Unsur-Unsur Kredit

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 07 Juni 2016

loading...

Jika kita berbicara mengenai kredit, maka itu artinya kita membicarakan unsur-unsur apa yang terkandung di dalam suatu kredit sehingga bisa dianggap sebagai kredit. Berikut ini adalah penjelasan mengenai unsur-unsur kredit.


Kepercayaan


Kepercayaan yaitu suatu keyakinan pemberi kredit bahwa kredit yang diberikan  (berupa uang, barang  atau jasa) akan benar-benar diterima kembali di masa tertentu di masa yang akan datang. Kepercayaan ini diberikan oleh bank, di mana sebelumnya sudah dilakukan penelitian penyelidikan tentang nasabah baik  secara interen maupun eksteren. Penelitian dan penyelidikan tentang kondisi masa lalu dan sekarang terhadap nasabah pemohon kredit.


Kesepakatan


Di samping unsur percaya, unsur kesepakatan dalam kredit juga harus ada antara si pemberi kredit dan si penerima kredit. Kesepakatan ini dituangkan dalam suatu perjanjian di mana masing-masing pihak menandatangani hak dan kewajibannya masing-masing.


Jangka waktu


Setiap kredit yang diberikan mengandung jangka waktu tertentu, jangka waktu ini mencakup masa pegembalian kredit yang telah disepakati. Jangka waktu tersebut bisa berbentuk jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang.


Risiko


Unsur kredit yang pasti ada adalah adanya risiko. Adanya suatu tenggang waktu pengembalian akan meyebabkan suatu risiko tidak tertagihnya/ macetnya pemberian kredit. Semakin panjang suatu kredit, maka semakin besar pula risikonya, demikian pula sebaliknya. Risiko ini menjadi tanggungan bank, baik risiko yang disengaja oleh nasabah yang lalai, maupun risiko yang tidak disengaja, misalnya bencana alam atau bangkrutnya usaha nasabah tanpa adanya unsur kesengajaan lainnya.


Balas jasa


Salah satu unsur kredit adalah adanya balas jasa. Merupakan keuntungan atas pemberian suatu kredit atau jasa tersebut kita kenal dengan nama bunga. Balas jasa dalam bentuk bunga dan biaya administrasi kredit ini merupakan keuntungan bank. Sedangkan bagi bank yang berdasarkan prinsip syariah, balas jasanya menggunakan prinsip bagi hasil.


unsur-unsur kredit


Demikianlah penjelasan mengenai unsur-unsur kredit. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 23.47

0 komentar:

Posting Komentar