Pengertian Sungai, Jenis-Jenis Sungai dan Manfaat Sungai

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 08 Juni 2016

loading...

Pengertian sungai


Sungai adalah aliran air yang secara alami mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah dan memanjang menuju laut.  Sebuah sungai dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian hulu, tengah, dan hilir. Masing-masing bagian sungai tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri.

Sungai pada bagian hulu umumnya memiliki arus yang kuat akibat kemiringan lerengnya. Karena kuatnya arus, maka pengikisan yang dominan adalah pengikisan atau erosi vertical yang mengikis dasar sungai. Karena itu, sungai pada daerah ini memiliki penampang berbentuk huruf V.

Pada bagian tengah kekuatan arus mulai berkurang sebagai akibat makin landainya lereng. Kekuatan erosi semakin berimbang antara erosi vertical dan erosi horizontal. Karena itu badan sungai lebih lebar dan bekelok-kelok. Aliran airnya juga agak lambat.

Pada bagian hilir, kekuata arus semakin jauh berkurang dan erosi yang dominan adalah erosi horizontal. Akibatnya, sungai menjadi lebih lebar dibandingkan dengan bagian lainnya. Aliran sungai yang semakin lambat dan lemah membuat bnetuk sungai menjadi berkelok-kelok. Kelokan kadang berpindah-pindah sehingga terdapat aliran sungai yang sudah terpotong yang disebut sungai mati berbentuk tapal kuda atau ladam (oxbow lake)


Pengertian Sungai, Jenis-Jenis Sungai dan Manfaat Sungai


Jenis-jenis sungai


Dilihat dari sumber airnya, sungai dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sungai hujan, sungai gletser dan sungai campuran.


Sungai hujan


Sungai hujan adalah  jenis sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan. Besar kecilnya debit atau aliran air pada sungai ini akan dipengaruhi oleh luas dan bentuk daerah aliran sungai (DAS).

DAS adalah suatu wilayah pengaliran sungai yang dibatasi oleh punggungan yang memisahkannya dengan daerah aliran sungai yang berdekatan. Semakin luas DAS, aliran air juga akan semakin besar. Variasi aliran sungai juga dapat ditentukan oleh kondisi tutupan lahan pada daerah aliran sungai (DAS).

Pada daerah aliran sungai yang hutannya masih terjaga, variasi debit antara musim hujan dan musim 
kemarau relative kecil. Tetapi pada daerah aliran sungai yang sudah rusak hutannya, debit alirannya akan kecil bahkan  kering tetapi pada musim hujan akan meluap atau banjir.


Sungai gletser


Sungai gletser adalah jenis sungai yang sumber airnya berasal dari es yang mencair. Karena sumbernya berasal dari es yang mencair, maka tentu saja pada musim panas volume airnya juga akan lebih besar dibandingkan pada musim dingin. Pada musim panas banyak es yang mencair sehingga aliran air semakin besar, sebaliknya pada musim dingin. Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputera di India termasuk dalam jenis sungai gletser.


Sungai campuran


Sesuai dengan namanya, jenis sungai ini merupakan sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan dan es yang mencair. Sungai Digul dan Memberami merupakan contoh jenis sungai ini. Es yang mencair berasal dari Pegunungan Jayawijaya.


Manfaat sungai


Air sungai telah dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan. Pemanfaatan air sungai di antaranya adalah :
1. Sebagai sumber air untuk kegiatan pertanian.
2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
3. Sebagai prasarana lalu lintas.
4. Sebagai sumber pangan berupa ikan dan sejumlah binatang lainnya.
5. Sebagai tempat budi daya ikan air tawar.
6. Sebagai sarana kebutuhan rumah tangga, seperti mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Sungai-sungai di Kalimantan banyak digunakan untuk sarana transportasi. Perahu dapat bergerak jauh sampai ke pedalaman karena airnya tidak terlalu deras. Bahkan banyak penduduk di  daerah ini yang menjadika sungai sebagai tempat berjualan seperti di Banjarmasin.

Sayangnya sungai-sungai di Indonesia terutama di Pulau Jawa telah mengalami kerusakan. Banyak sungai yang airnya sudah tidak Nampak jernih akibat rusaknya hutan  di daerah hulu dan aktivitas pertanian. Bahkan, sungai-sungai di Pulau Jawa sudah banyak yang tercemar limbah industry, sehingga tidak lagi memungkinkan banyak makhluk hidup, terutama ikan untuk hidup di sana.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sungai, jenis-jenis sungai dan manfaat sungai untuk kehidupan manusia.

loading...
Blog, Updated at: 23.27

0 komentar:

Posting Komentar