Pengertian Bela Negara

Posted by Ensikloblogia on Senin, 31 Oktober 2016

loading...

Akhir-akhir ini pemerintah mencetuskan untuk melakukan wajib militer, yang kemudian istilahnya diganti dengan istilah bela negara. Apa pengertian bela negara ? Pertama-tama, kita perlu mengetahui bahwa negara adalah salah satu subjek dalam hukum internasional yang sudah diakui. Negara harus memenuhi unsur tertentu untuk memenuhi syarat sebagai sebuah negara, dan dalam Konvensi Montevideo tahun 1933 dinyatakan bahwa unsur-unsur negara adalah adanya penduduk yang tetap, adanya wilayah tertentu, adanya pemerintahan yang berdaulat  serta adanya kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lainnya.

Bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang dilandasi oleh kecintaan kepada negara dan diwujudkan dalam kesediaan untuk melindungi, mempertahankan, dan memajukan bangsa dan negara secara bersama.

Dapat pula dikatakan bahwa bela negara merupakan tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berlanjut. Tekad, sikap, dan tindakan tersebut dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara.

Bela negara  merupakan kegiatan yang dilahirkan oleh setiap warga negara sebagai penuaian hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pertahanan negara. Membudayakan bela negara dapat dilakukan dengan memberikan pengertian dan pemahaman mengenai bela negara kepada masyarakat agar menjadi bagian dari kehidupan mereka. Masyarakat yang mempunyai kemapuan bela negara adalah masyarakat yang mempunyai kesadaran masyarakat melaksanakan hal dan kewajiban dalam berbagai kegiatan, baik sebagai makhluk sosial maupun sebagai warga negara.

Upaya bela negara harus dilaknsakan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Makna dari upaya bela negara adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap warga negara sebagai penuaian hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan dan pertahanan negara.

Upaya bela negara, selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada masyarakat dan negara.

Pengertian bela negara oleh kalangan umum sebenarnya tidak semata-mata hanya hanya dipahami sebagai upaya dalam bentuk fisik mengangkat senjata atau hal-hal yang bersifat militerisme. Dalam hal ini, konsep bela negara juga mengandung pengertian yang cukup luas.

Pada hakikatnya konsep bela negara merupakan hubungan baik sesame warga negara hingga pada kebutuhan bersama dalam menangkal berbagai bentuk ancaman musuh, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri terhadap keutuhan Negara Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI).

Konsep bela negara tidak lepas dari konsep tentang ketahanan nasional kita. Ketahanan nasional adalah kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengatasi dan menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar yang secara langsung ataupun tidak langsung akan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan perjuangan nasional.


Pengertian Bela Negara


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bela negara. Semoga kita bisa memahami bahwa bela negara tidak hanya dilakukan dengan cara-cara militer. Bela negara bisa dilakukan dengan cara apapun untuk mempertahankan keutuhan NKRI.   

loading...
Blog, Updated at: 01.00

0 komentar:

Posting Komentar