Pengertian Distribusi, Sistem Distribusi, dan Lembaga Distribusi

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 13 Agustus 2016

loading...

Pengertian distribusi


Barang hasil produksi tidak mempunyai nilai guna jika tidak sampai ke tangan konsumen. Tas yang dihasilkan pabrik tidak akan sampai ke tangan konsumen jika tidak ada proses penyaluran atau distrbusi. Kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Selain pengertian tersebut, distribusi juga merupakan usaha untuk menambah nilai guna suatu barang atau jasa.

Pelaku kegiatan distibusi bisa perorangan, bisa juga berbentuk lembaga distribusi (perantara). Lembaga atau perorangan yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Tujuan dari kegiatan distribusi antara lain :
1. Menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
2. Agar hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat.
3. Kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa terpenuhi.
4. Agar kontinuitas produksi terjamin.

Selain distibusi, distributor mempunyai tugas antara lain :
1. Pembelian barang
2. Penyimpanan
3. Standarisasi
4. Pengepakan
5. Promosi
6. Pengangkutan 
7. Penjualan


Sistem distribusi


Untuk mencapai tujuan distribusi ada beberapa cara yang dilakukan agar barang sampai kepada konsumen. Cara tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Distribusi langsung adalah distribsusi barang/jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran langsung dari produsen kepada konsumen. Contoh : pedagang sate langsung menjual barang kepada konsumen.
  2. Distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Misalnya pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui converter.
  3. Distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, makelar, komisioner, pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara.


Pengertian Distribusi, Sistem Distribusi, dan Lembaga Distribusi

Lembaga Distribusi




Produsen menyalurkan barang dan jasa dengan sistem distribusi tidak langsung melalui lembaga-lembaga yang bertindak sebagai badan perantara. Lembaga-lembaga yang melakukan kegiatan distribusi tersebut antara lain :


Pedagang


Pedagang adalah orang atau badan yang membeli barang dagangan dari produsen dan menjualnya kepada konsumen. Para pedagang biasanya membeli barang dalam jumlah banyak sehingga barang tersebut perlu tempat untuk penyimpanan. Pedagang terdiri atas :
  1. Pedagang besar (grosir) adalah pedagang yang membeli dan menjual dalam jumlah besar dan menjualnya ke pedagang kecil.
  2. Pedagang kecil (retailer) adalah pedagang yang membeli barang dagangannya kepada grosir dan menjualnya kepada pedagang yang lebih kecil atau eceran langsung pada konsumen.


Agen


Agen adalah lembaga atau seseorang yang melaksanakan perdagangan dengan menyediakan jasa-jasa atau fungsi khusus yang berhubungan dengan penjualan barang ataupun merupakan wakil dari produsen yang bertanggung jawab atas penjualan hasil produksinya.


Makelar


Makelar merupakan pedagang perantara yang bekerja atas nama orang yang menyurruhnya. Bonus yang dierima makelar disebut kurtasi/provisi. Makelar hanya mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Lembaga ini tidak mengeluarkan biaya atau menanggung risiko.


Komisioner


Lembaga distribusi ini merupakan perantara dagang dalam pembelian maupun penjualan yang bekerja sama atas nama sendiri. Komisioner mengeluarkan biaya dan menanggung risiko. Orang yang menyuruh komisioner disebut komiten. Upah yang diterima komisioner disebut komisi. 


Importer


Importer adalah individu atau organsasi perantara dagang yang mendatangkan barang  dari luar negeri. Barang yang diimpor tersebut bisa digunakan sebagai produksi atau tujuan konsumsi.


Eksportir


Eksportir adalah individu atau organisasi perantara dagang yang melakukan kegiatan pengiriman barang ke negara lain yang membutuhkan. Dari kegiatan yang dilakukan berharap mendapatkan keuntungan. Eksportir ini bisa produsen itu sendiri atau pedagang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian distribusi, sistem distribusi, dan macam-macam lembaga distribusi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 

loading...
Blog, Updated at: 06.37

0 komentar:

Posting Komentar