Pengertian dan Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe serta Manfaatnya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 10 Agustus 2016

loading...

Informasi keruangan dapat diperoleh dengan menggunakan peta, atlas, dan globe. Masing-masing media tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya tergantung dari kebutuhan si pengguna. Agar tidak salah dalam menentukan pilihan dalam memperoleh informasi keruangan, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik dari peta, atlas, dan globe.


Peta


Pengertian peta secara umum adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi yang dituangkan dalam bidang datar. Permukaan bumi terdiri ats berbagai macam objek yang jenis, ukuran dan bentuknya beragam. Jika ingin melihat seluruh permukaan bumi, maka kita harus naik ke tempat tinggi seperti menara, gunung, pohon yang tinggi, gedung, dan objek lain yang tinggi. Akan tetapi, kita hanya bisa melihat gambaran sebagian permukaan bumi yang sanggup dilihat oleh indra penglihatan kita saja.

Untuk melihat gambaran objek yang ada dipermukaan bumi, maka manusia membuat peta. Karena objek yang digambar di dalam peta sangat kecil, maka manusia tidak bisa melihat seluruh objek tersebut dalam bentuk aslinya. Objek-objek dalam peta hanya disimbolkan dengan bentuk-bentuk atau warna tertentu.

Dari situ, kita bisa menyimpulkan bahwa peta adalah suatu gambaran unsur-unsur atau kenampakan-kenampakan abstrak, yang dipilih dari permukaan bumi atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan dalam suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.

Pengertian dan Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe serta Manfaatnya


Bagaimana cara memperoleh informasi keruangan dengan peta ? berbagai informasi yang ada di dalam peta dapat kita peroleh dengan memperhatikan cara penggunaan peta sebagai berikut :
  1. Untuk memperoleh informasi tentang lokasi objek, perhatikanlah keterangan symbol pada legenda peta dan lihatlah lokasi symbol tersebut pada peta. Jika objek tersebut sudah dikenali, maka kita bisa melihat lokasinya secara langsung di peta.
  2. Informasi tentang lokasi objek juga dapat dilihat dengan menggunakan koordinat peta. Jika peta tersebut menggunakan koordinat lintang dan bujur, koordinat tersebut memberikan informasi tentang lokasi lintang dan bujur dari objek tersebut.
  3. Untuk memperoleh informasi tentang sebaran objek, lihatlah secara langsung pada peta sebaran dari symbol-simbol yang sama.
  4. Untuk memperoleh informasi tentang jenis objek geografi yang Nampak pada peta, maka kita bisa melihat pada symbol objek dan keterangan pada legenda.
  5. Untuk memperoleh informasi mengenai ukuran objek, misalnya panjang dan luas, perhatikanlah skala peta.
  6. Untuk memperoleh arah dari objek, perhatikanlah orientasi peta atau arah utara peta dan sesuaikanlah arah objek tersebut dengan orientasi peta tersebut.



Atlas


Secara sederhana, atlas adalah kumpulah peta yang dibukukan. Peta yang dibukukan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari. Peta yang dibukukan juga menggambarkan cakupan wilayah tertentu. Beberapa contoh berikut ini adalah atlas dengan cakupan wilayah berbeda.
  1. Atlas nasional memuat data fisik, sosial, budaya suatu negara, misalnya atlas Indonesia.
  2. Atlas regional merupakan atlas yang memuat data fisik, sosial, dan budaya suatu kawasan, misalnya atlas negara-negara ASEAN.
  3. Atlas dunia memuat data fisik, sosial, budaya seluruh negara yang ada di dunia.

Atlas juga dapat dikelompokkan berdasarkan tema-tema tertentu. Hal ini dimaksudkan agar informasi tentang tema-tema tertentu dapat disajikan dalam jumlah yang lebih banyak. Beberapa contoh atlas semacam ini adalah :
  1. Atlas geografi merupakan atlas yang di dalamnya memuat kondisi geografis berbagai wilayah di permukaan bumi.
  2. Atlas sejarah merupakan atlas yang di dalamnya memuat perubahan atau perkembangan kondisi sosial, budaya, dan fisik di permukaan bumi.

Atlas biasanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang latarbelakangnya berbeda-beda, artinya siapa saja dapat dengan mudah menggunakan peta. Karena itu, atlas memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
  1. Menarik, artinya atlas menarik orang untuk membacanya.
  2. Informative, artinya informasi yang ditampilkan jelas, mudah, dan actual.
  3. Sistematis, artinya atlas yang disusun dengan urutan yang jelas.



Globe


Globe adalah model atau tiruan bola bumi yang paling mendekati bentuk bumi sesungguhnya, diperkecil, dan menggunakan skala tertentu. Jika kita memperhatikan sebuah globe, maka akan Nampak bahwa globe dipasang miring atau tidak tegak lurus dengan bidang permukaan tempat globe disimpan. Mengapa ? hal ini disesuaikan dengan poros bumi yang juga miring sebesar 66,50 dari bidang edarnya atau disebut bidang eliptika.

Walaupun bentuknya mirip dengan bumi, gobe memiliki kelemahan, yaitu :
  1. Skala globe terlalu kecil sehinga informasinya tidak lengkap atau masih bersifat umum. Banyak informasi yang tidak terpetakan di dalam globe.
  2. Globe tidak mudah dibawa ke mana-mana seperti peta dan atlas.

Globe juga memiliki kelebihan atau kegunaan, yaitu sebagai berikut :
  1. Bentuk globe menyerupai bentuk bumi yang sebenarnya.
  2. Letak astronomis dan geografis pada globe mudah dipelajari karena mengikuti bentuk bumi. Pada peta, garis lintang dan garis bujur merupakan hasil dari proyeksi yang mengandung unsur distorsi atau kesalahan.
  3. Gambaran daratan dan lautan pada globe dapat terlihat persebarannya sesuai dengan kenyataan.
  4. Pembagian iklim matahari dapat dipelajari dengan mudah menggunakan globe.
  5. Globe dapat menirukan gerakan rotasi bumi dan posisi bumi terhadap ekliptika.

Walaupun informasi tentang permukaan bumi yang dapat diperoleh dari globe sangat terbatas, namun terdapat informasi penting yang dapat diperoleh yaitu diantaranya adalah :
  1. Mengetahui letak astronomis suatu wilayah di permukaan bumi.
  2. Mengetahui perbedaan iklim melalui garis lintang.
  3. Mengetahui perbedaan waktu daerah di dunia.
  4. Mengetahui persebaran bentang alam di dunia seperti daratan, lautan, danau, sungai, dan lain-lain.
  5. Mengetahui sebaran tentang budaya seperti kota dan negara.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan peta, atlas dan globe serta manfaat peta atlas dan globe. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 06.04

0 komentar:

Posting Komentar