Ciri-Ciri Makhluk Hidup dalam Biologi

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 22 Oktober 2016

loading...

Apa perbedaan antara batu dengan tumbuhan ? ciri-ciri fisik antara batu dan tumbuhan sangat jelas. Dalam waktu beberapa tahun, tumbuhan bisa tumbuh menjadi sangat besar, sedangkan batu tidak akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Adanya pertumbuhan pada tumbuhan itulah yang menjadi salah satu ciri makhluk hidup yang tidak dimiliki oleh benda mati seperti batu.

Semua makluk hidup memiliki ciri-ciri hidup. Ciri-ciri makhluk  hidup yang membedakannya dengan benda mati  antara lain bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, dan bisa beradaptasi.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri makhluk hidup :


Bernapas


Ciri utama makhluk hidup adalah bernapas. Semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan butuh untuk bernapas tidak peduli berapa pun usia mereka. Dalam proses pernapasan, makhluk hidup memerlukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. 

Sistem pernapasan makhluk hidup dibantu dengan alat-alat pernapasan. Manusia bernapas menggunakan paru-paru. Alat pernapasan hewan lebih kompleks, tergantung pada jenis hewannya. Ada hewan yang bernapas menggunakan paru-paru, insang, kulit, trakea, dan lain-lain. Sedangkan tumbuhan bernapas menggunakan stomata atau mulut daun.


ciri-ciri makhluk hidup


Bergerak


Semua makhluk hidup pasti bergerak karena ini merupakan ciri utama makhluk hidup. Gerak pada makhluk hidup dibedakan menjadi gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif bisa dilihat dengan mudah pada manusia dan hewan, misalnya ketika berpidah tempat.

Gerak bisa kita lihat pada tumbuhan ketika menguncup, gerak akar mendekati sumber air, tunas yang tumbuh ke atas, gerak mekarnya bunga, dan lain-lain. Gerak tumbuhan terkena pengaruh rangsangan dari luar dibedakan atas gerak taktis, gerak tropisme, dan gerak nasti.


Peka terhadap rangsangan


Makhluk hidup pasti peka terhadap rangsangan. Baik rangsangan berupa cahaya, sentuhan, bunyi, bau, rasa, dan lain-lain. Untuk merasakan rangsangan ini, maka makhluk hidup dilengkapi dengan alat indera. Manusia dan hewan bisa mendengarkan bunyi, bisa bergerak ketika terkena rangsangan berupa sentuhan. Sedangkan tumbuhan meskipun tidak memiliki alat indera bisa peka terhadap rangsangan. Misalnya pada tanaman puteri malu.


Makan


Semua makhluk hidup perlu makan. Makanan diperlukan sebagai sumber energi untuk melangsungkan kehidupan. Tumbuhan hijau bisa memproduksi makanan sendiri. Sedangkan manusia, hewan, dan tumbuhan tak berhijau daun memanfaatkan makhluk hidup lain sebagai sumber makanan. Oleh karena itu, ciri ini manjadi mutlak bagi makhluk hidup.


Mengeluarkan zat sisa


Makhluk hidup perlu untuk mengeluarkan zat sisa karena jika zat sisa tertimbun di dalam tubuh maka akan dapat meracuni alat-alat tubuh. Alat pengeluaran zat sisai antara lain adalah kulit, ginjal,  dan paru-paru. Zat sisa pada manusia antara lain berupa keringar, urine, dan feses.


Tumbuh


Ciri makhluk hidup penting lainnya adalah tumbuh. Pertumbuhan meliputi pertambahan ukuran tubuh seperti panjang, luas, tinggi, dan berat. Manusia akan mulai tumbuh dari bayi, menjadi anak-anak, remaja, dewasa, hinga tua. Sedangkan hewan seperti awan memulai pertumbuhannya dengan menjadi telur, anak ayam, kemudian menjadi ayam dewasa.


Berkembang biak


Makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda. Ada yang berkembang biak dengan melahirkan, bertelur, bertelur melahirkan, fragmentasi, atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami atau dengan cara buatan. Perkembangbiakan tumbuhan secara alami melalui spora, tunas, umbi, dan lain-lain. Sedangkan secara buatan tumbuhan berkembang biak dengan cara setek, cangkok, runduk, dan kulr jaringan.


Beradaptasi


Semua makhluk hidup bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Macam-macam adaptasi pada makhluk hidup antara lain adalah adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku, dan adaptasi fisiologi. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk alat tubuh. Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi alat tubuh terhadap keadaan lingkungan.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup. Semoga bermanfaat. 

loading...
Blog, Updated at: 21.56

0 komentar:

Posting Komentar