Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Globalisasi di Indonesia

Posted by Ensikloblogia on Senin, 31 Oktober 2016

Loading...

Kita tahu, bahwa perkembangan globalisasi tidak akan terjadi dengan mudah. Ada faktor pendukung dan penghambat perkembangan globalisasi di Indonesia. Pada era global, kita harus bisa lebih cerdas menyikapi  setiap hal yang berasal dari budaya luar. Arus globalisasi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga membawa dampak negative  yang harus kita waspadai. Kepribadian bangsa dapat dijadikan sebagai pegangan untuk melakukan seleksi terhadap budaya asing agar tidak hilang pegangan dan terjerumus dalam dampak negative globalisasi.


Faktor pendukung perkembangan globalisasi di Indonesia


Beberapa faktor pendukung perkembangan globalisasi di Indonesia antara lain adalah :


Tumbuhnya sikap terbuka


Sikap keterbukaan dapat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pola hidup, pola pikir, dan berbagai konsep untuk pembaruan. Akan tetapi, sikap terbuka bukan berarti membuka selebar-lebarnya tanpa ada penyaringan. Sebagai bangsa yang memiliki kepribadian, kita harus menyeleksi nilai  dan budaya yang masuk berdasarkan nilai-nilai Pancasila.


Pendidikan masyarakat


Pendidikan masyarakat memiliki peran penting dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya akan mendorong perkembangan globalisasi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melaluui pendidikan formal dan non formal. Misalnya kursus, home schooling, seminar, pelatihan, dan lain-lain. Sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkna oleh suatu negara untuk menghadapi persaingan di era global.


Sistem mobilitas (pergerakan) sosial terbuka


Mobilitas merupakan gerakan masa yang terus berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan, derajat, dan martabat hidup yang layak. Pengaruh arus globalisasi membuat sistem mobilitas sosial makin terbuka. Mobilitas sosial mudah terjadi pada masyarakat yang terbuka terhadap perubahan. Pada mobilitas sosial, masyarakat akan mengalami keberhasilan maupun kegagalan. Mobilitas ini pula yang menjadi faktor pendorong terjadinya globalisasi di Indonesia.


Penghargaan terhadap hasil karya orang lain


Manusia diciptakan dengan memiliki cipta, rasa, dan karsa. Anugerah tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menghasilkan penemuan baru  atau melakukan inovasi  atas produk yang sudah ada. Produk yang dihasilkan mengandung unsur keindahan dan kebermanfaatan  bagi kehidupan masyarakat. Hasilnya masyarakat akan memberikan apresiasi atas produk tersebut. Jika produknya dihargai, maka seseorang akan tertantang untuk melakukan inovasi yang mendorong terjadinya perkembangan globalisasi.


Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Globalisasi di Indonesia

Faktor peghambat terjadinya globalisasi


Faktor penghambat terjadinya globalisasi antara lain adalah :


Sikap apatis dan tertutup


Sikap apatis atau tidak peduli pada sesuatu tidak akan membawa kita pada kemajuan, tetapi hanya menjauhkan bangsa dari kemajuan yang terjadi di dunia. Sejarah mencatat bahwa ketika Jepang tertutup dari perkembangan dunia luar, Jepang menjadi salah satu bangsa yang tertinggal dari negara-negara lain. Dan ketika Jepang membuka diri melalui Restorasi Meiji, Jepang akhirnya menjadi negara maju. Atas dasar tersebut, maka kita sebaiknya tidak menutup diri agar tidak menghambat terjadinya globalisasi dan perkembangan kita sendiri.


Ketergantungan pada pemerintah


Masyarakat harus memiliki sikap yang percaya diri dalam memecahkan masalah sehari-hari. Sikpa tergantung pada pemerintah  merupakan cerminan sikap yang pesimis. Kondisi ini sangat menghambat bagi kemajuan masyarakat atau suatu bangsa.


Sikap mental yang lemah


Sikap mental yang lemah yang dapat menghambat perkembangan globalisasi antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Sikap main potong kompas, yaitu sikap yang menggunakan berbagai cara dalam mencapai tujuan. Sikap main potong kompas tidak memperdulikan apakah cara tersebut dibenarkan oleh tidak oleh peraturan perundang-undangan dan agama.
  2. Sikap yang mengandalkan atau menggantungkan orang lain dalam memperoleh sesuatu.
  3. Sikap menganggap remeh persoalan dan menilai sesuatu dari sisi mudahnya.
  4. Sikap menghargai sesuatu karena memperoleh materi secara langsung. Jika tidak bersikap demikian, seorang tidak akan mau terlibat di dalamnya.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor pendorong dan penghambat terjadinya globalisasi. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Loading...
Blog, Updated at: 21.04

0 komentar:

Posting Komentar