Fungsi Makanan dan Syarat Makanan yang Baik

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 11 Agustus 2016

Loading...

Apa fungsi zat makanan dan apa saja yang menjadi syarat makanan yang baik ? 

Zat makanan dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu zat makanan makro (makronutrien) yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein, serta zat makanan mikro (mikronutrien) yang terdiri dari vitamin dan mineral. 

Air termasuk zat makanan, karena pada proses metbolisme zat-zat makanan air selalu diperlukan sebagai bahan yang esensial dalam pemrosesan zat makanan di dalam tubuh.


Fungsi makanan


Fungsi makanan bagi tubuh adalah untuk :
  • Penyediaan bahan bakar, yaitu zat-zat makanan yang bila dioksidasi dalam tubuh menghasilkan energy  yang dibutuhkan untuk tugas pekerjaannya.
  • Pertumbuhan dan pembangunan tubuh.
  • Pemeliharaan jaringan dan perbaikan sel-sel jaringan tubuh yang rusak atau telah tua.
  • Pengaturan proses-proses tubuh, misalnya mengatur metabolisme dan berbagai keseimbangan cairan tubuh.
  • Pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.



Syarat makanan yang baik

fungsi makanan dan syarat makanan yang baik


Syarat makanan yang baik bagi tubuh antara lain :
  • Makanan harus cukup mengandung kalori.
  • Makanan harus cukup mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang memiliki 10 asam amino esensial. Minimal makanan yang harus mengandung karbohidrat lemak dan protein.
  • Makanan harus mudah dicerna. Makanan yang berasal dari hewan lebih mudah dicerna dibandingkan makanan yang berasal dari tumbuhan.
  • Makanan harus cukup mengandung vitamin dan unsur-unsur mineral. Bila kekurangan unsur-unsur vitamin dan mineral, pengaturan dan koordinasi dari berbagai fungsi tubuh akan terganggu.
  • Makanan harus mengandung cukup air.


Zat-zat dalam makanan yang digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pemeliharaan, perbaikan sel-sel yang rusak dan penyediaan energy yang disebut zat makanan (zat gizi).

Karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral adalah zat gizi. Glukosa, gliserol, asam lemak, dan asam amino adalah sari makanan (metabolit). Tubuh memerlukan lebih dari 50 macam metabolit yang berbeda-beda, yang diperoleh dari makanan. Beberapa metabolit dibentuk dengan memberi jalan pemecahan zat-zat makanan selama proses pencernaan. Sebagian besar makanan mengandung beberapa zat makanan, tetapi setiap makanan mengandung zat makanan yang sangat berbeda.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi makanan dan syarat-syarat makanan yang baik. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita mengenai pentingnya zat makanan untuk tubuh manusia.

Loading...
Blog, Updated at: 06.12

0 komentar:

Posting Komentar