Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 29 Oktober 2016

loading...

Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan sosial budaya dapat ditemukan di lingkungan sekitar masyarakat kita dengan mudah. Perubahan sosial budaya tidak terjadi begitu saja, melainkan disebabkan oleh banyak faktor yang sangat kompleks.

Soerjono Soekanto menyebutkan bahwa faktor penyebab perubahan sosial budaya disebabkan oleh adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya.


Faktor internal penyebab perubahan sosial budaya



1. Perubahan jumlah penduduk


Perubahan jumlah penduduk, entah itu bertambah ataupun berkurang akan menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di dalam masyarakatnya. Di pedesaan misalnya, ketika terjadi transmigrasi maka kita mengenal hak individual atas sewa tanah, gadai tanah, dan sebagainya yang sebelumnya tidak dikenal. Sedangkan di masyarakat perkotaan, dengan adanya urbanisasi maka pertambahan jumlah penduduk akan terjadi sehingga biasanya akan menyebabkan ketimpangan sosial karena penduduk dari desa umumnya tidak memiliki strata pendidikan yang baik dan bisa bersaing.

2. Adanya penemuan-penemua baru


Penemuan-penemuan baru menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya secara langsung. Di masyarakat Inggris yang sebelumnya adalah masyarakat agraris langsung berubah menjadi masyarakat industry ketika adanya penemuan mesin uap dari James Watt. Belum lagi inovasi-inovasi lain yang berkembang setelah adanya penemuan awal. 

Sebagai contoh misalnya adalah manusia cenderung membedakan starat sosial seseorang dari inovasi tersebut. Manusia cenderung menganggap hebat orang yang memiliki gadget Apple atau Samsung dibandingkan gadget merek lainnya. 

3. Teknologi


Teknologi dapat mempengaruhi perkembangan masyarakat, yaitu mempengaruhi sebagian dari pikiran dan perilaku manusia yang akan membawa perubahan sosial budaya di dalam kehidupannya. Sebagai contoh, perkembangan industry tektil menyebabkan masyarakat mengenal trend mode dan fashion. Bayangkan jika indutri tekstil tidak berkembang, mungkin saat ini manusia hanya mengenal pakaian dari kulit kayu atau kulit binatang.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya


4. Pertentangan (konflik)


Adanya pertentangan atau konflik dalam masyarakat akan menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. Pertentangan dapat terjadi antara orang perorang atau kelompok perkelompok atau bahkan individu dengan kelompok. Sebagai contoh adalah pertentangan antara generasi tua dengan generasi muda dalam hal masuknya kebudayaan asing.

Generasi tua cenderung menolak adanya kebudayaan asing. Sedangkan generasi muda yang belum terbentuk kepribadiannya akan cenderung menerima kebudayaan asing tersebut. Hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan pandangan antara generasi tua dengan generasi muda dalam hal pergaulan dengan lawan jenis misalnya. 


5. Keterbukaan masyarakat


Sifat masyarakat yanf terbuka mempermudah masyarakat untuk menerima unsur-unsur baru atau menyerapnya dalam kehidupan sosial budayanya. Oleh karena itu masyarakat yang bersifat terbuka akan mempermudah terjadinya perubahan sosial dan budaya. Contohnya adalah masyarakat yang dahulunya tidak mempercayai dokter kini sudah bisa memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.


6. Terjadinya pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat


Revolusi adalah faktor penyebab perubahan sosial budaya yang sangat cepat dan menyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur-struktur lembaga masyarakat. Kita tahu bahwa Revolusi Perancis yang terjadi pada tahun 1789 menyebabkan Perancis yang sebelumnya berbentuk kerajaan monarki berubah  menjadi negara republik dalam waktu singkat.


Faktor ekstrenal penyebab perubahan sosial budaya


Perubahan sosial budaya dapat pula bersumber dari luar masyarakat. Berikut ini adalah faktor ekternal penyebab perubahan sosial budaya.

1. Lingkungan alam (fisik)


Perubahan lingkungan alam bisa menjadi penyebab utama perubahan sosial budaya. Sebagai contoh adalah bencana tsunami yang terjadi di Aceh yang menyebabkan kehidupan masyarakat nelayan berubah menjadi petani setelah dievakuasi ke dataran tinggi. Kita juga bisa melihat bencana alam lumpur panas Lapindo yang menyebabkan masyarakatnya harus pindah dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru, tentu dengan sistem sosial budaya yang baru pula.

2. Peperangan


Peperangan menyebabkan perubahan sosial budaya pada banyak aspek. Negara yang kalah perang 
akan dipaksa untuk menerima nilai-nilai yang dibawa oleh negara yang memenangkan perang. Contohnya adalah perang antara Amerika dan sekutu terhadap Irak, yang menyebabkan Amerika dan sekutu berupaya untuk mempengaruhi sistem politik, sosial, dan budaya di negara Irak.

3. Kontak kebudayaan dengan masyarakat lain


Kontak kebudayaan antar masyarakat saat ini bisa terjadi dengan mudah, dan dengan mudah pula bisa menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. Contohnya adalah masuknya budya barat ke Indonesia. Di satu sisi, masyarakat Indonesia menjadi semaki paham dengan teknologi sedangkan di sisi lain generasi muda Indonesia saat ini sudah bisa mulai menerima kebudayaan-kebudayaan barat.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Semoga bermanfaat. 

loading...
Blog, Updated at: 04.42

0 komentar:

Posting Komentar