmosfer


Lapisan-lapisan atmosfer


Secara vertical, atmosfer terdiri atas sejumlah lapisan dengan karakteristik berbeda, yaitu lapisan Troposper, stratosfer, mesosfer, dan termosfer.

Pembagian lapisan atmosfer didasarkan pada perbedaan karakteristik temperature lapisan. Berikut ini adalah pejelasan karakteristik masing-masing lapisan-lapisan atmosfer.


Lapisan troposfer


Lapisan troposfer merupakan lapisan atmosfer paling bawah. Lebar atau ketingian lapisan troposfer mencapai 16 km di daerah tropis dan terus menurun sampai 10 km di atas kutub. Manusia dan makhluk hidup lainnya yang berada pada lapisan bumi ini mengalami berbagai gejala atau peristiwa cuaca seperti hujan, angin, dan badai. Peristiwa cuaca tersebut tidak ditemukan pada lapisan atmosfer lainnya.


Lapisan stratosfer


Lapisan stratosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas lapisan troposfer.  Batas antara kedua lapisan ini disebut tropopause. Batas ketinggian lapisan ini mencapai 40 km di atas permukaan bumi. Pada bagian puncak atau batas ketinggiannya, suhu dapat mencapai 270 K dengan rata-rata suhu mnecapai -550⁰C. lapisan atmosfer ini dikenal sebagai lapisan yang mengandung ozon yang berfungsi untuk melindungi permukaan bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi makhluk bumi.


Lapisan mesosfer


Lapisan atmosfer berikutnya yang terletak di atas stratosfer adalah sampai ketinggian 80 km adalah lapisan mesosfer. Pada bagian puncaknya, suhu bisa mencapai -900 ⁰C dan kebanyakan meteor  terbakar pada lapisan ini. Bayangkan, jika meteor tidak terbakar pada lapisan ini, maka kehidupan di permukaan bumi akan terancam kelangsungannya.


Lapisan termosfer


Pada ketinggian 80-300 km dari permukaan bumi terdapat lapisan thermosfer dengan temperature 
mencapai 17.000 ⁰C. Pada ketinggian di atas 100 km terjadi ionisasi yang membentuk ion positif dan electron bebas bermuatan negative. Lapisan dengan konsentrasi elektron bebas disebut dengan ionosfer. Ionosfer dikenal sebagai lapisan yang mampu memantulkan gelombang radio sehingga penting bagi komunikasi radio jarak jauh.


Demikianlah penjelasan mengenai gejala-gejala atmosfer, sifat-sifat fisik atmosfer, dan lapisan-lapisan atmosfer. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 23.04

0 komentar:

Posting Komentar