25 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Agustus 2016

loading...


Pengertian hukum secara umum adalah sekumpulan aturan yang bersifat mengikat dan memaksa yang memberikan sanksi yang nyata bagi yang melanggarnya yang dibuat oleh lembaga yang sah dan ditaati oleh rakyatnya.

Jika kita bertanya pada seratus orang mengenai definisi hukum, maka kita akan mendapatkan seratus jawaban berbeda. Mengapa ? hal ini disebabkan karena hukum adalah sesuatu yang sifatnya abstrak sehingga tidak ada pengertian hukum secara pasti.

Pengertian di atas adalah pengertian yang ada pada umumnya di buku-buku paket pendidikan kewarganegaraan sekolah tentang hukum.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan mengenai pengertian hukum, maka berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli hukum mengenai definisi hukum.


pengertian hukum menurut para ahli



Aristoteles menyatakan bahwa hukum adalah sesuatu yang berbeda dari pada sekedar mengatur dan mengekspresikan bentuk dari konstitusi, hukum berfungsi untuk mengatur tingkah laku para hakim dan putusannya di pengadilan dan menjatuhkan hukuman terhadap pelanggar.

Thomas Aquinas mendefinisikan hukum sebagai suatu aturan atau ukuran-ukuran dari tindakan-tindakan, dalam hal mana  manusia dirangsang untuk bertindak (sesuai dengan aturan hukum itu sendiri) atau dikekang untuk tidak bertindak (yang tidak sesuai dengan aturan atau ukuran itu) .

Thomas Hobbes dalam pandangannya menyatakan bahwa Civil Law adalah perintah-perintah hukum yang didukung oleh kekuasaan tertinggi di Negara itu mengenai tindakan-tindakan di masa yang akan dating, yang akan dilakukan oleh sebjeknya.

pengertian hukum menurut John Locke adalah sesuatu yang ditentukan oleh warga masyarakat pada umumnya tentang tindakan-tindakan mereka, untuk menilai/mengadili  mana yang merupakan perbuatan jujur dan mana yang merupakan perbuatan curang.

Definisi hukum menurut Emmanuel Kant, hukum adalah keseluruhan kondisi-kondisi di mana terjadi kombinasi antara keinginan-keinginan pribadi seseorang dengan keinginan-keinginan pribadi orang lain sesuai dengan hukum umum tentang kemerdekaan.

Menurut Hooker, A law is properl that which in reason in some sort defineth to be good that it must be done.

Menurut Grotius, hukum adalah peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan-keadilan pada peraturan hukum tentang kemerdekaan.

pengertian hukum menurut Schapera, hukum adalah setiap aturan tingkah laku yang mungkin diselenggarakan oleh pengadilan.

pengertian hukum menurut Gluckman, hukum adalah keseluruhan gudang aturan di atas mana para hakim mendasarkan putusannya.

definisi hukum  menurut Paul Bohannan, hukum adalah merupakan himpunan kewajiban-kewajiban yang telah dilembagakan kembali dalam pranata hukum.

menurut Puspisil, hukum adalah aturan-aturan dan mode-mode tingkah laku yang dibuat menjadi kewajiban melalui sanksi-sanksi yang dijatuhkan terhadap setiap pelanggaran dan kejahatan melalui suatu otoritas  pengendalian.

definisi hukum menurut Ralph L. Beals dan Hillary Haijer, “ in a every general scuce law may be regarded as the explicit or implicit rules for conduct  of society that are generally recognized or accepted and for which positive or negative sanctions exist. Some such rules may  always be compiled from the verbal statements of members of a given society ; however, the law of and  its functions rarely can be understood without observations of behaviors when troubles apperar.

Hukum menurut Melville Jacobs dan Bernhard J. Stern, “ Law is the complex of remembered or recorded cases, precendents, procedure, and decisions, the peole’s customs and mythology, and the social or government machinery which resorts to such sanctioned sources for solution of tension situations within the community. Every society possesses such a heritage precendents, ideas and customs, and machinery procedure which can be applied to new conflicts in social relationships. In this sense law is not a special and systematized kind of social relationships, which is developed only In complexly organized societies, but is universal ways in different social systems.

Pengertian hukum menurut Karl von Savigny, keseluruhan hukum sungguh-sungguh terbentuk melalui kebiasaan dan perasaan kerakyatan, yaitu melalui pengoperasian kekuasaan secara diam-diam. Hukum berakar pada sejarah manusia, di mana akarnya dihidupkan oleh kesadaran, keyakinan, dan kebiasaan warga masyarakat.

Menurut Marxist, hukum adalah suatu pencerminan dari hubungan  umum ekonomis dalam masyarakat pada suatu tahap perkembangan tertentu.

Menurut John Austin, hukum adalah seperangkat perintah, baik secara langsung ataupun tidak langsung, dari pihak yang berkuasa kepada warga masyarakatnya yang merupakan masyarakat politik yang independen, di mana otoritasnya (pihak yang berkuasa) merupakan otoritas tertinggi.

Menurut Blackstone, Hukum adalah suatu aturan tindakan-tindakan yang ditentukan oleh orang-orang yang berkuasa bagi orang-orang yang dikuasai untuk ditaati.

Pengertian hukum menurut Hans Kelsen, hukum adalah suatu perintah memaksa terhadap tingkah laku manusia. Hukum adalah kaidah primer yang menetapkan sanksi-sanksi.

Definisi hukum menurut Goodhart, hukum adalah aturan-aturan tingkah laku, di mana di atasnylah eksistensi masyarakat itu didasarkan, dan perkosaan atau pelanggaran terhadap aturan-aturan tingkah laku itu pada dasarnya menghapuskan eksistensi itu.

Menurut Wortley, hukum adalah istilah kolektif bagi aturan-aturan tingkah laku manusia yang berbeda di dalam suatu tertib hukum dan suatu sistem hukum yang efektif adalah jika aturan-aturannya dipatuhi.

Menurut Shebanov, hukum adalah alat legislatif yaitu alat kekuasaan tertinggi dari negara yang digunakan dalam suatu cara yang menentukan dan memiliki kekuasaan yag tinggi di bidang hukum dalam hubungannya dengan alat-alat pejabat negara lainnya dan organisasi social.

Pengertian hukum menurut P. Borst, hukum adalah peraturan atau kaidah yaitu petunjuk atau pedoman hidup yang wajib ditaati oleh manusia.

Definisi hukum menurut Hutum dan R.M. Dworkin, hukum dari suatu masyarakat adalah seperangkat aturan-aturan khusus yang digunakan oleh masyarakat itu, langsung atau tidak langsung, yang bertujuan untuk menetapkan tingkah laku manusia mana yang  dapat dihukum atau mana yang dapat dipaksakan oleh kekuasaan hukum publik.

Hukum menurut van Kan, hukum adalah keseluruhan aturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat.

pengertian hukum menurut Paul Scholten, hukum adalah suatu petunjuk tentang apa yang layak dilakukan dan apa yang tidak layak untuk dilakukan, jadi hukum itu bersifat suatu perintah.

Demikianlah 25 pengertian hukum menurut para ahli hukum. Semoga tulisan ini cukup memberikan kita gambaran mengenai definisi hukum.

loading...
Blog, Updated at: 18.14

0 komentar:

Posting Komentar