Penerapan Bioteknologi di Bidang Farmasi, Kedokteran, Industri, Pertambangan dan Masalah Pencemaran Lingkungan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 31 Juli 2016

Loading...

Contoh bioteknologi di bidang farmasi dan kedokteran


Pertanian dan kedokteran (kesehatan) merupakan dua bidang terbesar dalam penerapan bioteknologi. Bioteknologi di bidang kedokteran telah menghasilkan berbagai obat dan cara pengobatan yang dapat menyelamatkan jiwa manusia. Beberapa produk hasil bioteknologi di bidang kedokteran dan farmasi antara lain sebagai berikut :


Antibiotika


Antibiotik merupakan salah satu hasil bioteknologi yang memanfaatkan jasa mikroba. Zat antibioktik yang dihasilkan oleh mikroba dapat menghambat pertumbuhan mikroba parasite dalam tubuh. Oleh karena itu, zat ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit akibat infeksi bakteri.

Antibiotik pertama kali ditemukan oleh Aleksander Fleming pada tahun 1928. Ia menemukan jamur Penicillium notatum yang dapat menghasilkan zat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Zat ini diberi nama penisilin. Penisilin merupakan zat antibiotik yang dapat mencegah pembentukan dinding sel bakteri, sehingga pertumbuhan bakteri terhambat.

Penemuan Aleksander Fleming ini mendorong penelitian lebih lanjut sehingga sampai sekarang sudah ditemukan ratusan jenis antibiotik, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Penisilin baru yang memperbaiki penisilin yang sudah ada. Penisilin baru ini dihasilkan oleh jamur Penicillium chrysogenum.
  • Penisilin N yang dihasilkan oleh Cephalosporium sp.
  • Sefalospurin, yang dihasilkan oleh Cephalosporium sp.
  • Streptomisin untuk pengobatan TBC, yang dihasilkan oleh Streptomyces sp.


Penerapan Bioteknologi di Bidang Farmasi, Kedokteran, Industri, Pertambangan dan Masalah Pencemaran Lingkungan

Antibodi monoclonal


Antibodi monoclonal adalah antibodi sejenis yang diproduksi oleh sel plasma klon sel-sel β sejenis. Antibodi ini dibuat oleh sel-sel hibridoma yang dikultur. Bertindak sebagai antigen yang akan menghasilkan antibodi monoclonal antara lain untuk diagnosis penyakit dan kehamilan.


Terapi gen


Terapi gen adalah pengobatan penyakit atau kelainan genetic dengan menyisipkan gen normal.


Interferon


Interferon adalah antibodi terhadap virus. Secara alami, hanya dibuat oleh tubuh manusia. Proses pembentukan interferon di dalam tubuh memerlukan waktu yang cukup lama (dibanding kecepatan replikasi virus), karena itu dilakukan rekayasa genetika.


Vaksin


Contoh : vaksin hepatitis B dan malaria. Secara konvensional pelemahan kuman dilakukan dengan pemanasan atau pemberian bahan kimia. Dengan bioteknologi dilakukan fusi atau transplantasi gen.


Contoh bioteknologi di bidang industri


Bioteknologi  dalam bidang industri menitik beratkan pada pemanfaatan teknologi fermentasi sebagai dasar teknologinya serta pemanfaatan bioteknologi lainnya yang menunjang bioindustri. Berikut ini adalah hasil-hasil penerapan bioteknologi dalam bidang industri.


Produksi asam sitrat


Asam sitrat berfungsi untuk memberikan cita rasa, pengemulsi susu, dan antioksidan. Umumnya asam ini banyak terdapat pada jeruk. Saat ini dengan bioteknologi telah dapat dibuat asam sitrat dari tetes gula dan sirup dengan bantuan bakteri Aspergilus niger.


Produksi vitamin


Umumnya vitamin diperoleh dari ekstrasi bahan-bahan yang mengandung vitamin secara alami atau dari bahan kimia. Saat ini telah banyak diproduksi vitamin dari mikroorganisme, contohnya :
  • Vitamin B1 yang dihasilkan oleh Assbya gossipii.
  • Vitamin B12 yang dihasilkan oleh Propionibacterium dan Pseudomonas.


Enzim


Enzim merupakan zat yang membantu dalam suatu reaksi kimia. Beberapa enzim yang dapat dihasilkan dengan menerapkan bioteknologi adalah :
  • Amylase, enzim ini digunakan dalam produksi sirup, kanji, dan glukosa. Contoh mikroba yang menghaslkan enzim ini adalah Aspergillus niger, Aspergillus oryzae, dan Bacillus subtilis.
  • Protease, merupakan enzim yang digunakan dalam produksi roti dan bir. Protease proteolitik berfungsi sebagai pelunak daging dan campuran deterjen untuk menghilangkan noda protein. Mikroba yang digunakan antara lain adalah Asprgillur oryzae, dan Bacillus subtilis.
  • Lipase, enzim ini digunakan dalam produksi susu dan keju untuk meningkatkan cita rasa. Mikroba yang digunakan adalah Aspergillus niger dan Rhizopus spp.
  • Asam amino seperti asam glutamate dan lisin. Asam glutamate merupakan bahan utama dalam pembuatan MSG (monosodium glutamate), sedangkan lisin adalah asam amino esensial yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh ternak.  Produksi asam glutamate dan lisin ini menggunakan bantuan bakteri Corynobacterium glutamicum.



Contoh Biotekonologi dalam mengatasi masalah pencemaran


Pencemaran merupakan masalah yang terus menerus dihadapi manusia. Apalagi dengan pertambahan penduduk yang semakin cepat, dan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak bijaksana, menimbulkan kerusakan alam yang semakin parah.

Dahulu manusia mengatasi masalah pencemaran lingkungan alam dengan cara mekanik atau kimiawi. Kini manusia juga menggunakan bioteknologi untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Contohnya :
  • Untuk mengatasi limbah organic digunakan bakteri aerob atau anaerob.
  • Untuk mengatasi pencemaran minyak digunakan strain-strain Pseudomorms. Mikroorganisme ini mampu memproduksi hidrokarbon sehingga minyak dapat terurai. Penggunaan mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran ini disebut juga bioremediasi.



Contoh bioteknologi di bidang pertambangan


Bioteknologi juga ternyata dapat digunakan di bidang pertambangan (biohidrometalurgi). Contohya adalah penggunaan Thichacillus ferroozidan untuk memisahkan logam dari bijinya atau dari kotoran lainnya sehingga diperoleh logam berkualitas tinggi. Penambangan yang memanfaatkan mikroorganisme di atas contohnya penambangan logam tembaga (Cu)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai contoh penerapan bioteknologi di bidang farmasi, kedokteran, industri, pencemaran lingkungan, dan pertambangan. Semoga contoh bioteknologi yang dijelaskan di atas menambah wawasan kita mengenai contoh bioteknologi kedokteran, farmasi, pertambangan, industri, dan pencemaran lingkungan.

Loading...
Blog, Updated at: 18.52

0 komentar:

Posting Komentar