Pengertian Ledakan Penduduk, Dampak Ledakan Penduduk serta Upaya Mengatasi Terjadinya Ledakan Penduduk

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 27 Oktober 2016

Loading...

Pengertian ledakan penduduk


Pengertian ledakan penduduk secara umum adalah suatu keadaan kependudukan yang memperlihatkan pertumbuhan melonjak naik atau cepat dalam jangka waktu yang relative singkat (30-50 tahun). Ledakan penduduk terjadi karena angka kelahiran sangat tinggi dan angka kematian mengalami penurunan yang sangat drastis.

Penurunan angka kematian yang sangat tinggi disebabkan karena beberapa faktor, antara lain membaiknya kondisi kesehatan dan gizi masyarakat. Istilah lain dari ledakan penduduk adalah revolusi demografis. Ledakan penduduk akan berakhir apabila angka kelahiran mengalami penurunan sebanding dengan penurunan angka kematian yang terjadi sebelumnya.

Pada umumnya ledakan penduduk terjadi pada negara-negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia. Pertambahan penduduk Indonesia meningkat 2 kali lipat dalam kurun waktu 40 tahun. Bayangkan saja, pada tahun 1961 jumlah penduduk Indonesia adalah 98 juta jiwa, dan pada tahun 2000 jumlah penduduk Indonesia mencapai 203 juta jiwa. Di tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia hampir mencapai 250 juta jiwa.


pengertian ledakan penduduk dan dampaknya


Dampak terjadinya ledakan penduduk


Ledakan penduduk yang sangat cepat memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat, terutama pada kehidupan sosial ekonomi. Beberapa dampak negative akibat adanya ledakan penduduk antara lain :
  1. Semakin meningkatnya jumlah pengangguran, karena pertumbuhan angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia.
  2. Semakin meningkatnya angka kemiskinan, karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi.
  3. Semakin tingginya kekuranga pangan, karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak seimbang dengan peningkatan produksi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Indonesia harus mengimpor beras dari negara tetangga.
  4. Semakin berkurangnya luas lautan karena semakin meningkatnya kebutuhan lahan pertanian karena pertambahan penduduk. Tidak heran, jika kita mendengar kata reklamasi di mana-mana.
  5. Semakin sulitnya bagi pemerintah untuk menyediakan sarana dan prasarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, kesehatan, perumahan dan lain-lain.
  6. Semakin banyak bermunculan pemukiman di daerah kumuh akibat mahalnya harga  tanah dan rumah sementara permintaan kebutuhan sangat besar akibat adanya pertambahan jumlah penduduk.



Upaya mengatasi dampak ledakan penduduk


Adapun beberapa upaya yang bisa digunakan untuk mengatasi dampak terjadinya ledakan penduduk tersebut antara lain :
  1. Perluasan lapangan kerja melalui industrialisasi, karena pembangunan industri besar dapat menyerap banyak tenaga kerja.
  2. Pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB), yaitu mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui cara pengendalian kelahiran. Sebagai contoh bila seorang ibu rata-rata melahirkan anak dua orang selama hidupnya, maka akan terjadi penurunan jumlah penduduk yang sangat besar, bahkan suatu saat pertumbuhan penduduk mencapai titik nol yang disebut dengan zero population growth (ZPG).
  3. Pelaksanaan intensifikasi di bidang pertanian yaitu dengan usaha meningkatkan produksi tanpa memperluas dengan cara pengolahan yang lebih baik, pemupukan, penggunaan bibit unggul, pemberantasan hama, dan lain-lain. Intensifikasi pertanian di satu sisi dapat memperkecil perluasan lahan pertanian dan mengurangi penggarapan hutan secara liar.
  4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga kemampuannya bekerja untuk membangun dirinya  menjadi lebih baik.
  5. Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri dapat mengurangi penggangguran serta menambah jumlah devisa.
  6. Pelaksanaan program transmigrasi, yaitu melakukan pemindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang masih jarang penduduknya, sehingga mengurangi angka daerah kumuh dan pengangguran terbuka.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ledakan penduduk, dampak terjadinya ledakan penduduk, serta upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak terjadinya ledakan penduduk.


Loading...
Blog, Updated at: 04.37

0 komentar:

Posting Komentar