Ciri-Ciri Tumbuhan Biji Terbuka atau Gymnospermae dan Golongan Gymnospermae

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 18 Oktober 2016

loading...

Ciri-ciri Gymnospermae


Pernah mendaki gunung dan melihat tumbuhan pinus ? tumbuhan pinus adalah salah satu contoh tumbuhan berbiji terbuka atau Gymnospermae.  Gymnospermae atau tumbuhan biji terbuka adalah tumbuhan yang bijinya tidak terletak dalam buah, tetapi bijinya terletak di daun buah sehingga bijinya tampak dari luar.

Daun buah adalah daun biasa yang berubah bentuk dan fungsinya, yaitu bentuknya memanjang dan tepinya berlekuk-lekuk. Di tempat lekukan terdapat bakal biji. Karena bakal bijinya tidak diliputi daun buah, tumbuhan biji terbuka disebut juga tumbuhan biji telanjang.

Berikut ini adalah beberapa ciri tumbuhan berbiji terbuka atau Gymnospemae.


Akar

Akar tumbuhan gymnospermae kebanyakan berupa sistem perakaran tunggang. Akar ini memiliki jaringan pengangkut yang terdiri atas sel-sel trakheid. Pada ujung akar terdapat kelompok sel  pemula (inisial) yang membentuk plerome (ke dalam) dan kaliptra (ke luar).


Batang

Pada tumbuhan berbiji terbuka atau gymnospermae, batangnya berkayu, berbentuk perdu atau pohon. Pada batang terdapat jaringan pengangkut berupa xilem dan floem. Batang dan akar berkambium sehingga selalu mengadakan pertumbuhan sekunder. Batang tumbuhan biji terbuka, ada yang lurus, misalnya pada pakis haji serta ada yang bercabang misalnya pada ginkgo dan belinjo.


Daun

Daun gymnospemae  berbentuk jarum misalnya pada pinus dan cemara. Seperti pita bertulang daun sejajar, misalnya pada pakis haji, atau berdaun lebar dengan tulang daun menyirip misalnya pada belinjo. Daun berwarna hijau karena mengandung klorofil yang berguna pada proses fotosintesis.


Bunga

Bunga pada gymnospermae bukan bunga sebenarnya. Jika mempunyai mahkota bunga, maka mahkota bunga tersebut berwarna tidak mecolok.

Biji

Biji tidak terlindung oleh daun buah. Daun buah merupakan organ reproduksi tumbuhan berbiji terbuka. Ada dua macam daun buah, yaitu daun buah jantan yang menghasilkan sel-sel kelamin jantan dan daun buah betina yang menghasilkan sel-sel kelamin betina.


ciri-ciri tumbuhan biji terbuka

Golongan gymnospermae


Gymnospermae digolongan menjadi 5 kelas, yaitu Pteridospermae (paku biji), Cycadinae, Ginkgoinae, Gnetinae, dan Coniferinae.


Pteridospermae 

Pteridospermae merupakan peralihan dari tumbuhan paku ke gymnospermae. Tumbuhan kelas ini sudah punah.


Cycadinae

Cycadinae meliputi kira-kira 100 spesis yang sebagian besar menyerupai pohon palma, agak berkayu, tidak bercabang, akar tunggang, batang memanjang, serta berdaun majemuk yang terdapat pada ujung batang. Kebanyakan tumbuhan jenis ini merupakan tumbuhan tropis dan subtropics. Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dan diambil getahnya. Contoh gymnospermae kelas cycadinae adalah pakis haji.


Ginkgoinae

Satu-satunya anggota spesies ini yang masih bertahan hidup adalah Ginkgo biloba. Tanaman ini sangat terkenal karena berkhasiat untuk menyembukan banyak penyakit. Tanaman ini banyak dikembangbiakkan di daerah perkotaan karena sifatnya yang tahan terhadap udara yang tercemar.


Gnetinae

Gnetinae adalah kelas gymnospermae yang dianggap memiliki perkembangan evolusi paling tinggi karena memiliki bunga sederhana. Tumbuhan ini ada yang berumah satu dan ada yang berumah dua, serta berdaun tunggal dengan tulang menyirip. Contoh tumbuhan kelas ini adalah belinjo.


Coniferinae

Tumbuhan berbiji terbuka kelas ini meliputi kira-kira 600 spesis yag didominasi oleh pinus sebanyak 80 spesies. Kebanyakan memiliki daun yang selalu hijau. Tumbuhan ini tersebar luas terutama di daerah yang berdataran tinggi. Bagian tumbuhan kelas ini sangat bermanfaat, misalnya kayu pinus untuk pembuatan kertas serta korek api dan getah damar untuk pembuatan cat.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri tumbuhan biji terbuka atau gymnospermae dan macam-macam kelas gymnospermae. Semoga tulisan ini semakin memberikan pemahaman mengenai tumbuhan berbiji terbuka

loading...
Blog, Updated at: 21.55

0 komentar:

Posting Komentar