Pengertian Interaksi Sosial, Macam-Macam Interaksi Sosial dan Ciri Interaksi Sosial

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 14 Juli 2016

Loading...

Pengertian Interaksi Sosial


Interaksi sosial adalah konsep yang abstrak yang dapat diterapkan ke dalam berbagai macam kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi social muncul karena adanya naluri manusia sejak lahir, yaitu naluri bergaul dengan sesamanya atau dikenal dengan nama gregoriousness. Apa pengertian interaksi sosial sesungguhnya ?

Menurut istilah atau ketatabahasaan, kata interaksi berasal dari kata “inter” yang berarti “antar” dan “aksi” yang artinya “tindakan”. Sehingga interaksi dapat diartikan sebagai istilah yang berarti antartindakan dan kata social yang mengikutinya “socious” yang artinya teman/kawan. Sehingga secara sederhana, interaksi dapat diartikan sebagai hubungan antarmanusia.

Berdasarkan analisa tentang pengertian interaksi di atas dapat dikategorikan bahwa interaski social terjadi ketika ada seseorang atau sekelompok orang yang melakukan suatu tindakan yang kemudian dibalas oleh pihak lain (individu atau kelompok) dengan perilaku atau tindakan tertentu.

Interaksi juga diartikan sebagai hubungan. Jadi, interaksi sosial diartikan juga sebagai hubungan social, yaitu hubungan antara satu manusia dengan manusia yang lain atau dari manusia dengan kelompok lain atau bisa juga dari satu kelompok dengan kelompok lain.


Pengertian Interaksi Sosial, Macam-Macam Interaksi Sosial dan Ciri Interaksi Sosial

Macam-Macam Interaksi Sosial


Terdapat tiga macam interaksi sosial, yaitu :


1. Interaksi antarindividu

Interaksi individu memberikan pengaruh, rangsangan, atau stimulus kepada individu lain dan individu lain tersebut memberikan respon kepada individu pemberi stimulus. Contoh : jabat tangan, saling menyapa, bertengkar, dan sebagainya.


2. interaksi antara individu dengan kelompok

Interaksi yang terjadi antara individu dengan kelompok, misalnya doses yang sedang memberikan kuliah kepada mahasiswanya.



3. interaksi antara kelompok dengan kelompok

Interaksi antara kelompok dengan kelompok ini bisa bersifat negative maupun bersifat positif. Contoh tawuran, pertandingan sepak bola, pertandingan basket, dan lain-lain sebagainya.



Ciri Interaksi Sosial


Sebuah tindakan dapat dikenal sebagai interaksi ketika terjadi hubungan timbal balik. Respon dan stimulus merupakan dua hal yang harus selalu ada dalam proses interaksi sosial. Ketika terjadi saling bertengkar, bercakap, membenci, dan sebagainya, itulah interaksi, karena ada aksi da nada reaksi.

Namun, ketika seseorang berbicara dengan dirinya atau mengamuk dengan membanting benda-benda yang ada di sekitarnya bukan termasuk dalam bentuk interaksi. Oleh karena itu, Charles P. Loomis memberikan ciri-ciri interaksi sosial sebagai berikut :

  1. Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
  2. Ada komunikasi antarpelaku melalui kontak social, baik symbol, lambang, verbal, ataupun nonverbal.
  3. Tujuan dan maksud dari suatu tindakan jelas.
  4. Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa datang) yang akan menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian interaksi sosial, macam-macam interaksi sosial, dan ciri-ciri interaksi sosial. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Loading...
Blog, Updated at: 04.37

0 komentar:

Posting Komentar