Pengertian, Fungsi dan Hakikat Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 05 Agustus 2016

Loading...

Pengertian pengantar ilmu hukum


Sangat sulit untuk menjelaskan pengertian pengantar ilmu hukum secara langsung. Prof. Dr. Subekti pernah menyatakan bahwa Pengantar Ilmu Hukum atau PIH adalah buku pelajaran yang penulisannya paling sulit. Oleh karena itu, untuk memperoleh penjelasan yang gamblang mengenai pengertian pengantar ilmu hukum atau PIH, maka berikut ini adalah beberapa definisi pengantar ilmu hukum menurut para ahli.

Prof. Dr. Soedjono Didjosisworo, S.H. menyatakan bahwa PIH itu kerap kali di dunia studi hukum dinamakan “Ensyclopedie hukum” yang merupakan pengantar untuk ilmu pengetahuan hukum. Ilmu pengetahuan ini berusaha untuk menjelaskan tentang keadaan, inti, maksud, dan tujuan dari bagian-bagian penting dari hukum, serta pertalian antara bagian-bagian tersebut dengan ilmu pengetahuan hukum.

Prof. Dr. Achmad Sanusi, S.H. mengetengahkan sebagai berikut : Pengantar Ilmu Hukum atau PIH termasuk dalam mata pelajaran dasar (berbasis leervak). Bukan merupakan suatu mata pelajaran latihan berpraktik, sehingga jarang sekali diperlukan dalam praktek, dalam jabatan-jabatan negeri maupun swasta. Namun demikian sebagai mata pelajaran PIH harus dikuasai oleh mereka yang ingin mempelajari ilmu hukum. Maka oleh karena itu, Pengantar Ilmu Hukum tidak boleh dianggap kecil nilainya.

Ia mengatakan pula bahwa pegantar ilmu hukum atau PIH juga diajarkan pada fakultas-fakultas selain fakultas hukum, dengan tujuan untuk mengkualifikasi mata pelajaran pembuka kea rah pegetahuan hukum pada tingkat persiapan yang memang sudah menjadi tradisi walaupun usia pengantar ilmu hukum itu masih relative muda.


pengertian pengantar ilmu hukum


Peran dan fungsi pengantar ilmu hukum


Berikut ini adalah beberapa fungsi pengantar ilmu hukum atau PIH yang harus kita ketahui :
  1. PIH memberikan introduksi atau memperkenalkan segala masalah yang berhubungan dengan hukum.
  2. Pengantar ilmu hukum berusaha untuk menjelaskan tentang keadaan, inti, maksud dan tujuan dari bagian-bagian penting dari pada hukum serta bertalian antara berbagai bagian tersebut dengan ilmu pengetahuan hukum.
  3. PIH memperkenalkan ilmu hukum, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala seluk beluk dari pada hukum dalam segala bentuk manifestasinya.
  4. Pengantar ilmu hukum merupakan dasar dalam rangka studi hukum. Tanpa memahami pengantar ilmu hukum secara tuntas dan saksama tidak akan dapat diperoleh pengertian yang baik tentang berbagai cabang ilmu hukum. Dengan demikian sudah tepatlah apabila pengantar ilmu hukum juga dinamakan “basis leervak” atau mata kuliah dasar dari pelajaran hukum.
  5. PIH mengkualifikasikan mata pelajaran, pendahuluan, pembukaan kea rah ilmu pengetahuan hukum pada tingkat persiapan.



Hakikat pengantar ilmu hukum


Berikut ini adalah beberapa hakikat pengantar ilmu hukum atau PIH yang perlu untuk kita ketahui :
  1. PIH merupakan suatu mata pelajaran yang menjadi pengantar dan penunjuk jalan bagi siapapun yang ingin mempelajari ilmu hukum, yang ternyata sangat luas ruang lingkupnya.  Mereka tidak akan mungkin memahami dengan baik mengenai berbagai cabang ilmu tanpa menguasai mata pelajaran pengantar ilmu hukum terlebih dahulu.
  2. Sebagai suatu mata pelajaran, pengantar ilmu hukum memberikan dan menanamkan pengertian dasar mengenai arti, permasalahan, dan persoalan-persoalan di bidang hukum sehingga ia menjadi mata pelajaran utama yang harus dikuasai oleh mereka yang ingin mendalami ilmu hukum.
  3. PIH memberikan gambaran-gambaran dan dasar yang jelas mengenai sendi-sendi utama hukum itu sendiri. Berbeda dengan cabang-cabang ilmu hukum lainnya, maka PIH mempunyai cara pendekatan yang khusus ialah memberikan pandangan tentang hukum secara umum.
  4. Karena PIH merupakan mata pelajaran dasar, maka bagi mereka yang ingin mempelajari ilmu hukum harus menguasai mata pelajaran PIH terlebih dahulu. Tanpa penguasaan pengantar ilmu hukum, mereka akan mendapatkan kesulitan atau kegagalan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pengantar ilmu hukum atau PIH, peran dan fungsi pengantar ilmu hukum serta hakikat pengantar ilmu hukum atau PIH. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 05.01

0 komentar:

Posting Komentar