Pengertian Badan Usaha serta Fungsi dan Peran Badan Usaha dalam Perekonomian

Posted by Ensikloblogia on Senin, 17 Oktober 2016

loading...

Pengertian badan usaha dan perusahaan


Seringkali kita mendengar kata badan usaha dan kata perusahaan dalam waktu yang bersamaan. Akan tetapi, antara pengertian badan usaha dan pengertian perusahaan berbeda.

Pengertian perusahaan menurut Sukanto Reksohadiprojo adalah suatu lembaga yang diorganisir dan dijalankan untuk menyediakan barang-barang dan jasa-jasa untuk masyarakat dengan motif insentif atau keuntungan.

Definisi perusahaan menurut Sapingi yaitu suatu organisasi yang fungsinya menghasilkan nilai-nilai ekonomis yang dapat diterima oleh masyarakat dan masyarakat mampu membayarnya.

Berdasarkan pengertian perusahaan tersebut, maka dapat disimpulka bahwa perusahaan adalah suatu organisasi yang mengelola sumber-sumber dana ekonomi  atau faktor-faktor produksi yang ada untuk menghasilkan barang dan jasa bagi masyarakat.

Jadi, apa pengertian badan usaha ?

Pengertian badan usaha adalah suatu organisasi yang bersifat hukum dan ekonomi yang mengelola faktor-faktor produksi yang ada dengan tujuan mencari keuntungan ataupun memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Jadi, dapat kita tarik kesimpulan bahwa perusahaan adalah pelaksana teknis dari badan usaha yang mempunyai peran utama sebagai penghasil barang dan jasa.

Sebuah perusahaan pastilah berbentuk badan usaha. Entah itu adalah badan usaha milik negara ataupun badan usaha milik swasta.


Pendirian badan usaha


Dalam hal pendirian badan usaha, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena suatu badan usaha tidak hanya berdiri begitu saja. Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal pendirian badan usaha yaitu :
  1. Sebuah badan usaha harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual dan dipasarkan. Bukan hanya itu, pemilik badan usaha juga harus menguasai betul produk yang akan ditawarkan tersebut.
  2. Sebuah badan usaha harus memahami pemasaran dari barang yang akan dijual, jangan sampai produk yang akan dipasarkan tersebut adalah produk yang tidak laku dan tidak diinginkan oleh pembeli.
  3. Sebuah badan usaha perlu menentukan harga pokok produk agar bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis.
  4. Sebuah badan usaha perlu menyediakan alat dan barang yang diperlukan dalam proses produksinya karena itu akan berpengaruh besar pada lancer tidaknya produksi barang.
  5. Badan usaha perlu menentukan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan besar kecilnya produksi yang akan dilakukan.
  6. Badan usaha perlu untuk menentukan bentuk organisasi perusahaan agar pertanggung jawabannya jelas.
  7. Badan usaha perlu juga menentukan jenis badan usaha yang akan dipilih, apakah berbentuk firma, CV, PT, dan sebagainya.


Pengertian Badan Usaha serta Fungsi dan Peran Badan Usaha dalam Perekonomian


Faktor-faktor pemilihan bentuk badan usaha


Ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan dasar untuk memilih bentuk badan usaha, antara lain sebagai berikut :
  1. Jenis usaha yang akan dijalankan. 
  2. Seberapa luas usaha dan pasar yang akan dilayani
  3. Berapa modal yang dibutuhkan dan dimiliki untuk mengawali usaha atau perluasan usahanya nantinya.
  4. Bagaimana manajemen yang digunakan dan pengawasannya.
  5. Bagaimana risiko yang akan ditanggung dan ketentuan tentang tanggung jawab pada hutang badan usaha
  6. Berapa lama masa operasi perusahaan.
  7. Besarnya laba yang diharapkan.



Fungsi badan usaha


Badan usaha memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi bisnis, fungsi sosial dan fungsi pembangunan ekonomi. Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai fungsi  badan usaha tersebut.


1. Fungsi bisnis


Sebuah badan usaha tentu saja tidak didirikan dengan tujuan iseng semata. Suatu badan usaha umumnya dibangun dengan fungsi bisnis dan diharapkan nantinya bisa menghasilkan banyak keuntungan. Itu adalah hal yang mutlak dalam dunia badan usaha dan bisnis. 

Untuk menjalankan fungsi bisnis badan usaha, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menekan biaya produksi, melakukan promosi agar penjualan meningkat, menyederhanakan bentuk organisasi, meningkatkan kualitas produk agar bisa bersaing dengan produk lain, memberikan pelayanan yang memuaskan, serta meningkatkan kegunaan produk.

Agar tujuan badan usaha untuk menghasilkan keuntungan ini tercapai, maka badan usaha perlu meningkatkan fungsi operasional dengan cara mengoptimalkan sumber daya manusia, mengoptimalkan produksi, meningkatkan pemasaran, dan mengefisienkan dalam hal pembelanjaan.
Badan usaha juga dapat mengoptimalkan fungsi manajemen agar bisa menghasilkan banyak profit dengan cara mengoptimalkan fungsi perencanaan, fungsi organisasi dan fungsi pengawasan.


2. Fungsi sosial


Suatu badan usaha didirikan di tengah-tengah masyarakat, sehingga secara langsung maupun tidak langsung badan usaha berhubungan dengan masyarakat di sekitarnya. Maka diharapkan badan usaha tersebut bisa melaksanakan fungsi sosialnya sehingga bisa memberikan kemanfaatan dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Untuk melaksanakan fungsi sosial ini, maka badan usaha bisa memulainya dengan hal kecil seperti menggunakan tenaga kerja dari masyarakat sekitar sehingga akan memberikan timbal balik bagi masyarakat dan badan usaha. Dalam hal lingkungan, maka suatu badan usaha atau perusahaan terutama yang bergerak di bidang industry sebaiknya memperhatikan agar tidak mencemari lingkungan masyarakat sekitar.


3. Fungsi pembangunan ekonomi


Fungsi ini lebih ditekankan pada peran badan usaha dalam pembangunan ekonomi negara. Bagaimana badan usaha memberikan peningkatan ekonomi masyarakat, apakah itu badan usaha milik swasta apalagi badan usaha milik pemerintah.

Badan usaha yang sudah mengekspor produknya sampai keluar negeri tentu saja memberikan tambahan devisa bagi negara yang berdampak langsung pada pembangunan ekonomi. Badan usaha yang didirikan di daerah-daerah tertinggal juga secara langsung akan berdampak pada pemerataan ekonomi.


Peranan badan usaha swasta dalam perekonomian


Tidak bisa kita pungkiri bahwa badan usaha swasta memiliki andil yang besar dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Kelebihan badan usaha swasta dalam keleluasaan manajemen dan modal merupakan alasan kuat mengapa badan usaha swasta merupakan partner yang tepat bagi pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional. Peran badan usaha swasta dalam perekonomian nasional Indonesia antara lain :
  1. Bekerja sama dengan BUMN meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
  2. Turut meningkatkan produksi nasional.
  3. Membuka lapangan kerja baru sehingga menurunkan angka pengangguran.
  4. Meningkatkan penerimaan negara.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian badan usaha, pendirian badan usaha, fakor pemilihan badan usaha, bentuk badan usaha hingga peran badan usaha milik swasta dalam perekonomian nasional.

loading...
Blog, Updated at: 23.37

0 komentar:

Posting Komentar