Dampak Globalisasi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 30 Oktober 2016

Loading...

Arus globalisasi membawa dampak tertentu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan. Derasnya arus globalisasi dirasakan oleh seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia. Dampak globalisasi bisa berupa dampak positif dan dampak negatif globalisasi. Untuk itu dibutuhkan pembentukan karakter kebangsaan pada masyarakat Indonesia sehingga dalam mengikuti arus globalisasi masyarakat Indonesia tidak terhanyut dalam dampak negatif globalisasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak globalisasi di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta di bidang hukum, pertahanan, dan keamanan.


Dampak globalisasi di bidang politik


Dampak globalisasi di bidang politik antara lain adalah :
  1. Penyebaran nilai-nilai politik barat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk unjuk rasa atau demonstrasi yang semakin berani dan kadang mengabaikan kepentingan umum.
  2. Pudarnya nilai-nilai politik yang dilandasi semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong.
  3. Menguatnya nilai-nilai politik berdasarkan semangat individual, kelompok oposisi, dictator mayoritas atau tirani minoritas.
  4. Transparansi, akuntabilitas, dan professional dalam penyelenggaraan pemerintahan atau jabatan public semakin disorot oleh berbagai elemen masyarakat.
  5. Semakin banyak partai, organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat yang menjadi sponsor kepentingan tertentu dengan menyuarakan HAM, supermasi hukum, demokratisasi, dan lingkungan.


Dampak Globalisasi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia


Dampak globalisasi di bidang ekonomi


Dampak globalisasi di bidang ekonomi antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Menguatnya kegiatan ekonomi oleh pemodal besar dan semakin tersingkirnya pemodal kecil.
  2. Melemahnya peran pemerintah dalam perekonomian sehingga pemerintah hanya bertindak sebagai penagtur perekonomian, sedangkan mekanismenya ditentukan oleh pasar.
  3. Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi makin sulit berkembang, dan penyerapan tenaga kerja dengan modal padat karya mulai ditinggalkan.
  4. Meningkatnya persaingan produk dan harga sejalan dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin selektif.



Dampak globalisasi di bidang sosial dan budaya


Dampak globalisasi dalam bidang sosial dan budaya adalah sebagai berikut :
  1. Mudahnya nilai dan budaya barat masuk ke kehidupan masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi seperti televisi, radio, internet, dan media cetak. Perubahan itu bisa kita lihat mulai dari gaya rambut hingga selera fashion.
  2. Memudarnya apresiasi terhadap  nilai-nilai budaya local akibat pengaruh budaya hidup individualistis, pragmatis, hedonistis, permisif dan konsumeris. Tidak heran, kita bisa melihat semakin banyak anak membangkan pada orang tuanya, dan banyak murid sekolah yang sudah berani memukul dan menantang gurunya.
  3. Memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu seperti musibah, kecelakaan, dan sakit hanya ditangani sebagian kecil orang. Akibatnya kebersamaan dan kekeluargaan mulai hilang.
  4. Memudarnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kita bisa melihat acara-acara keagamaan hanya diikuti oleh orang tua dan minim anak muda.



Dampak globalisasi di bidang hukum, pertahanan, dan keamanan


Dampak globalisasi di bidang hukum, pertahanan dan keamanan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap pelaksanaan HAM.
  2. Menguatnya peraturan hukum dan perumusan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
  3. Menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas  penegak hukum  yang lebih professional, transparan, dan akuntabel.
  4. Menguatnya supremasi sipil dengan menunjukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional.
  5. Menurunnya peran masyarat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentara dan polisi.


Demikianlah penjelasan mengenai dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat. 

Loading...
Blog, Updated at: 20.57

0 komentar:

Posting Komentar