Pengertian Doktrin Sebagai Sumber Hukum dan Contoh-Contoh Doktrin

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 14 Agustus 2016

Loading...

Pengertian doktrin menurut ahli


Pengertian doktrin secara umum adalah suatu ajaran dari seorang ahli hukum. Seorang ahli, yakni seorang yang oleh dunia internasional sudah diakui keahliannya dalam lapangan hukum. Biasanya ahli itu menjadi terkenal karena buah pemikirannya bermutu tinggi. 

Pengertian doktrin menurut R. Soeroso, doktrin adalah pendapat para sarjana hukum terkemuka yang besar pengaruhnya terhadap hakim, dalam pengambilan keputusannya. Sudikno Mertokusumo juga menjelaskan bahwa doktrin adalah pendapat para sarjana hukum yang menjadi sumber hukum, tempat hakim dalam menemukan hukumnya.

Seringkali terjadi bahwa hakim dalam memutuskan perkara yang diperiksanya menyebutkan doktrin atau pendapat para sarjana hukum tertentu sebagai dasar pertimbangannya.

Doktrin yang belum digunakan hakim dalam mempertimbangkan keputusannya belum merupakan sumber hukum formil. Jadi, untuk dapat menjadi sumber hukum formil  doktrin harus memenuhi syarat tertentu ialah doktrin yang telah menjelma menjadi putusan hakim. 

Sebagai sumber hukum formil doktrin Nampak dengan jelas pada hukum internasional, karena secara tegas dinyatakan bahwa doktrin atau pendapat para sarjana hukum terkemuka adalah sebagai salah satu sumber hukum formil (Statute of the International Court of Justice Pasal 38 ayat 1). Yang termasuk sumber hukum internasional adalah :
  1. Perjanjian Internasional
  2. Kebiasaan Internasional
  3. Asas-asas hukum yang diakui oleh bangsa-bangsa beradab
  4. Keputusan hakim
  5. Pendapat para sarjana hukum terkemuka

Mengenai sumber hukum formil, Apeldoorn berpendapat bahwa yurisprudensi , perjanjian, dan doktrin bukan merupakan sumber hukum. Pendapat  ini bertentangan dengan pendapat Bellefroid yang justru mengatakan dengan tegas bahwa jurisprudensi dan doktrin adalah sumber hukum formil.


Contoh doktrin yang dijadikan sumber hukum


pengertian dokrin sebagai sumber hukum
Jeremy Bentham


Berikut ini adalah beberapa contoh doktrin yang dijadikan sumber hukum di dunia :
  1. Doktrin mazhab sejarah dan kebudayaan yang dipelopori oleh Friedrich Karl von Savigny (1779-1861), seorang Jerman yang berpendapat bahwa hukum merupakan perwujudan dari kesadaran hukum masyarakat (volksgeit). Semua  hukum berasal dari adat istiadat dan kepercayaan dan bukan berasal dari pembentukan undang-undang.
  2. Doktrin aliran utilitarianisme yang dipelopori oleh Jeremy Bentham (1748-1832), berpendapat bahwa manusia bertindak untuk memperbanyak kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Setiap kejahatan harus disertai dengan hukuman yang sesuai dengan kejahatan tersebut dan hendaknya penderitaan yang dijatuhkan tidak lebih dari apa yang diperlukan untuk mencegah terjadinya kejahatan. Pembentuk hukum harus membentuk hukum yang adil bagi segenap warga masyarakat secara individual.
  3. Doktrin aliran sosiciological jurisprudence yang dipelopori oleh Eugen Ehrlich (1826-1922), seorang Austria berpendapat bahwa hukum positif hanya akan efektif apabila selaras dengan hukum yang hidup dalam masyarakat. Pusat perkembangan dari hukum bukanlah terletak pada badan legislative, keputusan badan yudikatif ataupun ilmu hukum, tetapi justru terletak dalam masyarakat itu sendiri.
  4. Doktrin aliran realism hukum yang diprakarsai oleh Karl Llewellyn (1893-1962), Jerome Frank (1889-1957), Justice Oliver Wendell Holmes (1841-1935), ketiga orang tersebut berpendapat bahwa para hakim tidak hanya menemukan hukum, tetapi bahkan membentuk hukum.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian doktrin sebagai sumber hukum dan contoh-contoh doktrin yang dijadikan sumber hukum. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 06.57

0 komentar:

Posting Komentar