Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 30 Oktober 2016

Loading...

Berbicara mengenai pengertian globalisasi, maka kita akan membagi pengertian globalisasi dalam dua bagian, yaitu definisi globalisasi secara umum dan pengertian globalisasi menurut para ahli. Kata globalisasi mengingatkan kita pada globe atau bola dunia. Seiring dengan proses globalisasi, kajian tentang globalisasi sering dilakukan oleh berbagai kalangan, baik politisi, ekonom, maupun praktisi pendidikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalalah beberapa pengertian globalisasi.


Pengertian globalisasi secara umum


Globalisasi berasal dari kata globe dan ization. Globe diartikan sebagai bola bumi atau peta bumi yang bulat. Kata globe kemudian berubah menjadi global. Artinya, secara umum dan keseluruhan, secara bulat atau bersangkut paut mengenai  dan meliputi seluruh dunia. Sementara itu, kata mengglobal diartikan meluas ke sluruh dunia atau mendunia. Berdasarkan akar katanya, globalisasi diartikan sebagai proses mendunia. Dalam pengertian secara umum, globalisasi diartikan sebagai semua proses yang mengarah pada penyatuan seluruh warga dunia menjadi sebuah kelompok masyarakat global.

Globalisasi merupakan suatu proses yang terbentuk dari tatanan, aturan, atau sistem tertentu. Aturan globalisasi itu diberlakukan bagi seluruh bangsa di dunia sehigga batas wilayah suatu negara semakin bias dan luluh. Kebijakan negara dalam menghadapi proses tersebut tidak mampu mendukung masuknya nilai dan ide yang merupakan kemauan dunia. Oleh karena itu, semua negara tidak mampu menolak adanya globalisasi.


Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian globalisasi menurut para ahli dan KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, globalisasi berasal dari kata global yang berarti meliputi seluruh dunia. Globalisasi dapat dartikan sebagai proses masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi juga diartikan sebagai istilah untuk menjelaskan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat dan perekonomian dunia akibat adanya pertukaran budaya dan perdagangan antarnegara. Perubahan yang terjadi meliputi berbagai bidang kehidupan, baik ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Pengertian globalisasi menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarkat di dunia. Proses ini terbentuk akibat adanya jalinan komunikasi antarmasyarkat dunia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

Menurut Anthony Giddens dalam bukunya Runaway World, globalisasi adalah setiap proses yang dipengaruhi  oleh berbagai sistem dan teknologi komunikasi yang dimulai pada akhir tahun 1960-an. Globalisasi merupakan serangkaian proses kompleks, bukan tunggal, berwujud kontradiktif atau bertentangan satu dengan yang lain yang memiliki pengaruh atau daya untuk bergerak meninggalkan bangsa dan komunitas lokal memasuki arena global.

Princenton N. Lyman, mantan dubes Amerika Serikat untuk Afrika Selatan menyatakan bahwa globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negar di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

Pengertian Globalisasi menurut Malcolm Waters, seorang sosiolog dari Universitas Tasmania manyatakan bahwa globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting.

Berdasarkan definisi globalisasi di atas, terdapat beberapa hal penting dalam globalisasi, yaitu :
  1. Globalisasi merupakan suatu proses meluasnya pengaruh budaya ke penjuru dunia.
  2. Globalisasi merupakan fenomena khusus dalam peradaban manusia menuju kehidupan masyarakat global.
  3. Derasnya arus globalisasi menyebabkan ruang semakin sempit, waktu semakin singkat, dan jalinan komunikasi antarmasyarakat semakin cepat.
  4. Globalisasi mendorong perkembangan dan kemajuan di bidang transportasi, komunikasi, dan perekonomian yang bersifat global.


Loading...
Blog, Updated at: 20.53

0 komentar:

Posting Komentar