Pengertian Hukum Administrasi Negara Menurut Ahli

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Agustus 2016

Loading...

Istilah hukum administrasi negara adalah terjemahan dari administratief recht yang merupakan bahasa Belanda. Istilah administratief recht ada juga yang menerjemahkan menjadi hukum tata usaha negara dan hukum tata pemerintahan. Dalam memberikan definisi hukum administrasi negara, para sarjana juga tidak mengalami kata sepakat dan kesatuan pendapat.

Dalam mata kuliah hukum, istilah hukum administrasi negara biasa didingkat dengan HAN. Berikut ini adalah beberapa pengertian hukum tata negara yang dikemukakan oleh para ahli :

Pengertian hukum tata negara menurut R. Abdoel Djamali berpendapat bahwa hukum administrasi negara adalah peraturan hukum yang mengatur administrasi, yaitu hubungan antarwarga negara dan pemerintahnya yang menjadi sebab sampai negara itu berfungsi.

L.J. van Apeldoorn menjelaskan definisi hukum tata negara adalah peraturan-peraturan yang harus diperhatikan oleh para pendukung kekuasaan pemerintahan yang memegang tugas pemerintahan dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Kusumadi Pudjosewojo mengemukakan bahwa hukum administrasi negara (hukum tata usaha negara) adalah keseluruhan aturan hukum yang menentukan cara bagaimana negara sebagai penguasa itu menjalankan usaha untuk memenuhi tugas-tugasnya.

J.B. Daliyo berpendapat bahwa hukum administrasi negara adalah aturan-aturan hukum yang mengatur bagaimana cara alat-alat perlengkapan negara harus berbuat sesuatu dalam melaksanakan tugasnya.

Pengertian hukum administrasi negara atau HAN menurut Utrecht adalah hukum yang mengatur sebagian besar lapangan pekerjaan administrasi negara. Bagian lain diatur oleh hukum tata negara  (hukum negara dalam arti sempit), hukum privat dan sebagainya.



Berdasarkan pengertian hukum administrasi negara di atas, jelaslah bahwa hukum admininstrasi negara mengatur negara dalam keadaan bergerak. Hukum tata negara dan hukum administrasi negara merupakan dua jenis hukum yang dapat dibedakan, yakni hukum tata negara mengatur dalam keadaan diam, sedangkan hukum administrasi negara mengatur negara dalam keadaan bergerak. Akan tetapi, kedua hukum tersebut tidak bisa dipisahkan secara tajam.

Hukum administrasi negara sangat erat hubungannya dengan hukum tata negara, karena kedua bidang hukum itu mempunyai objek yang sama, yaitu negara. Selanjutnya, Baschan Mustafa menjelaskan bahwa hukum administrasi negara merupakan tambahan atau perpanjangan (verlengstuk) dari hukum tata negara.

Hukum administrasi negara atau hukum tata pemerintahan berisi peraturan-peraturan yang berkenaan dengan pemeritahan umum. Tetapi tidak semua peraturan-peraturan yang berkenaan dengan pemerintahan umum termasuk dalam cakupan HAN. Sebab ada peraturan-peraturan yang mencakup pemerintahan umum, tetapi tidak termasuk dalam HAN, melainkan masuk pada lingkup HTN.

Hukum administrasi negara adalah seperangkat peraturan yang memungkinkan administrasi negara menjalankan fungsinya, yang sekaligus juga melindungi warga terhadap sikap tindak administrasi negara, dan melindungi administrasi negara itu sendiri.

Berdasarkan pengertian hukum administrasi negara di atas, tampak bahwa dalam hukum administrasi negara atau HAN terdapat dua aspek, yaitu : pertama, aturan-aturan hukum yang mengatur dengan cara bagaimana alat-alat perlengkapan negara itu melakukan tugasnya, kedua, aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan hukum (rechtsbetrekking) antara alat perlengkapan administrasi negara atau pemerintah dengan warga negaranya.

Pengertian Hukum Administrasi Negara Menurut Ahli


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hukum administrasi negara (HAN) menurut para ahli. Semoga tulisan ini bisa menjawab tuntas mengenai definisi hukum administrasi negara atau HAN. 

Loading...
Blog, Updated at: 18.28

0 komentar:

Posting Komentar