Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 10 Agustus 2016

Loading...

Pengelompokkan negara-negara di dunia atas negara maju dan negara berkembang, biasanya didasarkan pada kecenderungan perkembangan ekonomi. Meskipun begitu, idealnya pengelompokkan negara maju dan negara berkembang harus dilihat dari berbagai aspek kehidupan, baik dari kondisi fisik maupun spiritualnya. Karena kenyataannya kemajuan suatu negara tidak hanya didasarkan pada kemajuan aspek ekonomi saja, tetapi juga aspek lain seperti moral, nilai, dan agama.

Adapun beberapa ciri yang biasanya dijadikan indicator untuk membedakan suatu negara apakah negara tersebut tergolong negara berkembang atau negara maju adalah :
1. Tingkat urbanisasi
2. Tingkat kematian bayi
3. Tingkat kelahiran
4. Jumlah penduduk
5. Tingkat pertumbuhan penduduk
6. Tingkat usia harapan hidup
7. Pendapatan perkapita

Negara maju pada umumnya telah menguasai pengetahuan dan teknologi serta telah mampu mengelola sumber daya alam secara optimal. Meski memiliki sumber daya manusia yang berkualitas di bidang andalan utama sebagai sumber devisa adalah industry, perdagangan, dan jasa. Negara maju tingkat produktivitasnya tinggi sehingga pendapatan perkapita penduduknya juga relative tinggi. Melalui industry tingkat produktivits tinggi sehingga nilai jual juga menjadi tinggi/ mahal, karena negara maju sering juga disebut sebagai negara industry.


Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang


Mata pencarian masyarakat di negara maju biasanya berada di sector industry dan jasa. Namun tidak berarti sector pertanian ditinggalkan. Kegiatan pertanian masih tetap pada proporsi yang sedikit dan biasanya dilakukan dengan intensif dengan menggunakan alat-alat pertanian modern. Konsentrasi penduduk di negara maju berada di daerah perkotaan, berbeda dengan negara berkembang yang konsentrasi penduduknya berada di daerah pedesaan.

Di negara maju, industry dan jasa merupakan sector andalan yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi negara. Karena dengan adanya industrialisasi telah menimbulkan dampak positif bagi kelangsungan hidup rakyatnya, diantaranya :
1. Tenaga kerja yang diserap lebih banyak
2. Pengangguran menjadi sedikit
3. Produktivitas perkapita yang tinggi
4. Produksi barang lebih beragam, lebih cepat dan lebih banyak hasilnya

Selain itu, melalui proses industry nilai jual suatu barang menjadi lebih tinggi dan keuntungan yang diperoleh pun lebih banyak. Berdasarkan ciri-ciri itulah, negara maju diidentikkan dengan negara industry.

Dalam kegiatan industrinya, negara maju telah melaksanakan industry modern, baik dalam industry ringan maupun industry berat. Pembagian kerja di negara maju telah lama dilakukan secara spesialis professional.

Semua pembangunan sarana dan prasarana ekonomi di negara-negara maju telah melancarkan aktivitas produksi, distribusi, maupun konsumsi. Selain itu indicator yang dapat dijadikan acuan untuk membedakan negara maju dari negara berkembang dilihat dari kependudukan sebagai berikut :
1. Tingkat pertumbuhan penduduk relative rendah
2. Proporsi penduduk perkotaan jauh lebih tinggi dibandingkan pedesaan
3. Angka kelahiran dan kematian sudah lama dapat dikontrol
4. Angka buta huruf yang sangat rendah
5. Tingkat harapan hidupnya yang sangat tinggi
6. Pendapatan perkapita menunjukkan kecenderungan yang tinggi
7. Kegiatan ekonomi berbasis pada bidang industry, jasa, dan perdagangan
8. Pertumbuhan penduduk rendah/ kecil.
9. Angka usia harapan hidup tinggi
10. Pendapatan perkapita penduduk tinggi
11. Realitas penduduk tinggi
12. Angka kematian bayi rendah
13. Sebagian penduduk tinggal di perkotaan

Negara-negara yang sedang berkembang, biasanya merupakan  negara yang masih memiliki kemampuan pengembangan teknologi yang masih sederhana, sehinga masih memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Mata pencarin utama di negara-negara berkembang umumnya masih terfokus pada pertanian. Persebaran penduduknya umumnya tinggal di pedesaan, dan jumlah penduduk negara berkembang sangat banyak, misalnya tiga negara yang paling banyak penduduknya yang merupakan negara berkembang saat ini adalah Cina, India, dan Indonesia.

Selain itu, persebaran penduduk di negara berkembang masih belum merata, peluang kerja sedikit dan tingkat pendapatan penduduk pun rendah. Masalah-masalah seperti itulah yang tampaknya harus diselesaikan  oleh negara-negara berkembang.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa posisi negara-negara berkembang itu sementara. Karena setiap negara senantiasa berusaha untuk terus memacu diri agar menjadi negara yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga bisa saja sebuah negara yang semula miskin, karena usaha dan kerja kerasnya tergolong menjadi negara maju.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri negara yang sedang berkembang adalah sebagai berikut :
1. Perkembangan kuantitas penduduknya yang relative pesat
2. Pendapatan perkapita negara itu relative kecil
3. Kegiatan penduduknya sebagian besar di bidang agraris tradisional
4. Kebanyakan penduduknya bermukim di pedesaan

Sebenarnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempunyai program untuk memperkecil perbedaan antara negara berkembang dengan negara maju. Negara berkembang di berikan bantuan di berbagai bidang agar dapat meningkatkan perekonomiannya. Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. Semoga bermanfaat. 

Loading...
Blog, Updated at: 06.03

0 komentar:

Posting Komentar